8 Cara Membersihkan Karang Gigi Yang Sudah Keras Terampuh

Sebelum berbicara soal cara membersihkan karang gigi yang sudah keras alangkah baiknya kita mengetahui apa itu karang gigi. Karang gigi adalah sisa makanan yang menempel di permukaan gigi dan menyatu dengan air liur yang mengandung asam juga bakteri sehingga terbentuklah karang gigi.

Karang gigi bisa anda lihat mempunyai warna kuning agak kecoklatan dan terlihat menumpuk di bagian permukaan gigi. Karang gigi diakibatkan oleh makanan yang di konsumsi tidak sehat, bakteri, cara menyikat gigi yang salah, dental flossing yang tidak bersih, keturunan dan juga karena kurangnya perawatan gigi.

Cara Membersihkan Karang Gigi Yang Sudah Keras

Saat karang gigi tidak dibersihkan dari waktu ke waktu dan menumpuk di permukaan gigi maka lama-lama akan mengeras dan susah untuk di bersihkan. Jika karang gigi yang menumpuk tidak dibersihkan maka akan mengakibatkan beberapa penyakit gigi dan gusi. cara menghilangkan karang gigi wajib diperhatikan sejak awal agar tidak sampai mengeras.

Penyakit yang diakibatkan dari karang gigi yang tidak segera dibersihkan adalah bau mulut serta gigi yang kekuningan dan kecoklatan bahkan akan mengakibatkan bengkaknya gusi.

Untuk menghindari beberapa penyakit yang ditimbulkan oleh karang gigi, sebaiknya kita mengetahui jenis jenis penyakit mulut dan selalu menjaga kesehatan gigi supaya tetap bersih, kemudian terhindar dari penyakit gigi serta gusi. Maka dari itu sangat diperlukan sekali dokter gigi dan pembersihan secara rutin untuk memastikan perawatan gigi sudah efektif.

Ketika karang gigi sudah menumpuk dan susah untuk di bersihkan, maka alangkah baiknya bila kamu mencoba cara berikut ini :

1. Menggunakan Benang Gigi

Benang Gigicara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras dengan menggunakan benang gigi sangat ampuh dan efektif sekali. Dengan teknik flossing yaitu membersihkan sisa plak atau karang gigi pada sela-sela gigi menggunakan benang khusus.

Benang gigi ini mencegah penyakit periodontal. Caranya yaitu, gunakan benang gigi yang paling efektif soalnya ada beberapa jenis benang. Tarik benang gigi kurang lebih sekitar 45 cm saja dan kemudian ikatkan benang tersebut pada kedua bagian jari telunjuk anda.

Pegang erat benang gigi antara ibu jari dan jari telunjuk. Geser perlahan benang gigi di sela-sela gigi. Gesekan benang gigi dengan perlahan mengikuti pola huruf “C” saat mengenai gusi. Ulangi proses tersebut pada sela-sela gigi berikutnya. Berkumur menggunakan antiseptic atau air bersih.

2. Menggunakan Baking Soda

Selain untuk memutihkan gigi ternyata baking soda juga bermanfaat untuk membersihkan karang gigi yang mengeras. Caranya yaitu dengan mengoleskan baking soda pada karang gigi, kemudian diamkan selama kurang lebih 10 menit. Biarkan baking soda bereaksi.

Jika waktu sudah dirasa cukup, maka kemudian berkumur dan dilanjutkan dengan menggosok gigi seperti biasanya. Biasanya karang gigi akan rontok secara langsung atau keesokan harinya. Untuk itu anda memang wajib mengetahui lebih dalam mengenai cara membersihkan karang gigi dengan soda kue agar nantinya bisa memberikan penanganan yang tepat tanpa harus merusak gigi.

3. Menggunakan Kulit Jeruk

Setelah makan jeruk alangkah baiknya jika kulit jetuk tidak langsung dibuang, karena bias dimanfaatkan untuk memutihkan gigi dan menghilangkan karang gigi.

Nah, mulai sekarang manfaatkan kulit jeruk untuk memutihkan gigi dan membersihkan karang gigi. Caranya yaitu, tinggal mengosokan bagian dalam kulit jeruk ke gigi atau karang gigi. Lakukan cara tersebut secara teratur tanpa harus dibilas. Sebaiknya dilakukan saat mau tidur.

Hasilnya akan terlihat setelah beberapa hari. Semakin sering dilakukan maka semakin cepat karang gigi akan rontok. Bagi yang memiliki gigi sensitif wajib tahu sejak awal cara mengatasi gigi sensitif dan tidak di anjurkan mengikuti cara tersebut, lebih baik lakukan cara yang lainnya.

4. Menggunakan Lidah Buaya

Cara membersihkan karang gigi yang sudah keras berikutnya dengan memanfaatkan lidah buaya. Ternyata lidah buaya bisa digunakan untuk menghilangkan karang gigi loh. Cara menghilangkan karang gigi dengan lidah buaya sudah banyak diterapkan oleh beberapa orang. Bahan alami ini sangat aman karena tidak ada efek samping yang ditimbulkan.

Setelah tahu pentingnya menggosok gigi kamu tinggal mengoleskan gel lidah buaya pada karang gigi kamu. Lakukan secara teratur menjelang tidur, tanpa membilasnya. Cara ini tidak dianjurkan jika gigi kamu sedang dalam keadaan sakit atau infeksi rongga mulut.

5. Berkumur dengan Teh Hitam

Minuman tradisional ini selain memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit, teh  hitam juga bermanfaat untuk kesehatan gigi. Karena teh hitam memiliki kandungan antioksidan dan antibiotic serta analgetik.

Bakteri yang ada di gigi bisa dihilangkan yaitu dengan mengkonsumsi teh hitam. Karena kamu sedang berusaha untuk menghilangkan karang gigi maka caranya bukan di konsumsi seperti biasa tapi dikumur ketika meminumnya. Biasakan cara tersebut maka karang gigipun akan rontok dengan sendirinya.

6. Mengunyah Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya bagi pencernaan kita. Dengan sering mengkonsumsi buah dan sayuran tubuh akan terasa lebih sehat.

Selain itu mengunyah buah dan sayuran mentah dapat mengatasi karang gigi yang membandel. Mengunyah apel, wortel, melon, atau batang seledri setelah makan, hal ini dilakukan untuk membersihkan sisa makanan dan membersihkan gigi. Dobel manfaat bukan?

7. Menyikat Gigi dengan Siwak

Pada zaman dulu nabi selalu menyikat gigi dengan siwak, karena kandungan yang terdapat pada siwak sangat penting untuk membersihkan plak atau karang gigi. Kandungan yang terdapat pada siwak yaitu natrium, kalsium, kalium, dan sodium bikarbonat.

Caranya tinggal gosokan ranting tanaman miswak pada gigi atau pada karang gigi yang sudah mengeras. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

8. Menggunakan Strawberry

Buah yang kaya akan vitamin c ini ternyata bisa dimanfaatkan untuk membersihkan karang gigi. Caranya, potong buah strawberry kemudian gosokan ke gigi dan diamkan beberapa menit kemudian bilas menggunakan air putih. Cara ini jangan terlalu sering di lakukan karena kadar asam yang terdapat pada strawberry bisa mengikis gigi.

Lebih baik lagi jika menggunakan buah strawberry dicampur dengan garam sebelum digosokan ke gigi. Dari beberapa cara diatas semoga bisa membantu rekan semuanya dalam mengatasi karang gigi yang susah di bersihkan dan semoga rekan semua bisa menjaga kesehatan gigi lebih rajin lagi.

Bila cara diatas sudah dilakukan tapi masih kurang maksimal, maka silahkan konsultasi ke dokter supaya lebih efektif. Sayangi gigi karena bila gigi sudah sakit ngunyah makananpun akan susah.

Dapat diambil kesimpulan bahwa artikel mengenai cara membersihkan karang gigi yang sudah keras di atas yang diulas secara detail dan dikemas dengan menarik, diharapkan nantinya bisa membantu memudahkan anda dalam mempelajari serta memahaminya lebih dalam lagi.

Sehingga nantinya mungkin bisa anda jadikan sebagai bahan referensi saat belajar dan menambah wawasan baru bagi anda. Sampai disini dulu ya artikel kali ini yang membahas mengenai cara membersihkan karang gigi yang sudah keras. Semoga bermanfaat bagi sobat sekalian dan terima kasih sudah meluangkan sedikit waktunya untuk membaca artikel saya ini.