10 Cara Mencegah Sakit Gigi yang Perlu Diketahui

Sakit gigi pasti menjadi sebuah hal yang tidak diinginkan. Sakit gigi memang memiliki gejala sakit yang luar biasa, sehingga seseorang yang pernah mengalami sakit gigi tidak ingin merasakannya lagi di masa yang akan datang. Namun sayangnya belum banyak orang yang memahami bagaimana cara mencegah sakit gigi yang benar, sehingga sakit gigi bisa saja terjadi di kemudian hari. Padahal pada dasarnya sakit gigi itu bisa dicegah dengan beberapa cara. Berikut beberapa cara yang dimaksud.

  1. Jaga kebersihan gigi dan rongga mulut

Salah satu hal utama yang perlu dilakukan untuk mencegah sakit gigi adalah dengan selalu menjaga kebersihan gigi dan juga rongga mulut. Cara mencegah sakit gigi ini penting, karena di dalam rongga mulut yang bersih, bakteri penyebab gigi berlubang dan Penyebab Gigi dan Gusi Ngilu tidak akan bisa berkembang dengan baik. Maka dari itu, sakit gigi pun bisa dicegah dengan mudah.

  1. Ketahui cara menyikat gigi yang benar

Lalu bagaimana cara menjaga kebersihan gigi dan rongga mulut yang tepat? Jawabannya adalah dengan mengetahui bagaimana Cara Menyikat Gigi dengan Benar dan tepat. Cara menggosok gigi tidak boleh dilakukan sembarangan, karena semua itu memang ada teknik yang jelas. Selain itu, hindari juga menggosok gigi dengan tergesa-gesa, karena bakteri dan sisa makanan tidak akan bisa terangkat secara sempurna dengan gosok gigi yang tergesa-gesa. Lakukan juga sikat gigi secara rutin minimal 2 kali setiap harinya untuk mengusir bakteri dan mengangkat sisa makanan yang berpeluang dalam pembentukan lubang dan plak di gigi.

  1. Hindari menggunakan tusuk gigi

Mungkin bagi sebagian besar orang, tusuk gigi adalah salah satu benda penyelamat jika di gigi ada sisa makanan yang sulit untuk diambil. Namun, cara ini ternyata malah akan memperparah kondisi gigi berlubang. Apalagi kita tidak pernah tahu apakah tusuk gigi yang digunakan higienis atau tidak. Bisa jadi bakteri dari tusuk gigi malah bisa berpindah dan berkembang biak di gigi. Hal ini bisa memperparah kondisi sakit gigi yang diderita seseorang.

  1. Hindari makanan yang mudah terselip di gigi

Cara mencegah sakit gigi berikutnya adalah dengan menghindari makanan yang mudah terselip di gigi. Beberapa makanan yang dimaksud antara lain permen, coklat, kerupuk, roti, jagung, dan sebagainya. Jikapun Anda memang ingin mengonsumsi makanan tersebut, langsung lakukan proses berkumur dengan air bersih agar sisa makanan tersebut bisa diangkat sesegera mungkin setelah makan.

  1. Menggunakan benang gigi

Untuk membersihkan sisa makanan yang terselip di gigi, gunakan saja benang gigi dan hindari tusuk gigi. Benang gigi akan lebih aman dan cenderung tidak mudah menyebabkan gigi berlubang semakin parah.

  1. Menambal gigi yang berlubang

Cara mencegah sakit gigi berikutnya adalah dengan menambal gigi yang berlubang. Jika Anda memang memiliki Gigi Berlubang Besar, segera lakukan perawatan agar sakit gigi tidak terjadi lagi di kemudian hari. Cara ini akan lebih efektif daripada Anda mencoba mengobati sakit gigi tanpa menambal kembali gigi yang ada.

  1. Sering mengonsumsi buah dan sayuran

Kebanyakan masih belum mengetahui bahwa makanan berupa buah dan sayuran tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, melainkan juga bermanfaat bagi kesehatan gigi dan rongga mulut. Buah dan sayuran merupakan bahan makanan yang bisa membantu memperkecil risiko pembentukan plak atau karang gigi, sehingga bisa mencegah sakit gigi.

  1. Kurangi konsumsi gula

Makanan yang mengandung gula merupakan Makanan yang Menyebabkan Gigi Berlubang yang perlu dihindari. Makanan yang mengandung gula memang bisa memicu kerusakan gigi dengan menyebabkan risiko gigi berlubang meningkat. Jika gigi sudah rusak dan berlubang, maka akan sangat mudah bagi bakteri untuk meradang dan menyebabkan rasa sakit di kemudian hari.

  1. Menggunakan sikat gigi dan pasta gigi yang tepat

Cara mencegah sakit gigi lainnya adalah dengan menggunakan sikat gigi dan juga pasta gigi yang tepat. Sesuaikan bentuk sikat gigi dengan kebutuhan. Demikian pula dengan pasta giginya. Hindari pasta gigi yang mengandung banyak detergen karena bisa merusak gigi. Sebaliknya, gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk mencegah gigi berlubang.

  1. Periksa ke dokter gigi

Jika Anda merasa ada yang salah dengan gigi atau kesehatan rongga mulut Anda, maka jangan pernah ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter gigi. Cara ini bisa dilakukan untuk mencegah sakit gigi dan Jenis Jenis Penyakit Gigi lainnya. Periksa ke dokter gigi juga bisa menjadi cara yang paling aman karena dokter gigi pasti akan memberikan rekomendasi yang tepat.

Demikianlah beberapa cara mencegah sakit gigi yang perlu diketahui dan perlu dilakukan untuk bisa terhindar dari sakit gigi karena gigi berlubang. Selalu jaga kesehatan gigi dan rongga mulut Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.