14 Cara Mencegah Gigi Berlubang agar Tidak Sakit

Gigi berlubang dan kerusakan gigi biasanya dimulai dari kebiasaan buruk malas membersihkan mulut dan malas menggosok gigi. Terjadilah plak. Yang menempel di gigi. Akibatnya gigi menjadi sarang bakteri dan kuman. Bakteri dan kuman suka tempat-tempat yang kotor di mulut.

Bakteri-bakteri ini berbahaya karena dapat merusak gigi. Plak kalau tidak cepat diatasi akan bertambah besar terjadilah karies dan karies inilah berlanjut menjadi gigi berlubang. Lama-kelamaan dapat menyebabkan gigi keropsos. Membusuk yang akan menghancurkan stuktur gigi dan memperngaruhi email dan dentin sehingga dapat mengakibatkan gigi tanggal.

Baca Juga : Alasan Gigi Harus Dicabut

Cara Mencegah Gigi Berlubang

1. Makanan Manis

makanan manisKelihatannya memang menggoda selera. Namun, tanpa disadari makanan lezat tersebut ternyata mengandung kadar gula yang tiggi, dan tentunya akan membahayakan kesehatan gigi.

Jika ingin bebas dari gigi berlubang, sebisanya hindari gula. Gula ini banyak menghasilkan bakteri jahat di mulut, dan mencegah aliran gigi yang sehat. Gula juga mengakibatkan produksi asam yang mendemineralisasi kandungan struktural gigi dan merusak gigi.

Makanan bergula biasanya terdapat dalam permen dan makanan yang dilumuri gula. Sebaiknya gunakan madu mentah sebagai pengganti gula, minumlah jus secukupnya saja dan jauhi pemanis buatan.

Baca Juga : Makanan yang dapat merusak gigi

2. Biji Bijian

biji bijianCara Mencegah Gigi Berlubang, Asam fitat merupakan penghambat mineral dan penghambat enzim yang terdapat dalam biji-bijian, dan kacang-kacangan. Asam fitat ini hanya bisa dihilangkan dengan fermentasi sengatan.

Menurut publikasi The Lancet, diet tinggi asam fitat mengakibatkan kekurangan mineral dan osteoporis. 80% fosfor dalam biji-bijian dan kacang-kacangan terikat dengan asam fitat sehingga benar-benar tidak dapat diserap.

Molekul ini menghalangi kesediaan fosfor bagi manusia dan mengikat molekul yang diperlukan untuk kesehatan mulut seperti kalsium, magnesium, besi dan seng. Sehingga kalau diperlukan tubuh tidak tersedia. Mengkonsumsi asam phytic yang tinggi menurunkan penyerapan kalsium hingga 60% dan seng 20%.

Asam fitat juga akan megeluarkan mineral dari tubuh, tulang dan gigi.asam fitat juga menyebabkan gangguan pencernaan, kurang nafsu makan, kekurangan nutrisi dan kerusakan pada gigi. Jadi kurangi konsumsi gandum dan kedelai yang tidak difermentasi.

Konsentasi asam fitat jauh lebih tinggi pada makanan yang berasal dari tanaman di beri pupuk foifat modern daripada yang diberi kompos alami. Solusinya makan makanan organic dan bebas transgenic. Jika bermasalah dalam gigi berlubang hindari makanan yang tinggi asam fitat seperti, biji-bijian, kacang-kacangan dan kedelai. Tapi jika biji-bijian ini direndam kemudian ditumbuk asam fitat akan berkurang 50% atau bahkan hilang hingga 100%.

3. Susu Mentah

susu mentahCara Mencegah Gigi Berlubang, Susu mentah (Raw Dairy) yang diisi dengan vitamin dan mineral yang berkontribusi terhadap aliran cairan gigi yang sehat akan membantu menjaga gigi menjadi kuat dan meningkatkan kesehatan mulut. Cara ini jitu mencegah gigi berlubang. Baca juga : Tips Memutihkan Gigi

Banyak mengandung kalsium, Vitamin K2, vitamin D3, magnesium, fosfor dan vitamin yang larut dalam lemak. Sebaiknya mengkonsumsi susu mentah minimal sekali seminggu. Lebih bagus lagi kefir susu kambing, keju mentah, dan mentega organik berasal dari hewan yang diberi makan rumput. Jika ingin gigi awet perlu meningkatkan asupan vitamin dan mineral yang larut dalam lemak.

Contoh makanan yang bagus :

  • Kaya akan makanan hewani seperti kaldu tulang, daging, ikan, telur.
  • Sayuran mentah dan dimasak, terutama sayuran berdaun hijau.
  • Susu mentah seperti kefir, keju dan mentega yang berasl dari hewan diberi makanan rumput.
  • Buah minimal sepotong sehari.
  • Vitamin banyak terdapat di sinar matahari.
  • Makanan tinggi lemak seperti minyak kelapa, alpukat, buah zaitun, ikan dan minyak ikan cod yang difermentasi.
  • Kacang-kacangan hanya yang telah tumbuh.
  • Tidak makanan olahan, makanan kemasan dan makanan cepat saji.

Kecukupan mineral dalam makanan (kalsium, magnesium dan fosfor, kecukupan vitamin larut lemak (A,D, E, dan K) terutama vitamin D, hindari makanan kaya asam phytic, hindari gula olahan.

4. Pasta Gigi Handmade

pasta gigi handmadeKetika menyikat gigi menggunakan pasta gigi bermineral, mineral akan diserap oleh gigi yang dapat menghilangkan plak yang mengandung bakteri di gigi. Fungsinya menggantikan mineral yang hilang akibat asam dari plak dan gula. Tanpa penambahan mineral (Remineralizing) gigi menjadi mudah goyang.

Baca Juga : cara mengatasi gigi goyang

Pasta gigi bermineral ini bisa buat sendiri dengan bahan alami. Bahan yang dibutuhkan :

  • 4 sdm minyak kelapa,
  • 2 sdm baking soda (tanpa aluminium),
  • 1 sdm xylitol atau 1/8 teh stevia,
  • 20 tetes minyak esensial cengkeh (peppermint),
  • 20 tetes kalsium/magnesium powder (trace mineral)

Cara membuatnya sangat mudah hanya campurkan semua bahan diatas dalam sebuah wadah, lalu jika semua bahan sudah tercampur rata pindahkan adonannya ke jar kosong yang bersih dan simpan ditemoat yang kering agar pasta gigi tahan lebih lama

5. Oil

oilPengobatan ayuvedic, penarikan minyak ini merupakan cara detoksifikasi. Caranya endapkan satu sendok makan minyak di mulut selama 20 menit. Jika tidak kuat cukup 3 sampai 5 menit.

Gunakan minyak kelapa atau minyak MCT ditambah 1 atau dua tetes minyak esensial cengkeh atau bisa juga teh  sebagai antiseptik dan antijamur maksimal.

Waktu terbaik penggunaan prosedur detox ini di pagi hari sesudah bangun tidur selama 20 menit. Gunakan waktu persiapan mandi sehingga tidak berat dilaksanakan. Ludahkan ke tempat sampah sehingga akumluasi minyak tidak menghambat saluran bak cuci.

Bilas mulut dengan air hangat. Dapat ditambahkan garam untuk meningkatkan kekuatan antimikroba. Akan keluar air liur berbentuk susu atau kuning. Selanjutnya sikat gigi seperti biasa. Lakukan kegiatan ini dengan santai dimulai dari mulut lalu seluruh gigi tanpa menelan. Ini semua cara terbaik untuk mencegah gigi berlubang. Baca juga : Cara Mengatasi Gigi Berlubang Parah

6. Ngemil

ngemilKebiasaan ngemil membuat bakteri mulut leluasa menghasilkan asam yang dapat menghancurkan enamel gigi. Sepanjang hari bakteri dan gula terjadi peperangan melawan air liur (saliva) dan fluoride.

Bakteri dan gula ini berasal dari makanan jenis susu, roti, biscuit, permen, soda, jus, keripik, pemen, biscuit, pretzel tidak bagus untuk kesehatan gigi karena akan berada di dalam celah-celah gigi. Bakteri akan mengubah gula atau pati menjadi asam. Asam inilah yang menggerogoti permukaan luar gigi keras (enamel)

Sedangkan mineral (kalsium dan fosfat) dan air liur (saliva) ditambah fluoride dari pasta gigi, air dan sumber lainnya akan memperbaiki email yang diserang asam begitu seterusnya sepanjang hari. Jika ini terjadi terus menerus enamel akan kehilangan mineral akan timbullah bintik putih (plak) yang merupakan permulaan gigi busuk. Copotnya gigi dapat dicegah dengan bantuan mineral dari air liur, fluoride dari pasata gigi atau sumber lainnya yang menyelubungi enamel.

Jika terus menerus akan terjadi plak, mineral akan semakin banyak yang hilang, lama kelaaan enamel akan lemah dan hancur. Terjadilah gigi berlubang. Saat inilah kunjungan ke dokter diperlukan untuk memperbaiki lubang gigi dengan tambalan.

7. Sikat Gigi

Sikat GigiSikatlah gigi dengan pasta berfluoride setelah makan atau minum. Untuk anak kecil pemakaian fluoride ini harus dengan pengawasan dokter untuk meminimalisir efek dari fluoride. Air liur (saliva) akan berkurang selama tidur.

Tanpa bantuan saliva gigi tidak mampu memperbaiki kerusakan diri melawan bakteri yang memproduksi asam. Pasta berfluoride berguna untuk mencegah gigi berlubang. Sikat gigi yang baik dua kali sehari, tetapi lebih bagus lagi dilakukan setelah habis makan dan minum.

Caranya oleskan pasta gigi seukuran kacang ke sikat gigi. Sikat bagian depan dan belakang, sikat bagian atas, sikat sepanjang gumline, sikat lidah, sikat dengan kuat, jangan ditekan, cukup maksimal tiga kali jika lebih akan merusak enamel dan menimbulkan gigi berlubang.

8. Menggunakan Dental Floos

menggunakan dental floosSehabis sikat gigi gunakan benang gigi (dental floss) untuk menjangkau celah-celah gigi yang sulit ditembus sikat gigi. Atau gunakan interdental. Lakukan teratur setiap hari.

Caranya lepaskan sekitar 18 inchi benang di sekitar jari tengah, biarkan satu dua inci berserabut, pegang erat-erat antara jempol dan jari telunjuk. Geser perlahan ke atas dan ke bawah di antara gigi.

Turunkan floss ke gigi sedikit di bawah garis gusi. Floss dapat digunakan setiap hari. Terutama untuk makanan yang berserabut, berserat atau lengket. Floss baik untuk mencegah kerusakan gigi, radang gusi dan penyakit jantung.

Baca juga :

9. Permen Bebas Gula

permen bebas gulaSelain nikmat dimakan karna teksturnya yang kenyal, tenyata permen karet juga bermaanfaat untuk kesehatan gigi. Mengunyah permen karet bebas gula atau yang mengandung xylitol dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab gigi rusak.

Setelah makanan manis dapat membantu membersihkan gigi. Permen karet ini dapat membantu memproduksi air liur, membantu menghilangkan lapisan gula pada gigi.

Jadi, 2 kenikmatan sekaligus, nikmat dimakan, nikmat juga untuk kesehatan. Jangan lupa pastikan pemen karet yang bebas gula dan berxylitol ya.

10. Obat Kumur

obat kumurAtau jika perlu gunakan obat kumur-kumur yang mengandung fluoride dan persentase klorheksidin rendah (0,02%). Berkumurlah menggunakan obat kumur selama 10-15 detik.

Obat kumur ini berguna untuk menghilangkan sisa-sisa gula yang masih menempel di gigi. Membunuh bakteri penyebab plak. Selain itu obat kumur juga ampuh menghilangkan bau mulut jika berkumur dengan rutin.

Lakukan sesudah sikat gigi. Obat kumur hanyalah finishing atau mouthcare tambahan bukan untuk ganti sikat gigi.

Baca Juga : Bahaya Obat kumur

11. Makanan yang Baik untuk Gigi

makanan yang baik untuk gigiJika memang harus makan, makanlah makanan yang bergizi seimbang dan berguna untuk menjaga kesehatan gigi seeprti buah dan sayuran segar lebih bagus karena dapat meningkatkan air liur (saliva) yang bagus untuk memberantas bakteri.

Makanan kaya nutrisi seperti sayuran, buah, daging, susu, dan vitamin D dapat membsntu memperbaiki kerusakan pada gigi.

Buah dan sayuran berwarna gelap dapat menambah kalsium dan mengurangi asam dalam air liur. Banyak minum sehingga plak tidak tertahan di mulut. Hindari makanan yang banyak mengandung fosforkarena akan menghitamkan permukaan gigi.

Konsultasikan ke dokter jika ingin menambah suplemen vitamin C dan vitamin D. Minuman seperti kopi dan teh tanpa pemanis dan permen karet tanpa gula dapat digunakan untuk mengikis sisa-sisa makanan yang berada di celah-celah gigi.

Baca Juga : Makanan yang dapat menguatkan gigi

12. Sealant Pelindung Gigi

sealant pelindung gigiAkan lebih bagus lagi menggunakan sealant gigi. Sealant ini lapisan plastik pelindung gigi yang ditempatkan di gigi belakang yang berfungsi sebagai pengunyah. Sealant akan menutup celah-celah gigi yang biasanya tempat sisa-sisa makanan bersembunyi.

Fungsi lain dari sealant dapat melindungi enamel gigi dari plak dan asam. Selain itu sealant juga punya manfaat lebih seperti dapat merapihkan gigi yang tidak rata, namun khusus pelindung gigi tipe boil and bite.

Sebelum digunakan sealant harus direndam di dalam sebuah wadah berisi air hangat, ini berfungsi untuk melunakkan bagian termoplastik lalu letakkan didalam mulut dengan perlahan hingga pas. Sealant ini berbahan dasar plastik sehingga nyaman digunakan. Umur sealant ini dapat bertahan 10 tahun. Perlu diperiksa secara berkala apakah sealant masih layak pakai.

13. Sikat Gigi Portable

sikat gigi portableBagi yang suka bepergian dan menginap sikat gigi portable sangat penting. Gunakan sikat gigi portable atau sekali pakai. Sehingga mudah dibawa maupun digunakan. Tips : Pilihlah sikat gigi portable sepaket dengan pasta gigi yang juga berukuran kecil karna hanya untuk sekali pakai dan dikemas dalam sebuah wadah seperti gelas plastik kecil, fungsinya untuk menampung air kumur-kumur.

Sehingga hanya perlu air untuk menyikat gigi. Sikat gigi portable ini juga berguna untuk orang yang mempunyai jadwal padat. Gunakan waktu sebentar untuk mengunjungi kamar kecil sehabis jamuan makan yang biasanya ada makanan penutup berupa makanan ringan yang manis.

14. Mengunjungi Dokter Gigi

mengunjugi dokter gigiKunjungi dokter secara teratur untuk membersihkan dan memeriksa secara menyeluruh akan mengungkapkan jika ada masalah disebabkan oleh kasus penyakit lainnya sehingga dokter dapat membantu memberikan jalan keluar untuk perawatan selanjutnya. Semakin cepat semakin baik sehingga perawatan yang lebih rumit bisa dihindari.

Beberapa sebab anda perlu mendapat rekomendasi seperti perawatan fluoride secara teratur jika anda kekurangan fluoride. Dan untuk penyakit tertentu konsultasikan ke dokter oleh sebab medis seperti penyakit yang menyebabkan mulut anda banyak mengandung bakteri.

Perawatan fluoride bisa diberikan jika lubang masih kecil perawatan ini dapat membantu mengembalikan enamel gigi. Perawatan fluodida dapat berupa cairan, gel, busa atau pernis yang diletakkan di gigi. Penambalan (restorasi) dapat dilakukan ketika gigi sudah mulai keropos. Tambalan biasanya terbuat dari resin komposit sewarna gigi, porselin atau kombinasinya. Tambalan amalgam silver mengadung bahan, termasuk mercuri.

Baca Juga : Jenis Bahan tambal Gigi

Jika keruskaan gigi sudah meluas diperlukan mahkota penutup khusus yang menggantikan seluruh mahkota alami gigi. Gigi yang busuk akan dibor, dan disisakan yang benar-benar masih bagus. Mahkota gigi dapat terbuat dari emas, porselin, damar, atau campuran semua bahan.

Mungkin juga perlu saluran akar untuk gigi yang sudah rusak parah atau terinfeksi menghindari pencabutan total. Darah busuk akan dikeluarkan dan dimasukkan obat pencegah infeksi. Pulpa akan diganti dengan filling. Jika terpaksa dicabut berusahalah mengimpal gigi agar celah di dalam gigi tidak bergeser.

Berikut adalah penjelasan tentang Cara Mencegah Gigi Berlubang. Sehingga untuk anda yang giginya masih sehat dan utuh belum ada lubang sedikitpun maka anda harus tetap menjaga kesehatan gigi anda dengan baik dan benar.