Sponsors Link

Cara Cabut Gigi Tradisional pada Anak-anak dan Dewasa

Sponsors Link

Gigi merupakan salah satu bagian penting di dalam kehidupan kita sehari – hari, bagaimana tidak, karena dengan bantuan gigilah kita memasukkan makanan yang di butuhkan tubuh kita untuk berkembang dan melangsungkan hidup. Oleh sebab itulah kesehatan gigi sebenarnya merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

ads

Dalam hal mencabut gigi memang sebaiknya dilakukan oleh dokter gigi yang lebih ahli dan mengetahui apakah gigi tersebut memang perlu di cabut ataukah masih bisa dipertahankan, dan anda dapat mengetahui alasan gigi harus dicabut dan gigi yang tidak boleh dicabut. Jika gigi susu anak sudah mulai goyang dan sekiranya sudah siap untuk dicabut, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk memastikan agar pencabutan tersebut tidak menyakitkan dan tanpa resiko infeksi. Berikut adalah cara cabut gigi tradisional pada anak – anak dan orang dewasa.

Cara Cabut Gigi pada Anak – Anak

  1. Goyangkan Gigi

Sebelum mencabutnya hendaklah pastikan terlebih dahulu bahwa gigi tersebut telah goyang dan memang sudah siap untuk dicabut, caranya:

  • Ajarkan anak anda mengunakan lidahnya untuk mendorong gigi kedepan dan kebelakang juga sisi – sisinya dengan perlahan- lahan. Tanyakan anak anda apakah ia merasa sakit. Jika gigi tidak mudah untuk digoyangkan dan anak merasa sakit, berarti gigi masih terlalu dini untuk dicabut.
  • Dapat menggunakan tangan untuk menggoyangkan, namun pastikan tangan anda ataupun anak bersih dan dicuci terlebih dahulu.
  1. Mencabut Gigi

Terlebih dahulu anda harus menanyakan kepada anak anda apakah ia sudah benar – benar siap untuk dicabut giginya, karena jika anak belum siap dan membuatnya takut maka akan menjadi trauma hingga ia dewasa. Jika anak benar – benar sudah siap dan ingin giginya dicabut, maka andapun bisa melakukannya. Caranya:

  • Cuci dan bersihkan tangan anda untuk menghindari infeksi
  • Pastikan anak dalam kondisi tenang dan rileks, dan katakan untuk tidak bergerak saat anda mencabut giginya. Buat anak senyaman mungkin, anda bisa melakukannya dengan sambil bercerita atau menjanjikan imbalan, misalnya berupa es krim atau yang lainnya. Yakinkan anak anda bahwa ini adalah cara mencabut gigi sendiri tanpa rasa sakit
  • Karena banyaknya air liur didalam mulut anak, maka sekalah gigi beberapa kali dengan kain kasa atau kapas agar tidak licin. Anda dapat juga mengunakan kain lap atau tisu untuk memegang gigi yang akan dicabut.
  • Lilitkan kain kasa steril pada ibu jari dan telunjuk anda, agar jari anda tidak langsung menyentuh gigi, hal ini untuk menghindari terjadinya infeksi.
  • Pegang dan cabutlah gigi dengan kuat, anda bisa menambahkan sedikit gerakan memutar untuk melonggarkan gigi dari gusi. Kemudian lakukanlah dengan cepat sehingga anak tidak mulai cemas dan meronta.
Sponsors Link

  1. Menyembuhkan luka

Didalam mencabut gigi ada 2 kemungkinan yaitu, gigi terlepas dan gigi tidak terlepas.

  • Jika gigi terlepas dengan mudah maka hentikan pendarahan dengan kain kasa steril lalu tekan rongga gigi dengan telunjuk, kemudian mintalah anak anda untuk mengigit kasa tersebut lebih kurang selama 10 menit. Setelah itu gunakan air garam untuk anak anda berkumur selama beberapa hari. Hal ini untuk mencegah infeksi dan mengeringkan luka pada gusi.
  • Jika gigi tidak terlepas berarti gigi belum siap untuk dicabut. Hentikanlah, karena anak bisa kesakitan dan cobalah beberapa hari lagi. Gunakanlah air garam untuk anak berkumur agar luka tidak infeksi.

Begitulah langkah – langkah cara cabut gigi tradisional pada anak – anak yang dapat anda lakukan dirumah. Kemudian bagaimanakah jika gigi yang harus dicabut terjadi pada orang dewasa? Berikut ini beberapa cara yang dapat anda ikuti.

Cara Cabut Gigi pada Orang Dewasa

ads
  1. Menggunakan Lidah

Gunakanlah lidah untuk menggoyangkan gigi, mendorongnya kedepan dan kebelakang secara perlahan – lahan agar tidak terasa sakit, sehingga gigi semakin terbebas dari gusi yang mengikatnya.

  1. Menggunakan Kain Kasa

Untuk menghindari tangan yang mungkin tidak higienis bersentuhan langsung dengan gigi, maka gunakanlah kain kasa. Hal ini untuk meminimalkan resiko terjadinya infeksi, karena tangan yang tidak higienis akan membawa bakteri masuk kedalam mulut dan bersarang pada gusi yang luka.

Gunakan kain kasa untuk menggoyang gigi dengan gerakan kedepan dan kebelakang. Ingat lakukan dengan perlahan dan tidak terburu – buru, karena mungkin akan terasa sakit. Hal ini hanya bisa dilakukan pada gigi yang tidak lagi ditahan oleh tulang manapun juga dan hanya ditahan oleh jaringan gusi saja.

  1. Menggunakan Buah Apel

Mencabut gigi dengan cara menggunakan buah apel dapat dilakukan untuk gigi bagian depan, sedangkan untuk gigi bagian belakang atau geraham kemungkinan agak sulit dilakukan. Dengan menggunakan buah apel ini pun untuk gigi yang sudah tidak terkait dengan tulang manapun juga, melainkan gigi hanya terkait pada gusi saja.

  1. Menggunakan Benang Gigi

Setelah ketiga cara diatas dilakukan namun masih belum berhasil juga, anda dapat melakukan cara keempat ini yaitu dengan menggunakan benang gigi. Cobalah lilitkan benang pada gigi dan simpulkan sepanjang 10cm. Kemudian ikat tali kuat –kuat, agar tidak terasa sakit lalu tarik benang dengan cepat untuk mencabut gigi dengan sekali sentakan.

Dalam melakukan keempat cara diatas hendaknya lakukanlah secara perlahan – lahan atau jangan dipaksakan, hentikan dahulu sementara jika terjadi hal – hal seperti dibawah ini:

  • Jika saat anda menggoyang – goyangkan gigi keluar banyak darah, maka sebaiknya tidak dilanjutkan, bisa saja itu pertanda bahwa gigi belum siap untuk dicabut.
  • Anda harus menarik gigi dengan perlahan namun pasti sampai ligament penghubung gigi dengan gusi rusak, tetapi jika merasa terlalu nyeri maka sebaiknya anda hentikan.
  • Segeralah kunjungi dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik.
  1. Biarkan Gigi Terlepas Sendiri

Jika memilih untuk membiarkan gigi yang sudah goyang terlepas sendiri dan pastinya harus menahan rasa sakit, adalah hal yang sangat sulit karena mungkin akan memakan waktu yang lama. Oleh sebab itu sebaiknya ketahuilah cara menghilangkan rasa sakit gigi, cara mengatasi gigi goyang, cara mengatasi sakit gigi berlubang dan segera kunjungi dokter gigi.

Cara cabut gigi tradisional yang kami bahas kali ini semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda dalam mengatasi masalah gigi.

Demikianlah artikel singkat ini dan nantikan artikel – artikel informatif  lainnya dari Halogigi.com. Tetaplah menjaga kesehatan gigi dan mulut anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini