Sponsors Link

7 Cara Membuat Gigi Berlubang Cepat Lepas yang Benar

Sponsors Link

Siapa yang tidak pernah sakit gigi? Hampir setiap orang didunia ini pernah mengalami sakit gigi. Penyebab utama sakit gigi adalah kurangnya kesadaran akan pentingnya menggosok gigi dan menjaga kebersihan mulut.

ads

Cara menyikat gigi dengan benar dan teratur harus di terapkan sejak awal kepada putra – putri kita, bahkan sejak bayi sebelum gigi mereka tumbuh. Selain itu  rutin mengunjungi dokter gigi minimal 6 bulan sekali juga merupakan salah satu upaya mencegah terjadinya kerusakan gigi sejak dini. Seperti  yang direkomendasikan oleh  American Academy of Pediatric Dentistry, waktu yang tepat untuk mulai mengunjungi dokter gigi adalah pada saat gigi sulung pertama erupsi (yaitu sekitar usia anak 6 bulan).

Akibat dari kurangnya kesadaran akan menjaga kebersihan gigi dan mulut akan menyebabkan kerusakan pada gigi, salah satunya adalah gigi berlubang.Gigi berlubang disebabkan oleh adanya bakteri yang memakan gula dari sisa – sisa makanan yang kita makan dan tidak segera di bersihkan. Kemudian sisa – sisa makanan itu dimakan dan diolah oleh bakteri menjadi asam. Asam inilah yang merusak gigi, menyebabkan gigi berlubang, gigi hitam pada orang dewasa dan penyebab karang gigi hitam.

Lalu bagaimanakah cara membuat gigi berlubang cepat lepas atau tanggal? Anda dapat mengikuti langkah – langkah dibawah ini.

Cara agar Gigi Berlubang Cepat Lepas

  1. Menggoyang – goyangkan Gigi

Mendorong gigi ke depan, kebelakang, dan ke bagian sisi – sisinya dengan menggunakan lidah adalah hal yang sangat gampang dilakukan, karena lidah adalah media yang paling dekat, lembut, dan higienis jika dibandingkan dengan tangan. Namun jika anda ingin melakukan dengan tangan, pastikan tangan dicuci bersih terlebih dahulu.

  1. Menarik Gigi dengan Benang

Hal lain yang dapat anda lakukan adalah menariknya dengan menggunakan benang. Jika gigi sudah sangat goyang namun tidak tanggal juga maka anda dapat mengikatnya dengan benang, lalu menariknya dengan kuat

  1. Menarik Gigi dengan Tangan

Cara ke tiga ini hanya bisa dilakukan pada gigi yang tidak lagi ditahan oleh tulang manapun juga dan hanya ditahan oleh jaringan gusi saja. Jangan lupa membersihkan tangan terlebih dahulu, kemudian lilitkan jari telunjuk dan ibu jari dengan kain kasa steril. Hal ini untuk mencegah terjadinya infeksi pada luka gusi. Usap gigi dengan kapas atau kasa steril agar tidak licin, kemudian lakukan sedikit gerakan memutar gigi sambil menariknya dengan cepat dan kuat.

  1. Menarik Gigi dengan Bantuan Makanan

Menarik gigi dengan bantuan makanan seperti buah apel atau makanan yang agak keras lainnya juga dapat dilakukan, namun hal ini lebih gampang di lakukan pada gigi bagian depan saja, sedangkan pada gigi bagian belakang maupun gigi geraham memang agak sulit.

  1. Meminta Bantuan Dokter Gigi

Cara terakhir adalah mengunjungi dokter gigi. Hal ini adalah cara yang paling tepat, karena dokter dapat melakukan pengecekan terlebih dahulu apakah gigi yang sudah berlubang itu memang harus dicabut atau masih bisa dipertahankan dan gigi yang tidak boleh dicabut. Jika masih bisa di pertahankan maka dokter akan mengambil tindakan untuk menambal gigi . Namun apabila gigi memang sudah tidak bisa dipertahankan dokter akan segera menanganinya dengan alat – alat yang lengkap.

Sponsors Link

Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mencabut gigi sendiri.

  • Pastikan gigi sudah mulai goyang dan tidak lagi ditahan oleh tulang manapun juga melainkan hanya ditahan oleh jaringan gusi saja.
  • Gigi tidak dalam keadaan infeksi (sakit). Jika dirasa gigi anda infeksi, segeralah mengunjungi dokter gigi agar tidak menimbulkan masalah kesehatan yang lebih besar lagi, dapat anda baca bahaya mencabut gigi saat masih sakit dan efek mencabut gigi yang sedang-sakit.
  • Untuk gigi orang dewasa yang berlubang, sebaiknya minta saran dari dokter terlebih dahulu apakah bisa di cabut sendiri ataukah tidak.
  • Untuk para perokok juga sebaiknya tidak melakukan pencabutan gigi sendiri, karena pada perokok telah terdapat banyak kandungan kimia di dalam mulutnya terutama pada gusi. Oleh sebab itulah harus hati – hati agar kandungan kimia tersebut tidak masuk kedalam luka gusi.
  • Selain itu jika anda menderita diabetes, sebaiknya jangan lakukan pencabutan gigi sendiri. Karena biasanya pada penderita diabetes luka akan sulit untuk disembuhkan.
  • Setelah gigi tanggal, tekan luka pada gusi dengan kasa steril, lalu gigit kasa lebih kurang 10 menit. Setelah itu segeralah berkumur dengan air garam. Hal ini dilakukan untuk mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan luka.

Cara membuat gigi berlubang cepat lepas seperti yang telah kita bahas diatas semoga dapat membantu anda menangani masalah gigi anda. Namun alangkah baiknya jika dapat mencegah timbulnya gigi berlubang lebih awal. Hal itu dapat dilakukan dengan cara mengosok gigi dengan benar agar tidak terjadi penimbunan plak yang menjadi penyebab karang gigi hitam dan akhirnya gigi menjadi berlubang.

Demikianlah artikel singkat ini kami sajikan, pastikan anda tetap menjaga kesehatan gigi dan mulut anda. Nantikan artikel – artikel informatif  kami lainnya seputar kesehatan gigi dan mulut, hanya di halogigi.com.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini