Sponsors Link

5 Cara Mencabut Gigi Sendiri Tanpa Rasa Sakit yang Benar

Sponsors Link

Apabila kita sudah terkena penyakit gigi seperti gigi keropos, infeksi gigi, pembengkakan pada gusi, gigi berlubang, bahkan gigi goyang, maka barulah kita mengerti akan pentingnya merawat dan menjaga kebersihan gigi dan mulut. Anda dapat membaca lebih jauh tentang jenis – jenis penyakit gigi dan jenis-jenis penyakit mulut.

ads

Setiap orang di dunia pasti pernah merasakan sakit gigi, baik itu karena mau tumbuh gigi atau pun karena gigi yang rusak, lalu pada saat sakit akan terlintas untuk mencabutnya tetapi takut atau malas ke dokter gigi. Bagaimanakah solusinya?, lalu apakah boleh mencabut gigi sendiri?

Dalam hal mencabut gigi memang sebaiknya dilakukan oleh dokter gigi yang lebih ahli dam mengetahui apakah gigi tersebut memang perlu di cabut ataukah masih bisa dipertahankan, anda dapat mengetahuinya juga dengan membaca gigi yang tidak boleh dicabut dan alasan gigi harus dicabut. Tetapi bila anda merasa enggan pergi ke dokter gigi karena jarak, waktu ataupun biaya, maka anda dapat melakukan pencabutan gigi sendiri di rumah dengan memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu.

Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mencabut gigi sendiri.

  • Gigi tidak dalam keadaan infeksi (sakit). jika dirasa gigi anda infeksi, segeralah mengunjungi dokte gigi agar tidak menimbulkan masalah kesehatan yang lebih besar lagi, dapat anda baca pada efek mencabut gigi yang sedang sakit.
  • Gigi yang rusak atau patah jangan dicabut sendiri, sebaiknya konsultasikan ke dokter gigi.
  • Untuk gigi orang dewasa yang goyang, sebaiknya minta saran dari dokter terlebih dahulu apakah bisa di cabut sendiri ataukah tidak dikarenakan ada penyebab lain. Anda dapat juga mengetahuinya dari membaca artikel penyebab gigi goyang dan gusi bengkak.
  • Selain itu jika anda menderita diabetes, sebaiknya jangan lakukan pencabutan gigi sendiri. Karena biasanya pada penderita diabetes luka akan sulit untuk disembuhkan. Anda bisa mengatasinya dengan membaca artikel cara mengatasi gigi goyang karena diabetes.
  • Untuk para perokok juga sebaiknya tidak melakukan pencabutan gigi sendiri, karena pada perokok telah terdapat banyak kandungan kimia di dalam mulutnya terutama di gusi. Oleh sebab itulah harus hati – hati agar kandungan kimia tersebut tidak masuk ke dalam luka gusi.

Setelah anda perhatikan beberapa hal di atas, maka anda dapat mengikuti beberapa tips cara mencabut gigi sendiri tanpa rasa sakit di bawah ini.

Cara mencabut gigi sendiri tanpa rasa sakit

  1. Menggunakan Lidah

Gunakanlah lidah untuk menggoyangkan gigi, mendorongya kedepan dan kebelakan secara perlahan – lahan agar tidak terasa sakit, sehinggaa gigi semakin terbebas dari gusi yang mengikatnya. Untuk anak – anak beri contoh cara melakukannya, gunakan lidah karena lidah adalah media yang paling gampang, lebih lembut dan lebih higienis dari pada tangan.

  1. Menggunakan Kain Kasa

Untuk menghindari tangan yang mungkin tidak higienis bersentuhan langsung dengan gigi, maka gunakanlah kain kasa. Hal ini untuk meminimalkan resiko terjadinya infeksi, karena tangan yang tidak higienis akan membawa bakteri masuk ke dalam mulut dan bersarang pada luka gusi.

Sponsors Link

Gunakan kain kasa untuk menggoyang gigi dengan gerakan kedepan dan kebelakang. Ingat lakukan dengan perlahan dan tidak terburu – buru, karena mungkin akan terasa sakit. Hal ini hanya bisa dilakukan pada gigi yang tidak lagi ditahan oleh tulang manapun juga dan hanya ditahan oleh jaringan gusi.

  1. Menggunakan Buah Apel

Mencabut gigi dengan cara menggunakan buah apel dapat dilakukan untuk gigi bagian depan, sedangkan untuk gigi bagian belakan atau geraham kemungkinan agak sulit dilakukan. Dengan menggunakan buah apel ini pun untuk gigi yang sudah tidak terkait dengan tulang manapun juga, melainkan gigi hanya terkait pada gusi saja.

ads

  1. Menggunakan Benang Gigi

Setelah ketiga cara diatas dilakukan namun masih belum berhasil juga, anda dapat melakukan cara ke empat ini yaitu dengan menggunakan benang gigi. Cobalah lilitkan benang pada gigi dan simpulkan sepanjang 10cm. Kemudian ikat tali kuat – kuat, agar tidak terasa sakit lalu tarik benang dengan cepat untuk mencabut gigi dengan sekali sentakan.

Dalam melakukan ke empat cara diatas hendaknya lakukanlah secara perlahan – lahan atau jangan dipaksakan, hentikan dahulu sementara jika terjadi hal – hal seperti dibawah ini:

  • Jika saat anda menggoyang – goyangkan gigi keluar banyak darah, maka sebaiknya tidak dilanjutkan, bisa saja itu pertanda bahwa gigi belum siap untuk dicabut. Anda dapat membaca artikel cara mengatasi gigi goyang.
  • Anda harus menarik gigi dengan perlahan namun pasti sampai ligament penghubung gigi dengan gusi rusak, tetapi jika merasa terlalu nyeri maka sebaiknya anda hentikan.
  • Segeralah kunjungi dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik.
  1. Biarkan Gigi Terlepas Sendiri

Yang terakhir ini adalah membiarkan gigi terlepas sendiri secara alami. Untuk anak – anak hal ini adalah yang terbaik, karena gigi yang tanggal sendiri menandakan bahwa gigi yang akan tumbuh telah siap untuk menggantikannya. Jika belum waktunya sudah dilakukan pencabutan, dikhawatirkan gigi yang akan datang kehilangan pemandunya sehingga tumbuh tidak pada tempatnya.

Sedangkan untuk orang dewasa, jika memilih untuk membiarkan gigi yang sudah goyang terlepas sendiri dan pastinya harus menahan rasa sakit, adalah hal yang sangat sulit karena mungkin akan memakan waktu yang lama, anda dapat mengatasinya dengan membaca cara menghilangkan rasa sakit gigi. Oleh sebab itu sebaikya segera hubungi dokter gigi.

Cara mencabut gigi sendiri tanpa rasa sakit yang kami bahas kali ini semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda. Selain itu dapat menjadi bahan pertimbangan apakah anda ingin melakukan pencabutan gigi sendiri dirumah ataukah sebaiknya mencabut gigi dengan ahlinya.

Demikianlah artikel singkat mengenai cara mencabut gigi sendiri tanpa rasa sakit ini kami sajikan untuk anda, dan nantikan artikel – artikel informatif Halogigi.com lainnya. Tetaplah menjaga kesehatan gigi dan mulut anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini