Sponsors Link

5 Cara Melepas Tambalan Gigi Sementara yang Aman dan Benar

Sponsors Link

Cara melepas tambalan gigi sementara selanjutnya adalah berbagai cara yang diketahui ingin diketahui oleh masyarakat untuk dapat melepaskan tambal gigi yang bersifat sementara yang digunakan. Tambalan gigi sementara adalah jenis tambal gigi yang dapat dilepas dan biasanya dilakukan sebelum tambal gigi permanen. Fungsi tambalan gigi sementara ini berkaitan dengan tujuan mengetahui kondisi tambalan dan sekaligus membersihkannya di tahap pertama sebelum pembersihan lanjutan dan penambalan permanen. Karna fungsinya yang tergolong penting, tambal gigi sementara ini tidak mungkin dilewatkan begitu saja.

ads

Pasti setiap orang yang akan melakukan tambal gigi permanen, akan melakukan tambal gigi sementara terlebih dahulu. Walau bersifat tambal gigi sementara, seringkali ada efek tambal gigi sementara yang harus diwaspadai. Salah satu efek yang wajib anda waspadai adalah karena kurangnya kehati-hatian tambal gigi sementara anda dapat lepas sebagian atau seperti yang sering dikeluhkan tambalan gigi lepas saat hamil juga sering terjadi.

Jika sudah lepas sebagian, maka sebaiknya seluruh bagian tambal gigi dilepas saja. Namun, tahukah anda apa cara yang tepat untuk melepasnya? Terlebih lagi bagaimana melepas tambalan gigi sementara dapat dilakukan dan siapa yang dapat melakukannya? Apakah anda dapat melakukannya sendiri? Apakah dapat dilakukan di rumah? Seluruh informasi tersebut dapat anda simak pada bagian artikel ini. Silahkan simak terus dan dapatkan informasi pentingnya.

Cara Melepas Tambalan Gigi Sementara

Bagian sebelumnya menjelaskan bahwa ada kemungkinan tambalan gigi harus dilepas. Tidak hanya karena alasan terkikis, memang ada kemungkinan tambalan gigi dapat berubah warna dan membuat gigi anda menjadi tidak terlihat normal lagi. Jadi sebaiknya memang tambalan gigi sementara segera dilepas untuk digantikan dengan tambal yang permanen.

Namun, bagaimana anda dapat melepas tambalan gigi yang sementara ini? Walau adalah tambalan gigi sementara sebaiknya anda tidak melepas tambalan gigi ini sendiri. Akan tetapi memang ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk membuat tambal gigi anda lepas tanpa disadari. Berikut ini beberapa informasinya, semoga bermanfaat untuk anda.

  1. Mengunyah Makanan Keras di Gigi Tambalan

Cara yang pertama untuk anda coba lakukan adalah dengan mengunyah menggunakan gigi yang ada tambalan sementaranya. Diketahui bahwa dengan mengunyah beberapa jenis makanan keras seperti keripik, atau mungkin makanan kenyal seperti baso dapat membuat anda lebih mudah melepas tambal gigi tanpa terasa. Cara ini pun tergolong paling tidak terasa walau sudah diketahui adalah salah satu pantangan sesudah tambal gigi karena dapat melepasnya. Namun, anda akan tidak menyadari bahwa tambal gigi anda sudah lepas sampai akhirnya makanan tertelan.

Sponsors Link

  1. Menggosok Gigi di Bagian Gigi Tambalan

Selanjutnya, anda juga dapat melakukan pelepasan tambal gigi dengan menggunakan cara menggosok gigi di bagian yang baru saja ditambal sementara. Cara ini diketahui sangat baik untuk anda coba. Jika memang anda menggosok giginya dengan menyeluruh, maka biasanya tambal gigi sementara yang sudah kering dapat dengan mudah terlepas. Namun pastikan untuk tidak terlalu menggosok gigi dengan memaksa. Hal ini dapat menyebabkan gusi anda menjadi berdarah. 

ads

  1. Melakukan Kumur dengan Cukup Kencang di Gigi Tambalan

Berkumur dengan tenaga lebih pun dapat membantu anda melepas tambalan gigi sementara anda. Tentu hal ini juga aman untuk anda lakukan, tanpa menggunakan alat yang berbahaya dan beresiko menyebabkan infeksi maka tambal gigi sementara anda akan terlepas dengan sendirinya. Cobalah lakukan berkumur ini, setelah sebelumnya anda sudah menggosok gigi yang ditambal. Gosok gigi yang ditambal akan melonggarkannya dan selanjutnya anda tinggal berkumur untuk mengeluarkannya.

  1. Melakukan Pelepasan Tambalan di Dokter Gigi

Jika anda tidak berani untuk melepas tambalan gigi anda sendiri, maka cara yang terbaik adalah dengan mempercayakan dokter gigi untuk melepasnya. Anda dapat memeriksakan kondisi tambalan gigi anda terlebih dahulu ke dokter. Pemeriksaan ini akan memberikan informasi apakah gigi anda siap ditambal permanen. Jika iya, maka dokter akan melepaskan tambal gigi sementara anda dengan mudah tanpa rasa sakit. Lain halnya jika tambalan masih cukup kuat, maka cara selanjutnya perlu dilakukan.

  1. Melepas dengan Bantuan Bor Gigi di Dokter Gigi

Terakhir, tambalan gigi sementara yang tetap kuat dan tidak mudah lepas biasanya akan dilepas dengan bantuan bor di dokter gigi. Bantuan dokter gigi ini dilakukan dengan membor tambalan gigi. Pasalnya, tambalan gigi tidak mudah lepas dan masih merekat kuat. Jadi pastikan untuk selalu mengkonsultasikan keinginan anda pada dokter dan biarkan dokter anda yang memutuskan apakah tambal gigi harus dilepas dengan bantuan bor atau tidak. Jika telah dibor, maka pastikan selanjutnya anda melakukan cara merawat gigi tambalan agar tidak mudah lepas lagi.

Demikianlah informasi mengenai apa saja cara melepas tambalan gigi sementara yang masih tergolong aman untuk anda coba. Jangan lakukan cara cara lain yang beresiko, misalnya dengan menggunakan alat bantu tajam dan diarahkan ke tambalan gigi anda. Cara ini sangat beresiko untuk melukai bagian mulut anda yang lainnya. Belum ada kepastian juga bahwa alat yang anda gunakan steril.

Jika tidak steril, maka penggunaannya hanya akan menambahkan masalah kesehatan gigi anda. Jadi selalu pertimbangkan dengan tepat. Jika memang sangat dibutuhkan dan anda tidak berani melakukan pelepasan tambal gigi sendiri, maka sebaiknya segera lakukan cara yang menghubungkan anda langsung ke dokter gigi. Tentunya sebagai cara yang paling aman dan terjamin untuk anda lakukan.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini