Sponsors Link

15 Cara Menenangkan Saraf Gigi yang Sakit Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Menjaga kebersihan gigi dan mulut merupakan hal utama dalam mencegah terjadinya kerusakan pada gigi. Dengan disiplin menggosok gigi 2 kali sehari setiap pagi sehabis sarapan dan pada malam hari sebelum tidur dengan cara menyikat gigi dengan benar. Selain itu mengkonsumsi makanan yang menyehatkan gigi dan makanan yang menguatkan gigi juga menghindari makanan yang dapat merusak gigi dapat membantu mencegah munculnya penyakit pada gigi dan mulut.

ads

Jika telah terjadi kerusakan pada gigi seperti gigi susu rusak parah pada balita, gigi hitam pada orang dewasa, gigi keropos dan gigi berlubang yang biasanya akan menimbulkan nyeri dan sakit pada gigi, maka hal tersebut akan mengganggu saraf gigi. Berikut ada beberapa cara menenangkan syaraf gigi yang sakit yang bisa anda lakukan.

  1. Berkumur Dengan Air Hangat

Segera berkumur dengan air hangat dapat membuat rileks saraf gigi, namun pastikan dengan hangat yang cukup dan tidak terlalu panas.

  1. Berkumur Dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam di percaya dapat membunuh bakteri yang ada didalam lubang gigi. Hal ini juga sangat mudah untuk dilakukan.

  1. Berkumur Dengan Obat Kumur Peroksida

Obat kumur peroksida dapat di gunakan untuk membantu menghilangkan bakteri pada gigi yang menyebabkan inflamasi dan menenangkan syaraf gigi.

  1. Menggunakan Cuka Sari Apel

Celupkan bola kapas kedalam cairan cuka sari apel, lalu tempelkan pada gigi berlubang yang sakit untuk beberapa menit. Cuka sari apel memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang merupakan obat alami meredakan sakit gigi. Cuka sari apel dapat menyeimbangkan pH di dalam mulut yang dapat melawan bakteri yang menyebabkan kerusapan pada gigi. Selain itu cuka sari apel juga memiliki asam asetat dan asam malat yang memurnikan dan mendetoksifikasi gigi yang terinfeksi.

  1. Mengunyah permen karet dengan Xylitol

Permen karet yang mengandung xylitol bermanfaat untuk membantu mengatasi rasa sakit karena syaraf gigi terganggu pada kasus gigi sensitif. Permen karet ini juga biasanya tidak berasa manis sehingga aman untuk gigi.

  1. Mengunyah Daun Mint

Mengunyah daun mint pada bagian gigi yang sakit juga dapat meredakan sakit gigi dan me-rilekskan syaraf gigi.

  1. Mengunyah Daun Jambu Biji

Mengunyah beberapa lembar daun jambu biji juga merupakan salah satu cara yang dapat menenangkan syaraf gigi yang terganggu.

Sponsors Link

  1. Menggunakan Minyak Wijen

Minyak wijen bermanfaat mengatasi bakteri yang menyerang syaraf gigi. Caranya dengan mengoleskannya ke bagian gigi yang sakit.

  1. Menggunakan Mentimun

Mentimun tidak hanya enak untuk di jadikan lalapan, tetapi ternyata menggunakan mentimun yang memiliki banyak kandungan air dapat dijadikan sebagai kompres alami yang dapat menenangkan syaraf gigi yang sakit akibat gigi berlubang. Caranya iris mentimun dan tempelkan pada bagian gigi yang sakit.

ads

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya sangat berkhasiat untuk menenangkan syaraf gigi yang sakit akibat gigi sensitif. Caranya adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya pada bagian gigi yang sakit.

  1. Memanfaatkan Baking Soda

Baking soda dikenal sebagai salah satu bahan alami yang bisa mengatasi berbagai masalah pada gigi. Salah satunya adalah masalah plak gigi yang kerap kali menyebabkan syaraf gigi terganggu.

  1. Menggunakan Es Batu

Es batu juga dapat menenangkan syaraf gigi yang sedang sakit. Caranya isi kantong es dengan es batu secukupnya, lalu tempelkan pada pipi tempat gigi yang sakit untuk beberapa saat.

  1. Minyak Oregano

Minyak oregano memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri. Sehingga dapat digunakan untuk menenangkan syaraf gigi yang terganggu akibat sakit gigi. Caranya buat campuran minyak oregano dengan minyak zaitun atau air hangat. Gunakan bola kapas dalam campuran dan tempelkan pada gigi yang sakit.

  1. Menggunakan Tea Tree Oil

Minyak pohon teh atau tea tree oil efektif untu menenangkan saraf gigi yang terganggu dan dapat menjadi obat pereda sakit gigi. Caranya tuangkan beberapa tetes minyak ke dalam segelas air untuk membuat obat kumur.

  1. Mengkonsumsi Obat Pereda Rasa Sakit

Bila gigi berlubang terasa sakit, maka yang terlintas di fikiran kita pertama sekali adalah membeli obat pereda rasa sakit dan menenangkan syaraf gigi. Ada banyak obat pereda rasa sakit yang beredar di pasaran, anda dapat menggunakan beberapa obat yang disarankan seperti parasetamol dan aspirin. Anda dapat simak pada artikel  obat sakit gigi berlubang dan obat sakit gigi kena saraf dan obat sakit gigi paling ampuh.

Jika obat tidak dapat meredakan rasa sakit pada gigi anda, maka ada baiknya anda segera mengunjungi dokter gigi. Dokter akan memeriksa dengan seksama apa yang telah terjadi dengan syaraf gigi anda. Mengambil tindakan untuk menenangkan syaraf gigi anda yang sakit dengan cara dan alat – alat medis yang lengkap.

Cara menenangkan syaraf gigi yang sakit yang telah di jabarkan diatas semoga dapat membantu mengatasi masalah pada gigi anda. Demikianlah artikel singkat ini kami sajikan, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan pada siapapun yang membacanya. Nantikan artikel – artikel informatif kami lainnya seputar gigi dan mulut hanya dari halogigi.com. Tetaplah selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi