Sponsors Link

5 Cara Menambal Gigi Berlubang Secara Alami Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Sakit gigi adalah salah satu penyakit yang hampir setiap orang di dunia pernah mengalaminnya, Salah satu penyebab sakit pada gigi adalah gigi berlubang. Penyebab utama terjadinya lubang pada gigi ini dikarenakan kurangnya kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan gigi dan mulut. Menjaga kebersihan gigi dan mulut sebaiknya sudah di biasakan sejak balita, terutama pentingnya menggosok gigi dan cara menggosok gigi yang benar.

ads

Ada sebuah penelitian yang ditulis dalam sebuah jurnal, yaitu British Medical Journal yang dapat membuktikan bahwa diet atau menjaga pola makan yang benar ternyata dapat menambal gigi yang berlubang secara alami.

Penelitian ini melibatkan 62 orang anak dengan masing – masing anak menderita gigi yang berlubang. Ke-62 anak tersebut di bagi menjadi 3 kelompok dan diberikan program diet yang berbeda – beda.

Program diet pada kelompok pertama disiapkan menu standar dengan ditambahkan oatmeal yang kaya akan asam fitat. Program diet pada kelompok kedua juga diberikan menu standar, hanya pada kelompok kedua ditambahkan suplemen berupa vitamin D. Sementara itu pada kelompok ketiga program diet yang di berikan berupa menu diet tanpa gandum dan konsumsi vitamin D yang berasal dari sumber eksternal.

Dari penelitian yang melibatkan 62 orang anak penderita gigi berlubang tersebut, di dapatlah hasil bahwa pada kelompok pertama yang diberi diet tinggi asam fitat terdapat peningkatan gigi berlubang. Sedangkan pada kelompok kedua yang diberikan menu standar dan ditambahkan suplemen berupa vitamin D, pada gigi berlubang mereka terdapat sedikit perbaikan. Sementara pada kelompok ketiga yang diberikan diet bebas gandum ditambah dengan vitamin D yang berasal dari sumber eksternal dan buah – buahan, daging, susu, keju serta sayuran hijau, mendapatkan hasil perubahan yang paling baik diantara ketiga kelompok itu dimana hampir semua lubang pada gigi terbentuk bahan sintetis yang menutupi lubang secara alami.

Dari penelitian tersebut maka terbuktilah bahwa gigi yang berlubang ternyata dapat disembuhkan secara alami tanpa harus di tambal, melainkan hanya dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Lalu, apa sajakah makanan bergizi yang dapat membantu menambal gigi berlubang tersebut?

Cara menambal gigi berlubang secara alami

  1. Mengkonsumsi Makanan Kaya Vitamin

Susu sapi murni dan keju yang kaya akan mineral seperti zat besi, magnesium, fosfor, kalsium, dan seng adalah nutrisi terbaik yang dibutuhkan tulang dan gigi. Susu sapi murni dapat menutup lubang gigi secara alami sedangkan keju dapat memperkuat gigi

Selain itu mengkonsumsi makanan kaya vitamin yang sangat dibutuhkan gigi seperti vitamin A, D, E, dan K akan membuat tubuh cukup kalsium, fosfor, magnesium, dan mineral penting.

Memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein hewani seperti ikan, telur, dan daging, mengkonsumsi sayuran yang berdaun hijau, dan makanan yang mengandung lemak sehat seperti minyak kelapa, minyak ikan kod, dan buah alpukat, akan membuat terpenuhinya semua vitamin yang dibutuhkan gigi yang perlahan – lahan dapat mengatasi rasa nyeri pada gigi berlubang. Anda dapat membaca artikel kami lainnya tentang makanan yang menyehatkan gigi dan makanan yang menguatkan gigi.

  1. Menghindari Konsumsi Gula Berlebihan

Mengkonsumsi makanan yang mengandung gula yang berlebihan akan mendemineralisasikan struktur gigi sehingga terbentuknlah lubang. Gula juga akan menjadi makanan bagi bakteri gigi untuk berkembang biak dan mencegah gigi memperoleh cairan sehat karena kondisi mulut yang asam. Beberapa artikel informatif tentang makanan yang dapat merusak gigi, makanan yang dapat merusak gigi anak, dan makanan yang menyebabkan gigi berlubang.

Namun demikian, tubuh juga tidak boleh kekurangan gula, karena gula yang terkandung didalam makanan merupakan sumber energi yang diperlukan oleh tubuh.

Sponsors Link

  1. Menghindari Makanan yang Mengandung Asam Fitat

Jenis makanan yang mengandung asam fitat jika tidak diolah dengan baik akan mengakibatkan gigi kekurangan mineral – mineral penting yang dibutuhkan. Asam fitat sendiri merupakan lemak jenuh yang dapat dijumpai pada makanan berjenis biji – bijian. Asam fitat adalah zat yang tidak dapat dicerna oleh manusia dan hewan karena tidak memiliki enzim fitase. Hanya dengan pengolahan yang benar maka bahan makanan yang mengandung asam fitat dapat di konsumsi. seperti padi, jagung, dan kedelai

Beberapa makanan yang mengandung asam fitat antara lain kacang almon, kacang kedelai, kacang buncis, kacang panjang, kacang tanah, gandum, beras. Anda sebaiknya mengurangi untuk mengkonsumsi makanan tersebut agar cara menambal gigi berlubang secara alami ini mendapatkan hasil yang optimal.

  1. Menggunakan Pasta Gigi Ber-fluoride

Pasta gigi ber-fluoride yang dipakai secara terus – menerus dapat mengurangi rasa ngilu pada gigi, melindungi gigi dari kerusakan, dan memperbaiki kerusakan yang telah terjadi. Cara kerja pasta gigi ber-fluoride ada dua yaitu, membantu melapisi dan memperkuat email gigi sehingga gigi tidak mudah dirusak oleh asam mulut. Selain itu juga mengurangi terjadinya kerusakan gigi seperti gigi berlubang, dan dengan menstimulasi penyerapan kalsium mampu merangsang email gigi untuk memperbaiki kerusakan. Dengan demikian masalah gigi berlubang dapat teratasi.

Pasta gigi ber-fluoride dapat menjadi solusi yang sangat efektif dalam upaya mengatasi gigi berlubang. Dengan melalui proses remineralisasi fluoride dapat memperkuat permukaan gigi yang sudah dirusak oleh asam yang di produksi oleh bakeri gigi didalam mulut.

Sponsors Link

Selain itu melakukan mineralisasi bisa dengan cara sebagai berikut:

  • Bahan – bahan yang dibutuhkan 4sdm minyak kelapa, 1sdm xylitol, 2sdm baking soda.
  • Teteskan 20 tetes minyak cengkeh esensial dan 20 tetes bubuk magnesium.
  • Campur semua bahan hingga berbentuk pasta, kemudian gunakan untuk menggosok gigi secara rutin.
  1. Menggunakan Minyak Menarik

Minyak menarik bisa didapat dari kelapa, biji wijen, minyak zaitun, dan bunga matahari. Adapun manfaat dari minyak menarik ini yaitu dapat mengatasi permasalahan pada mulut seperti gusi berdarah, membunuh bakteri, membuat gigi lebih putih, dan meningkatkan kesehatan mulut. Cara menggunakannya:

  • Gunakan minyak menarik untuk berkumur pada pagi hari setelah bangun tidur selama 15 – 20 menit.

Setelah itu ludahkanlah. Maka cairan yang keluar akan berwarna putih, itu menandakan bahwa racun yang ada ikut keluar bersama minyak dan air liur.

Cara menambal gigi berlubang secara alami dengan menggunakan beberapa hal di atas, semoga dapat membantu anda mengatasi masalah gigi berlubang.

Demikianlah artikel singkat ini, semoga dapat menambah wawasan bagi para pembaca. Nantikan artikel – artikel informatif kami lainnya, hanya di halogigi.com. Tetaplah menjaga kesehatan gigi dan mulut anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi