Sponsors Link

4 Cara Mencabut Gigi Geraham yang Sudah Goyang yang Benar

Sponsors Link

Mencegah lebih baik dari pada mengobati, itu adalah nasehat yang benar yang selalu kita dengar. Namun pada kenyataannya sering kali kita abaikan. Menjaga kesehatan gigi dan mulut dapat mencegah timbulnya penyakit gigi, mulut, dan bahkan penyakit lainnya yang lebih parah yang seringkali datangnya dari kurangnya kesadaran kita akan kebersihan gigi dan mulut.

ads

Pentingnya menggosok gigi dan cara menyikat gigi dengan benar merupakan pengetahuan dasar dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Hal dasar yang kita abaikan tersebutlah yang dapat mengakibatkan timbulnya penyakit gigi seberti gigi keropos, gigi hitam pada orang dewasa, gigi susu rusak parah pada balita, penyebab karang gigi hitam, hingga gigi yang goyang dan harus di cabut.

Gigi yang sudah goyang memang sudah tidak bisa dipertahankan lagi, lalu bagaimanakah solusinya seandainya jarak, waktu, maupun biaya menjadi kendala untuk anda mengunjungi dokter gigi? Nah berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan.

Cara Mencabut Gigi Geraham yang Sudah Goyang

  1. Menggunakan Lidah

Untuk gigi geraham yang sudah goyang, gunakanlah lidah untuk membantu agar lebih longgar dari ikatan gusi. Gunakan lidah untuk mendorong gigi ke kanan dan kiri gigi. Lakukan perlahan – lahan, bila terasa sakit maka berhentilah sejenak dan kemudian lakukan lagi. Apabila banyak darah yang keluar, sebaiknya hentikan beberapa saat, berkumurlah dengan air garam. Mendorong gigi dengan lidah harus dilakukan dengan sabar sedikit demi sedikit akan membuat gigi gerahan semakin mudah terlepas dari gusi.

Mengunakan bantuan lidah untuk menggoyangkan gigi hingga terlepas adalah cara yang paling mudah dan higienis jika dibandingkan dengan tangan, karena lidah adalah media yang paling dekat, dan mempunyai tekstur yang lebih lembut.

  1. Menggunakan Kain Kasa Steril

Cara lain ialah dengan menggunakan kain kasa steril. Setelah gigi dirasa sudah cukup longgar dan sudah tidak melekat erat dengan tulang manapun melainkan hanya terkait dengan gusi saja, maka anda dapat mencabutnya dengan tangan. Gunakan kain kasa steril sebagai media antara jari – jari dengan gigi. Hal ini agar tangan tidak bersentuhan langsung dengan gigi geraham yang akan dicabut. Disamping untuk menjaga kebersihan, juga untuk menghindari resiko terjadinya infeksi.

Tempelkan kain kasa steril pada gigi geraham yang akan dicabut. Kemudian tarik dengan sedikit gerakan memutar, lakukan dengan cepat dan kuat untuk menghindari rasa sakit. Jika anda merasa sangat sakit maka berhentilah beberapa saat untuk kemudian mengulanginya lagi, tapi jika banyak darah yang keluar sebaiknya pikirkan lagi untuk melanjutkannya. 

  1. Membiarkan gigi tanggal sendiri 

Membiarkan gigi graham yang yang sudah goyang tanggal sendiri adalah cara yang paling mudah, hanya saja jika terasa sakit maka akan sulit digunakan untuk mengunyah makanan. Pada anak – anak, nafsu makannya akan berkurang dan akhirnya mengganggu pertumbuhan mereka.

Sponsors Link

  1. Mencabutnya dengan bantuan dokter

Cara yang keempat ini adalah cara yang paling baik dan aman. Dokter akan memeriksa terlebih dahulu apakah gigi geraham anda sudah siap untuk di cabut ataukah tidak. Gigi yang sudah goyang biasanya memang sudah tidak dapat dipertahankan lagi, namun dokter akan memeriksa dan memastikan keadaan kesehatan anda mendukung untuk dilakukan pencabutan gigi ataukah tidak, anda dapat membaca juga gigi yang tidak boleh dicabut. Jika semuanya dirasa baik dan gigi geraham memang sudah seharusnya dicabut, maka dokter akan mengambil tindakan pencabutan gigi dengan menggunakan peralatan dan prosedur medis yang sesuai standartnya.

Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mencabut gigi sendiri.

  • Pastikan kondisi tubuh anda dalam keadaan yang sehat dan fit.
  • Pastikan gigi sudah mulai goyang dan tidak lagi ditahan oleh tulang manapun juga melainkan hanya ditahan oleh jaringan gusi saja.
  • Gigi tidak dalam keadaan infeksi (sakit). Jika dirasa gigi anda infeksi, segeralah mengunjungi dokte gigi agar tidak menimbulkan masalah kesehatan yang lebih besar lagi. Silahkan anda baca efek mencabut gigi yang sedang sakit dan bahaya mencabut gigi saat masih sakit.
    Sponsors Link

  • Untuk gigi orang dewasa yang berlubang, sebaiknya minta saran dari dokter terlebih dahulu apakah bisa di cabut sendiri ataukah tidak, jelaskan alasan gigi harus dicabut.
  • Untuk para perokok juga sebaiknya tidak melakukan pencabutan gigi sendiri, karena pada perokok telah terdapat banyak kandungan kimia di dalam mulutnya terutama pada gusi. Oleh sebab itulah harus lebih hati – hati agar kandungan kimia tersebut tidak masuk kedalam luka gusi.
  • Selain itu jika anda menderita diabetes, sebaiknya jangan lakukan pencabutan gigi sendiri. Karena biasanya pada penderita diabetes luka akan sulit untuk disembuhkan.
  • Setelah gigi tanggal, tekan luka pada gusi dengan kasa steril, lalu gigit kasa lebih kurang 10 menit. Setelah itu segeralah berkumur dengan air garam. Hal ini dilakukan untuk mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan luka.

Cara mencabut gigi geraham yang sudah goyang ini semoga dapat menambah wawasan dan membantu mengatasi masalah gigi anda. Hindarilah makanan yang dapat merusak gigi dan konsumsilah makanan yang menguatkan gigi.

Demikianlah artikel singkat ini kami sajikan, semoga bermanfaat dan nantikanlah artikel – artikel informatif selanjutnya hanya di Halogigi.com. Tetaplah menjaga kesehatan gigi dan mulut anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini