Sponsors Link

14 Cara Mencegah Gigi Gigis Pada Anak Sejak Dini

Sponsors Link

Gigi adalah salah satu bagian yang penting pada tubuh anak dimana berfungsi untuk mengunyah dan nantinya berkembang menjadi gigi permanen dan menuntun perkembangan rahang. Gigis atau gerigis disebut juga karies gigi adalah kondisi gigi berlubang disertai dengan adanya karang di sekitar gigi. Masyarakat umum menyebutnya dengan istilah gigi yang sudah terkikis dan menghitam. Dalam kesehatan disebut dengan rampant caries.

ads

gigi geraham hitam ini dapat terjadi pada gigi seri atas, tidak menutup kemungkinan bisa terjadi di gigi seri bawah begitu pula gigi geraham. Penyebabnya ialah sisa makanan yang tidak bersihkan hingga menumpuk menjadi plak. Pada dasarnya, susu yang menjadi makanan pokok anak, terdapat kandungan gula yang jika tidak dibersihkan dengan rutin dapat tertinggal di mulut sehingga menyebabkan kuman berkembang.

Gigi gigis sering membuat orang tua merasa bersalah, hal ini membuat anak menjadi kurang percaya diri , kesusahan menggigit makanan, dan tak jarang anak akan merasakan kesakitan. Gigi sakit tentu menyebabkan anak menjadi berkurang selera makan nya dan akhirnya menajdi kurus. Simak tips berikut bagaimana cara mencegah gigi gigis pada anak :

1. Rawat Sebelum Gigi Anak Tumbuh

Cara mencegah gigi gigis pada anak yang pertama ialah dengan menjaga kebersihan gusi dan lidah. Bersihkan ketika anak mandi, usap dengan kain yang lembut dan air hangat sehingga tumbuh kembang kuman di dalam mulut dapat ditekan.

Bersihkan mulai dari gusi, lidah, dan langit langit lidah. Perlu diketahui bahwa anak anda minum susu sejak lahir yang tentunya akan meninggalkan sisa sisa jika tidak rutin dibersihkan. Biasakan menjaga kesehatan anak sejak dini.

2. Batasi Konsumsi Gula

Cara mencegah gigi gigis pada anak yang kedua ialah membatasi konsumsi gula harian. Saat anak mulai mengkonsumsi makanan semi padat, sebaiknya batasi konsumsi gula seperti permen, cokelat, dan es krim. Kebiasaan umum yang sebaiknya dihindari ialah memberikan jus dan minuman manis lainnya dengan memakai botol susu karena hal ini dapat menyebabkan gigi gigis dan keropos.

Minuman yang diminum melalui dot (botol susu) seringkali tidak langsung habis ditelanapalagi ketika anak meminum nya hingga tertidur sehingga menyebabkan gula kontak langsung dengan gigi anak anda.  Tanda awalnya ialah berupa bercak putih atau coklat pada gigi, lalu gigi menjadi hitam dan berlubang.

3. Bilas Dengan Air Putih (berkumur)

Cara mencegah gigi gigis pada anak selanjutnya yakni dengan membiasakan berkumur. Ajarkan pula anak anda untuk terbiasa berkumur setelah makan permen atau makanan minuman manis lainnya agar sisa makanan larut dan terbuang serta menetralisis kadar asam, dampaknya anak terbiasa memiliki gigi dan mulut dalam kondisi bersih.

4. Rutin Konsumsi Buah Apel

Buah apel mempunyai sifat membersihkan mulut dan gigi dengan kadar airnya yang tinggi, berikan secara rutin untuk menjaga kebersihan giginya secara alami, apel juga mengandung kalsium untuk kekuatan gigi anak. Jadi biasakan anak mengonsumsi buah secara rutin ya sobat.

Sponsors Link

5. Makan Makanan Sehat

Makanan sehat yang berhubungan dengan kesehatan gigi dan tulang diantaranya keju, sayuran, yogurt, buah buahan segar, ikan, daging, dan telur. Makanan tersebut kaya akan kandungan kalsium dan fosfor yang membuat gigi sehat dan kuat.

Kalsium bekerja untuk membantu dan mempertahankan kepadatan gigi, dengan begitu gigi akan tetap kuat dan terhindar dari gigis. Fosfor menjaga kesehatan pada lapisan gigi. Mengkonsumsi sayuran dan buah buahan secara langsung juga bagus  untuk mencegah gigi gigis karena dapat memicu produksi air liur dan menghasilkan mineral sehingga efektif menghindari pembentukan plak dan mencegah gigi gigis.

ads

6. Buat Makanan Sendiri

Menurut penelitian, gigi gigis terjadi pada 90% anak di usia 3 sd 6 tahun akibat bervariasinya makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh anak pada jaman sekarang, jika tidak diimbangi dengan kesadaran orang tua untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut anaknya, tentu akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Tentukan menu makanan yang terbaik untuk anda, dengan membuat menu makanan sendiri, anda akan mengetahui langsung gizi apa saja yang anda berikan pada si buah hati. cara mengatasi gigi gigis tentu saja berbeda dengan cara mencegah, karena mencegah memang jauh lebih baik sebelum hal – hal buruk terjadi.

7. Lakukan Perawatan Gigi Secara Rutin

cara merawat gigi balita yang rusak yaitu dengan cara menyikat gigi dua kali sehari setiap pagi setelah makan dan malam sebwelum tidur. Ajarkan anak untuk menyikat gigi dengan cara yang benar yaitu memutar mutar dan perlahan. Dengan begitu anak akan terbiasa menyikat gigi rutin sejak kecil.

8. Gunakan Pasta Gigi yang Tepat

Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride yang dapat memberikan kesegaran pada mulut. Pilih juga sikat gigi yang nyaman untuk anak sehingga mencegah iritasi.

9. Gunakan Sealants

Sealant ialah teknik penambalan tanpa rasa sakit dengan tujuan mencegah karies pada gigi tetap. Umumnya dilakukan pada gigi geraham anak sehingga mencegah partikel makanan masuk dan mencegah berbagai masalah kesehatan gigi seperti gigi berlubang dan gigi gigis. Perlu atau tidaknya menggunakan teknik ini anda bisa berkonsultasi langsung ke klinik gigi.

10. Periksa ke Dokter Secara Berkala

Minimal 6 bulan sekali perlu dilakukan pemeriksaan gigi ke dokter atau klinik kesehatan gigi agar diketahui sejauh mana kesehatan gigi anak anda, mendapat solusi atau penanganan menangani secara dini jika terdapat masalah, dan tentunya akan mendapatkan konseling serta tips tips kesehatan seputar gigi yang bermanfaat untuk anak anda ke depannya.

12. Hindari Mencabut Gigi Sebelum Waktunya

Mencabut gigi sebelum waktunya menyebabkan pertumbuhan gigi permanen tidak teratur. Kadang pengganti gigi tidak muncul sama sekali hingga menyebabkan anak menjadi ompong, untuk itu disarankan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi sebelum anda mengambil tindakan tersebut. Gigi yang tumbuh secara tidak teraur akan menyulitkan ketika sikat gigi sehingga beresiko masih ada nya sisa sisa makanan di sela sela gigi.

13. Banyak Minum Air Putih

Air adalah penyusun utama dalam tubuh. Minum air putih sesuai kebutuhan akan menjaga mencegah dehidrasi,menjaga keseimbangan tubuh, dan memberikan stamina. Air putih dapat memicu produksi air liur sehingga terjadi proses pembersihan otomatis pada kuman. Rekomendasi kebutuhan air putih menurut Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi Indonesia yaitu = 0,5 sd 1 th : 800 ml, 1 sd 3 th : 1200 ml, 4 sd 6 th : 1500 ml, 7-9 th : 1900 ml.

Sponsors Link

14. Kurangi Makan Makanan Keras

Cara mencegah gigi gigis pada anak yang terakhir ialah dengan menghindari makanan bertekstur keras. Misalnya ialah kebiasaan menggigit es batu, menggigit permen yang keras, keripik atau biskuit yang keras, dll. Makanan keras menyebabkan kerja mengunyah gigi anak plebih berat dan beresiko meninggalkan sisa makanan di sela sela gigi.

Semoga bermanfaat bagi sobat semua ya artikel kali ini yang membahas mengenai cara mencegah gigi gigis pad anak. Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca dan berkunjung ya sobat. Salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips