17 Cara Membersihkan Karang Gigi Terbukti Ampuh dan Cepat

Permasalahan pada gigi seringkali mengurangi rasa percaya diri seseorang terutama saat mereka berhadapan dengan orang lain. Seperti halnya cara mengatasi gigi kuning, gigi tonggos parah, hingga munculnya karang gigi dianggap sebagai salah satu problem bagi sebagian orang. Karang gigi adalah permasalahan yang paling umum terjadi akibat beberapa faktor kebiasaan misalnya saja seperti  kurang menjaga kebersihan gigi, faktor makanan yang dapat merusak gigi tertentu, pecandu rokok, dan lain sebagainya.

Jika permasalahan ini terjadi pada gigi anda, tentu cara membersihkan karang gigi dapat menjadi solusi terbaik. Ada banyak cara menghilangkan plak pada gigi yang membandel mulai dari melakukan perawatan ke dokter spesialis gigi hingga memilih cara alami yang lebih mudah dan terjangkau.

Untuk anda yang saat ini mengeluhkan penyebab karang gigi hitam yang membandel dan sulit untuk dihilangkan. Maka cara membersihkan karang gigi yang sudah keras di bawah ini bisa menjadi solusi yang sangat tepat. Berikut adalah cara membersihkan karang gigi secara alami, mudah, dan murah untuk anda lakukan sendiri di rumah.

  1. Arang Kayu

Cara membersihkan karang gigi yang pertama adalah dengan menggunakan arang kayu yang masih aktif. Sebelum adanya pasta gigi yang diproduksi, orang dulu banyak yang menggunakan arang sebagai pasta gigi untuk membersihkan gigi secara menyeluruh. Selain dapat digunakan untuk membersihkan dan memutihkan gigi, arang juga dapat digunakan untuk membersihkan plak yang menempel di gigi.

  1. Cuka Putih

Kandungan asal asetatnya yang tinggi dapat digunakan untuk mencegah demineralisasi yang dapat memicu tumbuhnya plak pada gigi. Selain dapat digunakan untuk membersihkan karang gigi dengan mudah, cuka putih juga dapat digunakan untuk obat antibakterian gigi secara alami. Anda bisa mencampurkan cuka putih ke dalam segelas. Gunakan cuka putih sebagai obat kumur alami untuk menghilangkan plak gigi yang membandel.

  1. Cengkeh

Tak hanya digunakan sebagai obat gigi alami, cengkeh juga dapat menjadi cara untuk membersihkan karang gigi secara alami dan lebih mudah. Untuk penggunaannya anda dapat mencampurnya dengan minyak zaitun atau minyak kelapa murni. Selain itu cengkeh juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan rasa sakit gigi.

  1. Lidah Buaya

Selain digunakan sebagai bahan alami untuk perawatan rambut dan kulit, kandungan yang ada di dalam tanaman lidah buaya juga memberikan manfaat untuk menghilangkan plat gigi. Anda bisa mengambil daging buahnya sebagai pasta gigi alami yang dapat membersihkan plak gigi dengan mudah dan murah.

  1. Minyak Kelapa

Cara membersihkan karang gigi dengan mudah selanjutnya bisa menggunakan minyak kelapa murni. Anda bisa mengulum minyak kelapa sekitar 1 – 2 dendok makan. Diamkan 5 – 10 menit kemudian kumur dengan menggunakan air bersih. Cara ini bisa anda lakukan seara rutin untuk menghilangkankarang gigi yang membandel.

  1. Buah Ara

Mengunyah 3 – 4 buah ara setiap hari dapat membantu membersihkan bagian gigi hingga ke sela-selanya. Selain itu buah ini juga memiliki khasiat untuk membersihkan karang gigi dengan cara yang efektif. dan lebih mudah dilakukan.

  1. Biji Wijen

Menghilangkan plat atau karang gigi memang gampang-gampang susah. Selain dibutuhkan perawatan yang teratur, seringkali plak menempek pada bagian gigi yang sudah mengeras sehingga sulit untuk dihilangkan. Namun, disamping itu fungsi biji wijen pun dapat menjadi cara terbaik untuk membersihkan karang gigi yang alami dan mudah untuk dilakukan.

  1. Strawberry

Kandungan buah strawberry yang kaya vitamin C dapat membantu menjaga kesehatan mulut sehingga rentan terjadi iritasi. Selain dapat menjaga kesehatan organ mulut, buah ini juga dapat digunakan untuk membersihkan karang gigi dan gigi hitam pada orang dewasa. Anda dapat menggosok bagian permukaan kulit buah strawberry pada plak gigi yang susah dihilangkan. Gosok hingga beberapa menit dan diamkan, setelah itu anda dapat berkumur dengan air hangat.

  1. Tomat

Selain strawberry tomat juga mampu membersihkan karang gigi dengan mudah. Caranya pun sama seperti ketika anda menggunakan strawberry yaitu dengan menggosokan buah tomat ke bagian gigi yang berkarang hingga berulang kali.

  1. Baking Soda

Bahan pembuat kue yang satu ini juga dipercaya mampu membersihkan karang gigi secara maksimal. Caranya pun cukup mudah, anda bisa melarutkan 1 – 2 sendok teh baking soda ke dalam segelas air. Setelah itu gunakan air tersebut untuk berkumur. Cara menghilangkan karang gigi dengan soda kue ini dapat menjadi pilihan terbaik cara merawat gigi agat tetap putih.

  1. Jambu Biji

Tekstur jambu biji yang sedikit kasar dapat digunakan sebagai cara menghilangkan karang gigi secara alami. Selain itu buah ini juga dapat digunakan untuk penyakit periodental yaitu jenis-jenis penyakit gigi yang berhubungan dengan masalah gusi serta mampu membunuh bakteri pembentuk plak gigi. Sedangkan untuk bagian daun jambu biji dapat digunakan sebagai cara mengatasi gigi ngilu dan inflamasi pada gigi

  1. Keju

Tidak banyak yang tahu jika keju dapat digunakan untuk membersihkan plak gigi secara alami. Anda dapat menggunakan bahan ini sebagai cara untuk membersihkan plak gigi yang sulit untuk dihilangkan. Caranya, oleskan keju pada bagian gigi secara merata. Diamkan 5 – 10 menit kemudian kumur dengan larutan air beking soda.

  1. Teh Hijau

Kandungan teh hijau yang tinggi antioksidan dapat membantu kesehatan organ gigi. Selain itu teh hijau juga dapat membantu membersihkan plak yang menyebabkan gigi terlihat kuning dan kotor. Anda bisa menggunakan teh hijau sebagai obat kumur alami yang mampu digunakan sebagai cara mencegah bau mulut.

  1. Apel

Selain strawberry dan tomat, buah apel juga memiliki kandungan asam yang dapat menentralisir penumpukan plak pada gigi. Jika anda rutin mengkonsumsi buah ini, maka bisa menjadi satu cara untuk mengurangi timbulnya karang gigi.

  1. Kulit Jeruk

Tidak hanya buahnya saja yang mengandung banyak vitamin C, melainkan kulit jeruk juga dapat memberikan manfaat sebagai pembersih karang gigi secara mudah. Anda dapat menggosokan kulit jeruk ke bagian gigi yang berplak. Diamkan selama beberapa menit kemudian kumur dengan menggunakan air bersih.

  1. Rutin Menggosok Gigi Makan

Selain itu cara merawat gigi berlubang agar tidak berkarang berikutnya adalah dengan rutin menggososk gigi setelah makan. Adanya sisa makanan yang menumpuk pada sela gigi akan menyababkan gigi berkarang dan sulit untuk dibersihkan.

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih selain menjadi minuman yang menyegarkan, ternyata mampu membersihkan karang gigi secara mudah dan alami. Selain itu memperbanyak minum air putih juga dapat membantu menjaga kesehatan organ mulut. Jadi mulailah perbanyak minum air putih mulai dari sekarang.

Dengan 17 cara membersihkan karang gigi secara alami di atas, maka bisa menjadi pilihan perawatan gigi tanpa harus pergi ke dokter. Cara yang dilakukan pun juga lebih mudah dan efektif tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal. Selain itu cara menghilangkan karang gigi dengan garam dan jeruk juga dapat anda lakukan.