7 Cara Membersihkan Gigi Bayi 1 Tahun yang Rusak

Gigi pada anak memang bukan gigi permanen, namun harus dipahami cara menyikat gigi bayi, dan gigi anak ialah gigi susu yang keberadaannya hanya sementara, namun kesehatan gigi susu berpengaruh terhadap kesehatan gigi anak di kemudian hari.

Walaupun hanya gigi susu, gigi pada anak yang masih berusia 1 tahun pun tidak terlepas dari masalah gigi seperti gigi bayi kuning dan keropos.  Gigi anak yang tidak dibersihkan akan menimbulkan masalah pada giginya. Dampak yang sering terjadi ketika ini sudah menjadi kebiasaan adalah gigi anak bisa rusak atau lebih sering dikenal dengan sebutan gigis.

Gigi anak akan mulai berubah warna mulai dari kuning, kecoklatan kemudian hitam. Saat sudah seperti ini maka sebenarnya Anda perlu melakukan cara merawat gigi bayi baru tumbuh dan memahami tahap pertumbuhan gigi bayi sehingga bisa mencegah kerusakan. Berikut  beberapa cara membersihkan gigi bayi 1 tahun yang rusak,seperti dibawah ini:

  • Gunakan sikat gigi khusus anak

Jika Anda ingin mengenalkan kebiasaan menyikat gigi maka Anda juga harus memilih alat yang tepat. Jangan menggunakan sikat gigi dewasa untuk bayi Anda. Pada dasarnya sejak ada gejala anak tumbuh gigi maka itu bisa membuat bagian gusi anak menjadi sangat tidak nyaman.

 Jika terkena sikat gigi orang dewasa maka ukuran bulu dan tekanan yang keras bisa membuat anak mengalami trauma. Biasanya gusi anak juga akan bengkak karena gesekan yang terlalu keras. Jadi Anda harus mencoba untuk

menggunakan sikat gigi khusus anak yang dirancang untuk anak berusia dibawah 2 tahun. Dan ketika anak sudah mau maka Anda bisa mencoba menerapkan cara mengajari anak sikat gigi sehingga anak terbiasa untuk merawat gigi mereka.

  • Gunakan baking soda dan air

Jika Anda tidak ingin menggunakan pasta gigi karena anak tidak mau dengan rasanya yang tidak nyaman maka Anda bisa menggunakan baking soda. Baking soda juga bisa membantu merawat gigi yang rusak akibat perubahan warna.

Caranya adalah dengan mencampurkan sedikit baking soda dengan air, kemudian ambil dengan sikat gigi dan bantu anak untuk menyikat giginya. Karena bahan ini sangat peka maka batasi jumlahnya agar gigi anak Anda tetap sehat. Dan ternyata baking soda juga bermanfaat sebagai obat tradisional gondongan pada anak.

  • Lihat bagian gigi yang berubah warna

Saat Anda meyikat gigi anak maka Anda harus memperhatikan semua kondisi gigi. Bayi yang menggunakan empeng sejak kecil bisa memiliki kerusakan gigi yang lebih parah. Ini juga salah satu bahaya bayi menggunakan empeng sejak masih kecil.

Dan Anda mungkin juga sulit untuk membersihkan warna atau bagian gigi yang kotor. Jadi Anda bisa mencoba menggunakan kain kasa yang kasar untuk menggosok gigi tersebut. Lakukan dengan lembut sehingga tidak melukai gusi anak.

  • Gunakan pasta gigi

Beberapa anak menyukai pasta gigi dan selalu meminta itu ketika menyikat gigi. Jadi Anda bisa mencoba menggunakan pasta gigi yang aman untuk bayi. Jenis pasta gigi ini biasanya mengandung bahan seperti flueoride namun dalam kadar yang rendah. Kemudian bahan lain seperti pewarna atau rasa pasta gigi ditambahkan.

Jenis rasa yang paling sering digunakan adalah rasa buah seperti strawberi atau jeruk. Tapi Anda tidak bisa menggunakan bahan ini untuk makanan bayi karena bisa berbahaya. Agar lebih sehat maka jangan lupa memberikan buah penambah berat badan bayi sesuai dengan pola makan bayi 12 bulan.

  • Mengusap gusi dengan kain basah

Beberapa  bagian gusi juga terkena efek akibat gigi yang rusak. Biasanya gigi anak akan keropos lalu sedikit demi sedikit gigi akan hilang. Anda tidak perlu khawatir karena biasanya akar gigi akan lepas saat usia anak sudah cukup.

Untuk mencegah sakit gigi pada anak maka Anda juga harus tetap membersihkan gusi anak. Caranya adalah usap bagian gusi anak dengan kain yang sudah dibersihkan. Minta anak untuk tiduran dengan bantal yang tinggi kemudian pegang sisi mulutnya.

Dan usap  pelan bagian gusi sehingga tidak membuat anak trauma. Jika anak tidak mau karena trauma maka coba langkah cara menghilangkan trauma pada anak agar anak tidak takut lagi. Cara ini sangat aman karena juga bisa menghilangkan bercak putih pada lidah bayi.

  • Jangan sikat pada gigi berlubang

Apakah gigi anak Anda juga berlubang? Gigi berlubang pada anak 2 tahun atau kurang bisa terjadi karena pola makan yang buruk. Misalnya seperti kebiasaan memberikan susu fomula dengan botol susu dan anak minum sambil tidur.

Tapi jika sudah terjadi maka Anda hanya perlu cara membersihkan gigi bayi 1 tahun atau lebih dengan cara yang tepat. Hindari menyikat atau menggosok bagian gigi yang berlubang. Anda bisa membantu mengeluarkan kotoran dengan alat yang bersih atau sikat dengan sangat lembut.

  • Menyikat gigi dengan sangat lembut

Jika Anda terbiasa menyikat gigi dengan gerakan yang keras dan penuh tenaga maka itu tidak perlu dilakukan pada anak Anda. Bayi Anda memiliki gusi yang sangat lembut sehingga mudah terluka. Jadi Anda harus mencoba untuk menyikat dengan gerakan yang sangat lembut.

Hindari cara yang bisa membuat anak menangis dan tidak mau menyikat gigi. Terlebih jika bayi Anda juga sedang sariawan maka bisa menjadi penyebab sariawan pada bayi. Agar tidak parah maka segera berikan obat sariawan untuk balita.

Gigi susu pada anak juga rentan rusak karena kebiasaan tidak membersihkan  gignya. Karena gigi anak masih sementara, sebagai orangtua perlu mengetahui bagaimana merawat gigi anak sejak bayi dengan cara yang benar, agar kesehatan gigi dan mulut anak teratasi.