Sponsors Link

5 Cara Memperbaiki Gigi Berlubang di Depan Secara Alami

Sponsors Link

Siapa yang tak ingin memiliki gigi yang indah dan sehat? Semua orang pasti menginginkannya, namun tidak semua orang mempunyai kesadaran untuk menjaga kebersihan gigi dan mulutnya. Untuk mendapatkan gigi yang indah dan sehat tentunya harus melakukan perawatan sejak dini. Menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menggosok gigi dan bagaimana cara menyikat gigi dengan benar adalah hal dasar yang harus diajarkan sejak balita.

ads

Gigi selain berfungsi untuk mengunyah makanan juga mempunyai nilai estetika atau kecantikan. Gigi yang rusak seperti keropos, berlubang, banyak timbunan plak atau karang gigi tentunya sangat mengganggu penampilan. Hal ini juga akan berdampak kepada kurangnya rasa percaya diri. Apa lagi jika lubang pada gigi terletak di bagian depan. Lalu bagaimanakah cara mengatasinya jika mulai terdapat lubang pada gigi bagian depan? Berikut ini beberapa langkah yang dapat anda praktekkan.

Cara memperbaiki gigi berlubang di depan

  1. Menjaga Kebersihan Gigi

Menjaga kebersihan gigi adalah hal utama yang harus dilakukan dalam memperbaiki gigi yang berlubang. Menggosok gigi dengan teratur 2 kali dalam sehari, sehabis sarapan dan sebelum tidur wajib dilakukan untuk membersihkan sisa – sisa makanan yang menempel pada gigi. Jika tidak dibersihkan maka akan terjadi menumpukan plak oleh bakteri yang merupakan penyebab karang gigi hitam, gigi keropos, gigi berlubang, gigi tanggal sebelum waktunya, dan pada balita akan terjadi gigi susu rusak parah.

Menjaga kebersihan gigi bukan hanya menggosok gigi saja, gunakan benang gigi dan terakhir berkumurlah dengan obat kumur, tetapi anda juga harus memperhatikan bahaya obat kumur.

  1. Mengkonsumsi Makanan Kaya Vitamin

Mengkonsumsi makanan dan minuman seperti susu sapi murni dan keju yang kaya akan mineral seperti zat besi, magnesium, fosfor, kalsium, dan seng adalah nutrisi terbaik yang dibutuhkan tulang dan gigi. Susu sapi murni dapat menutup lubang gigi secara alami sedangkan keju dapat memperkuat gigi

Selain itu mengkonsumsi makanan kaya vitamin yang sangat dibutuhkan gigi seperti vitamin A, D, E, dan K akan membuat tubuh cukup kalsium, fosfor, magnesium, dan mineral penting.

Memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein hewani seperti ikan, telur, dan daging, mengkonsumsi sayuran yang berdaun hijau, dan makanan yang mengandung lemak sehat seperti minyak kelapa, minyak ikan kod, dan buah alpukat, akan membuat terpenuhinya semua vitamin yang dibutuhkan gigi yang perlahan – lahan dapat mengatasi rasa nyeri pada gigi berlubang. Selain dari beberapa makanan diatas anda dapat membaca artikel terkait lainnya seperti makanan yang menyehatkan gigi dan makanan yang menguatkan gigi.

Oleh sebab itulah mengkonsumsi makanan kaya vitamin adalah salah satu cara memperbaiki gigi berlubang di depan.

  1. Menghindari Konsumsi Gula Berlebihan

Mengkonsumsi makanan yang mengandung gula yang berlebihan akan mendemineralisasikan struktur gigi sehingga terbentuknlah lubang. Gula juga akan menjadi makanan bagi bakteri gigi untuk berkembang biak dan mencegah gigi memperoleh cairan sehat karena kondisi mulut yang asam. Diantaranya ini adalah beberapa makanan yang dapat merusak gigi, makanan yang dapat merusak gigi anak, dan makanan yang menyebabkan gigi berlubang.

Namun demikian, tubuh juga tidak boleh kekurangan gula, karena gula yang terkandung didalam makanan merupakan sumber energi yang diperlukan oleh tubuh.

Sponsors Link

  1. Memberi Fluoride

Pasta gigi ber-fluoride yang dipakai secara terus – menerus dapat mengurangi rasa ngilu pada gigi, melindungi gigi dari kerusakan, dan memperbaiki kerusakan yang telah terjadi. Cara kerja pasta gigi ber-fluoride ada dua yaitu, membantu melapisi dan memperkuat email gigi sehingga gigi tidak mudah dirusak oleh asam mulut. Selain itu juga mengurangi terjadinya kerusakan gigi seperti gigi berlubang, dan dengan menstimulasi penyerapan kalsium mampu merangsang email gigi untuk memperbaiki kerusakan. Dengan demikian masalah gigi berlubang dapat teratasi.

Pasta gigi ber-fluoride dapat menjadi solusi yang sangat efektif dalam upaya mengatasi gigi berlubang. Dengan melalui proses remineralisasi fluoride dapat memperkuat permukaan gigi yang sudah dirusak oleh asam yang di produksi oleh bakeri gigi didalam mulut.

Selain itu melakukan mineralisasi bisa dengan cara sebagai berikut:

  • Bahan – bahan yang dibutuhkan 4sdm minyak kelapa, 1sdm xylitol, 2sdm baking soda.
  • Teteskan 20 tetes minyak cengkeh esensial dan 20 tetes bubuk magnesium.

Campur semua bahan hingga berbentuk pasta, kemudian gunakan untuk menggosok gigi secara rutin.

Sponsors Link

  1. Menghindari Rokok dan Kopi

Merokok adalah kebiasaan buruk yang banyak mendatangkan penyakit berbahaya dan mematikan. Zat-zat berbahaya yang terkandung di dalam rokok dapat menyebabkan terbentuknya plak. Plak yang menumpuk lama kelamaan akan menyebabkan perubahan warna gigi, pembusukan, pengeroposan dan kerusakan lainnya pada gigi.

Akan jauh lebih sulit membersihkan plak yang disebabkan oleh zat-zat berbahaya yang ada pada rokok dari pada plak yang disebabkan oleh sisa-sisa makanan.

Sama seperti rokok, kopi yang mengandung kafein juga berdampak buruk pada kesehatan gigi. Kopi dapat merubah warna gigi dan kafein dapat mengikis email gigi.

Cara memperbaiki gigi berlubang di depan yang telah dibahas diatas semoga dapat membantu anda mengatasi masalah gigi berlubang. Mencegah adalah lebih baik dari pada mengobati, jadi sebelum terjadi lubang pada gigi, alangkah baiknya jika lebih peduli terhadap kebersihan gigi dan mulut.

Demikianlah artikel singkat ini kami sajikan, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi para pembaca. Nantikanlah artikel – artikel informatif kami lainnya, hanya di Halogigi.com.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi