Sponsors Link

Cara Mencabut Gigi Geraham Secara Alami Kurang dari 5 Menit

Sponsors Link

Gigi geraham merupakan salah satu gigi yang terletak di bagian belakang. Setiap bagian gigi memiliki manfaat sendiri terutama pada gigi geraham. Gigi geraham sangat membantu dalam pengunyahan makanan yang sedang anda konsumsi. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa sakit atau masalah gigi juga dapat terjadi pada gigi geraham.

ads

Gigi geraham dapat mengalami lubang yang menyebabkan sakit gigi. Meski ada manfaat gigi berlubang yang jarang diketahui orang, namun umumnya gigi berlubang dianggap sebagai sumber masalah. Bagi anda yang bekerja dengan banyak komunikasi, dan telah terlanjur memiliki gigi berlubang maka anda perlu tahu tips menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang.

Sebagian orang yang memiliki masalah pada gigi geraham lebih memilih untuk konsumsi obat-obatan yang dapat meredakan rasa sakit. Dan sebagian yang lainnya ada yang bahkan memilih cabut gigi geraham ketika ditimpa sakit gigi yang terus menerus. Meski mencabut gigi eraham itu terasa sakit, ada beberapa alasan bagi mereka untuk mencabut giginya.

Selain dianggap cabut gigi adalah tidakan yang cepat dan tepat untuk menyembuhkan, juga untuk menghindari ketergantungan obat pereda nyeri jika rasa sakit datang terus menerus. Jika anda termasuk dalam bagian mereka yang lebih memilih cabut gigi geraham ketika sakit, berikut ada beberapa cara mencabut gigi geraham yang perlu anda tahu.

1. Menggunakan lidah untuk mendorong gigi (Menggoyangkan gigi)

Dalam kasus sakit gigi geraham yang telah mengalami goyang, dalam artian gigi geraham ini sebelumnya telah mengalami masalah sehingga menyebabkan gigi tersebut goyang. Cara mencabut gigi geraham yang sudah goyang, dapat anda mainkan dengan lidah. Goyangkan gigi geraham lebih sering.

Penggunaan lidah dalam pencabutan gigi geraham ini, selain memang paling mudah untuk dilakukan, juga untuk menghindari infeksi yang mungkin saja terjadi akibat bakteri yang masuk ke mulut jika anda sering menggoyangkan gigi dengan tangan. Sementara kita tidak tahu benar kondisi tangan kita. Selain itu tekstur lidah cenderung lebih lembut dibandingkan jari-jari tangan, dan hal ini dapat membuat rasa sakit saat mencabut gigi dapat dikurangi.

Jika banyak darah yang keluar, hentikan dulu kegiatan ini dan lanjutkan lagi beberapa saat kemudian. Begitu pula jika terasa sakit pada gigi geraham yang anda goyangkan, istirahatkan dulu. Kegiatan seperti ini yang terus menerus akan sedikit-demi sedikit mendorong gigi geraham semakin mudah terlepas dari gusi.

2. Menggunakan kasa untuk mencabut gigi

Selanjutnya yang kedua untuk cara mencabut gigi geraham ialah dengan menggunakan kasa sebagai alas tangan. Penggunaan kasa disini sebagai alas tangan supaya tangan kita tidak bersentuhan langsung dengan gigi geraham yang akan dicabut. Disamping untuk menjaga kebersihan, tetapi juga untuk meminimalkan resiko terjadinya infeksi.

Tempelkan kasa di gigi geraham yang akan dicabut. Dan pastikan bahwa gigi geraham yang akan dicabut memang sedang mengalami masalah, bukan gigi geraham yang baik-baik saja, maka ketahuilah alasan gigi harus dicabut karena tidak sembarang gigi boleh dicabut. Misalnya gigi geraham yang berlubang, atau mulai keropos dan telah terus menerus mengalami sakit.

Sponsors Link

Setelah kasa menempel pada gigi geraham yang akan dicabut, lalu gunakan tangan anda untuk menggoyangkan gigi dengan memegangnya melalui kasa. Lebih baik anda goyangkan gigi geraham secara perlahan, dan hentikan dulu jika terjadi sakit yang semakin parah dan darah yang keluar. Selain untuk berhati-hati, darah yang keluar secara berlebihan bisa dijadikan pertanda bahwa gigi belum siap untuk dicabut.

Setelah kondisinya mulai lebih baik, anda dapat mengulanginya, cabut gigi dengan perlahan sampai lapisan ligamen (yang menghubungkan gusi dengan gigi geraham rusak), tapi jika darah yang keluar masih banyak. Sebaiknya pikirkan lagi untuk melanjutkannya.

ads

3. Menggunakan apel (Menggigit buah apel)

Cara mencabut gigi geraham dengan menggunakan buah apel bisa anda praktekan, pilihlah apel yang tidak terlalu keras, dan mulailah menggigitnya atau mengunyahnya dengan gigi geraham secara perlahan. Seperti yang saya tegaskan pula sebelumnya, bahwa pastikan gigi geraham anda memang pantas untuk dicabut, bukan gigi yang sedang baik-baik saja.

Penggunaan buah apel hanya bisa di lakukan untuk gigi yang sudah tidak melekat erat dengan tulang manapun, alias gigi yang hanya terkait dengan gusi saja. Tipe gigi yang hanya terikat pada gusi biasanya bebas bergerak kesemua arah, dan umumnya menyebabkan nyeri serta rasa sakit, jadi lakukan dengan perlahan.

Sebenarnya mencabut gigi menggunakan buah apel ini cukup sulit bagi gigi geraham. Disamping apel yang tidak terlalu keras disbanding alat medis, letak gigi geraham yang ada di belakang juga mempengaruhinya. Namun anda tetap dapat mencobanya. Meski buah apel terbilang lembut, namun ia masih keras dibandingkan jenis buah yang lain. Dengan mengunyah buah apel pada gigi geraham yang ingin dicabut, diharapkan gigi tersebut akan semakin goyah dan lepas bersama dengan mengunyah buah apel yang cukup keras dibandingkan buah yang lainnya.

4. Membiarkan gigi terlepas sendiri 

Cara untuk mencabut gigi geraham yang keempat ini ini sebenarnya dapat dilakukan oleh siapa saja, membiarkan gigi terlepas sendiri secara alami. Untuk gigi geraham yang telah goyah, biasanya ia akan sering terasa sakit. Cara ini tidak terlalu beresiko, namuan anda harus lebih bersabar menunggunya terlepas sendiri.

5. Mencabutnya dengan bantuan dokter

Cara mencabut gigi geraham dengan bantuan dokter, sudah pasti banyak orang memahaminya. Sama dengan cara-cara sebelumnya, dokter pasti akan terlebih dahulu memeriksa kondisi gigi geraham anda, dan kesiapannya untuk dicabut, kemudian barulah bersiap melakukan tindakan menggunakan peralatan dan prosedur medis yang sesuai standartnya.

Bagi anda yang memiliki gigi geraham siap dicabut, biasanya akan ada dua cara pilihan yang dapat ditempuh. Pertama yakni mencabutnya seperti biasa dengan bantuan alat media, dan yang kedua yakni dengan melakukan sedikit pembedahan. Ini dapat terjadi jika gigi geraham yang akan dicabut sudah merupakan sisa-sisa kecil/ sisa akar yang sulit dijangkau oleh alat medis. Sementara, sisa-sisa kecil itu harus dibersihkan untuk menghindari masalah yang lebih besar lagi.

Sponsors Link

Berdasarkan beberapa cara mencabut gigi geraham yan telah saya jelaskan di atas, anda dapat mempertimbangkan dan memilihnya sesuai kebutuhan. Jika anda memilih tindakan medis bersama dokter, pilihlah dokter senior/ dokter yang telah berpengalaman yang dapat anda percaya. Namun jika anda ingin melakukannya sendiri, maka persiapkan kondisi kesehatan dan tubuh anda terlebih dahulu, agar siap mendapatkan tindakan pencabutan gigi geraham sendiri. Selain itu, persiapkan pula step yang harus anda lalui setelah mencabutnya. Misalnya anda perlu obat kumur, atau kapas dan lain-lain.

Dan bagi anda yang belum mengalami masalah apapun pada gigi geraham anda, anda cukup beruntung. Maka jagalah gigi geraham anda dengan mengetahui penyebab gigi rusak sebagai pengetahuan untuk lebih berhati-hati serta konsumsilah makanan yang menyehatkan gigi juga makanan yang menguatkan gigi.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini