Sponsors Link

Cara Aman Mencabut Gigi bagi Penderita Tiroid (Gondok)

Sponsors Link

Kejadian penyakit tiroid meningkat terutama pada wanita. Sekotar 5 % wanita di U.S.A mengalami perubahan fungsi tiroid dan sekitar 6 % dapat dideteksi secara klinik, terasa benjolan tiroid pada saat diraba. Dan diduga sekitar 15 % populasi secara umum mamiliki kalainan pada tiroid.

ads

Telah diperkirakan bahwa angka dari sekelompok orang yang menderita kelainan ini terdapat dua kali lebih banyak pada kasus yang tidak terdeteksi. Artinya, pasien dengan hypothyroidism atau hyperthyroidism yang tidak di diagnosis sering datang ke spesialisasi dokter gigi , dimana terapi yang rutin dapat berpotnesi untuk menghasilkan outcomes yang tidak baik. Pada artikel kali ini, saya akan menyelidiki fungsi dari kelenjar tirid dan dampak disfungsi kelenjar tiroid terhadap kedokteran gigi.

Kenapa Penyakit Tiroid Mempengaruhi Tindakan Gigi?

Kelenjar tiroid dan hormone yang dihasilkan sangat penting dalam regulasi pertumbuhan, perkembangan, dan fungsi metabolik tubuh. Penyakit tiroid dapat mempengaruhi perawatan dalam bidang kedokteran gigi dan menjadi bahan pertanyaan sebab berhubungan dengan riwayat penyakit dengan perhatian khusus sebelum cabut gigi.

Perawatan kesehatan oral secara profesional berperan penting bagi pemeriksaan dari pasien dokter gigi yang memiliki penyakit tiroid yang tidak terdiagnosa. Untuk perawatan pada pasien yang memiliki penyakit tiroid dibutuhkan pengetahuan dari berbagai kondisi patologi yang berhubungan dan  canggih, seperti symptom atau tanda yang dapat terjadi.alat dokter gigi

Modifikasi Perawatan Gigi untuk Penderita Tiroid

Sebagai bagian dari perawatan kesehatan, dokter gigi berperan penting dalan mendeteksi abnormalitas tiroid. Modifikasi dalam perawatan dental harus dipertimbangkan pada saat merawat pasien dengan memiliki penyakit tiroid dimana ada syarat khusus untuk perawatan gigi untuk penderita gondok.

Pada kelenjar orang dewasa berisi struktur bilobular dengan berat 15-20 gram dan dihubungkan oleh stimus seleabr 2 cm yang berlokasi di anterior dari laryngeal cartigales. Isthimus ini bervariasi dalam posisi dan ukuran sehingga sukar teraba.

Kelenjar tiroid mudah teraba pada orang dewasa yang sehat. Internal anatomi kelenjar tiorid terdiri dari floikel yang berisi mucinous colloid yang terdapat protein thyroglobulin. Thyroglobulin adalah dasar  pembentukan dari 2 hormon utama yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid.

Dampak Melakukan Tindakan Gigi pada Penderita Penyakit Tiroid

Nah,  itulah sedikit penjelasan mengenai penyakit tiroid, pada kali ini kita akan membahas materi mengenai dampak cabut gigi pada penderita penyakit tiroid, apakah menyebabkan bekuan darah di lokasi cabut gigi (dry socket) dsb?. Ada beberapa hal yang menjadi dampak dari melakukan pencabutan atau operasi gigi lainnya pada seseorang yang menderita penyakit tiroid berikut ini adalah penjelasannya.

Sponsors Link

1. Melakukan Pemeriksaan Awal dan Identifikasi Riwayat Penyakit

Pada dasarnya sebelum melakukan pencabutan gigi atau operasi gigi lainnya seorang dokter akan melakukan beberapa hal yang dapat memastikan apakah pasien dalam kondisi yang sehat dan baik baik saja ataukah tidak. Seorang dokter gigi akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu,

sebelum melakukan pencabutan gigi atau operasi gigi lainnya. Hal tersebut dilakukan oleh seorang dokter dengan tujuan agar proses pencabutan gigi atau operasi gigi lainnya dapat berjalan dengan baik dan tidak membuat pasien menderita sakit yang berlebihan.

2. Mencegah Penyakit Tiroid Semakin Parah

Nah, kelenjar tiroid adalah salah satu bagian pada tubuh yang merupakan kelenjar yang memiliki peranan penting bagi kehidupan manusia, salah satu dari kelenjar endokrin terbesar pada tubuh manusia, yang bertugas sebagai produsen sekaligus tempat menyimpan hormon,

ads

yang membantu juga mengontrol aktivitas pada tubuh seperti mengatur detak jantung, tekanan darah, suhu badan, proses mengubah makanan menjadi energi. Membuat protein, dan mengatur sensitivitas tubuh terhadap hormon lainnya.

3. Tindakan Dokter Gigi Jika Pasien Memiliki Benjolan Besar

Kelenjar ini biasanya ditemui di bagian depan leher dan sedkit kebawah laring. Kelenjar tiroid ini bisa menimbulkan beberpa gejala seperti munculnya benjolan pada leher, biasanya pada area depan dan berada tepat dibawah jakun, sulit menelan, nafas menjadi terasa sesak, suara menjadi serak, mendapat rasa sakit pada bagian leher, terasa sakit pada tenggorokan, dan batuk yang konstan.

4. Menyembuhkan Penyakit Tiroid Terlebih Dahulu

Maka dari itu, seorang dokter gigi menyarankan pasiennya agar menyembuhkannya terlebih dahulu penyakit tiroid ini. Saran tersebut ditujukan kepada pasien yang menderita penyakit tiroid dengan tujuan agar pada waktu proses pencabutan gigi tidak menyebabkan detak jantung, tekanan darah, suhu badan tidak meningkat secara drastis dan dapat menyebabkan kondisi pasien akan menjadi parah.

5. Penyakit Tiroid Membuat Pasien Sesak Nafas Ketika Melakukan Tindakan Gigi

Selain itu, penyakit tiroid ini juga sanagt mengganggu proses pernafasan dari seorang penderita penyakit tiroid. Jadi pada saat proses pencabutan gigi atau operasi gigi lainnya akan membuat pernafasan pasien akan lebih cepat, karena pasien merasa tegang pada saat akan dicabut giginya atau melakukan operasi gigi lainnya.

Mungkin itu dampak dari penyakit tiroid pada saat melakukan pencabutan gigi atau melakukan operasi gigi lainnya. Maka  dari itu kita wajib menjaga kesehatan gigi agar tidak terjadi penyakit yang mengharuskan gigi kita untuk dicabut atau dilakukan operasi gigi lainnya. Dan juga kita selalu menjaga kesehatan tubuh kita karena sehat itu mahal.

6. Terapi yang Dibutuhkan

Dan terdapat 3 cara yang biasanay dilakukan dalam proses penanganan penyakit tiroid, yakni pemberian obat obatan, terapi ablasi iodium radioaktif dan atau prosedur operasi. Terapi ablasi iodium biasanya dilakukan pada kasus hipertiodime yang sulit terkontrol dengan pemberian obat obatan.

Obat obatan yang sering diberikan pada seorang yang menderita penyakiy tiroid memiliki fungsi yang berbeda beda, tergantung dari jenis penyakit tiroid yang dialami. Fungsi obat obatan dan terapi radioaktif umumnya adalah untuk:

  • Mengantikan hormon tiroid dalam tubuh pada hipotiroid.
  • Menurunkan produksi hormon tiroid dalam tubuh pada hipotiroid.
  • Menghancurkan sel sel tiroid.

7. Apakah Penyakit Tiroid Berbahaya bagi Gigi?

Sponsors Link

Sebagian besar penyakit tiroid tidak membahayakan penderitanya dan dapat dikendalikan melalui penanganan medis. Tetapi jika dibiarkan begitu saja, terdapat resiko untuk berkembang menjadi kanker tiroid yang dapat mengancam nyawa.

Demikian artikel yang dapat saya ulas mengenai dampak mencabut gigi bagi penderita tiroid, dan tips atau cara diatas mungkin kurang tepat bagi sebagian orang dan dari itu bagi anda yang menderita penyakit tiroid yang tidak kunjung sembuh maka anda harus memeriksakannya ke dokter. Semoga artikel kali ini dapat bermanfat dan menambah wawasan kita semua.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi