Sponsors Link

Cara Makan Saat Kawat Gigi Terasa Kencang, Begini Penjelasannya

Sponsors Link

Menggunakan kawat gigi dapat membantu memperbaiki posisi gigi dan beragam manfaat lain. Namun, pemakaian kawat gigi kerap dibayangi oleh rasa sakit yang ditimbulkan. Salah satunya ialah pada saat harus menguyah makanan. Dibawah ini beberapa tips cara makan saat kawat gigi terasa kencang.

ads

Memilih Makanan yang Tepat

  • Selalu pilih makanan lembut

Makanan yang lembut seperti pisang, kentang tumbuk, yoghurt, telur orak-arik adalah makanan yang nyaman untuk gusi dan tidak berisiko merusak kawat gigi. mengatasi perubahan rahang saat memakai kawat gigi bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

  • Makanlah makanan dingin jika merasa sakit

Makanlah sesuatu yang dingin seperti es krim, es tangkai, susu kocok, atau yoghurt dingin. Suhu dingin meredakan rasa sakit dari kawat gigi Anda untuk sementara. tips nyaman nikmati es krim bagi penderita gigi sensitif bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

  • Pilih makanan yang bisa diolah dalam beberapa cara

Contohnya, melon sering dimakan dalam potongan yang langsung Anda gigit, tapi melon juga bisa dipotong dadu, yang memudahkan pengguna kawat untuk memakannya.

  • Kunyah makanan secara perlahan dan hati-hati

Masa di mana Anda bisa menggigit besar-besar atau mengunyah makanan Anda sekaligus sudah berakhir begitu Anda menggunakan kawat gigi. Pelan adalah moto baru Anda. Makanan yang dahulu bisa Anda makan besar-besar sekarang sebaiknya digigit satu demi satu, contohnya keripik kentang.

  • Kunyah dengan mulut bagian samping

Terutama selama beberapa hari dan minggu pertama setelah kawat gigi dipasang atau dikencangkan, menggunakan gigi depan untuk menggigit makanan sulit dilakukan selama beberapa minggu. Sebagai gantinya, gigit dan kunyah menggunakan gigi samping dan belakang.

Belajar menggunakan gigi samping dan belakang juga bisa membantu mencegah makanan tersangkut di kawat gigi dengan kentara, yang sering terjadi jika Anda menggigit makanan seperti roti lapis, piza, atau burrito dengan gigi depan.

  • Modifikasilah makanan yang Anda suka

Meski ada banyak makanan yang disarankan untuk kawat gigi, Anda tidak perlu pantang memakan semua makanan yang tidak ideal untuk kawat gigi. Malah, gunakan kreativitas Anda dan buatlah modifikasi yang sesuai dengan kawat gigi Anda.

  • Masaklah makanan yang keras atau renyah

Makanan yang sangat renyah, seperti sayuran, bisa mengendurkan kawat gigi jika dimakan mentah. Tetapi, banyak sayuran seperti wortel dan seledri melunak setelah dimasak. Jadi masaklah makanan seperti ini sebelum dimakan untuk menghindari kunjungan mendadak ke dokter gigi.

Cara terbaik memakan makanan atau hidangan yang kemungkinan besar memiliki potongan daging atau sayuran tersembunyi, seperti burrito, roti lapis, dan wraps, adalah dengan menggunakan garpu dan pisau.

Makanan yang sejak dahulu dianggap makanan sekali suap, seperti sushi, merupakan sebuah tantangan bagi pengguna kawat. Ada kemungkinan tersedak atau muntah jika Anda memakan makanan ini sekaligus. Sebaiknya, cobalah memotong hidangan tersebut menjadi beberapa bagian dan separuh porsinya untuk memastikan Anda bisa mengunyahnya secara perlahan dan menyeluruh.

Untuk makanan berinti keras atau berongga, seperti apel, pir, dan persik, potong buah tersebut menjadi potongan-potongan tipis daripada langsung menggigitnya. Anda bahkan bisa makan janggung bertongkol dengan cara menyisir butiran jagung dari tangkainya menggunakan pisau tajam.

  • Pertimbangkan alternatif perawatan lain jika makan menjadi terlalu tidak nyaman

Jika Anda merasa terlalu sakit untuk makan atau tidak bisa berkompromi dengan makanan karena kawat gigi yang menusuk atau sariawan, coba gunakan dental wax (lilin gigi). Lilin gigi membentuk pembatas antara kawat gigi dengan gusi Anda dan bisa mengurangi rasa sakit dari iritasi selama berjam-jam.

Sponsors Link

Demikian yang bisa penulis sampaikan mengenai cara makan saat kawat gigi terasa kencang. Semoga bisa membawa manfaat bagi anda semua. Kenali gejala dan gangguan yang terjadi pada gigi anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis. Jika keluhan masih berlanjut, segera hubungi dokter. Salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Gigi