Sponsors Link

5 Cara Mengatasi Abses pada Gusi Anak yang Benar

Sponsors Link

Cara mengatasi abses pada gusi anak adalah upaya untuk dapat mengobati keluarnya nanah dari gusi anak-anak anda. Abses gusi pada anak adalah penyakit yang menyebabkan seorang anak menderita pembengkakan gusi berisi nanah yang rasanya sakit juga perih. Sakit abses gusi memang diketahui dapat menyerang siapa saja pada rentang usia mulai dari anak-anak hingga lansia. Anak-anak menjadi salah satu pasien abses gusi yang paling sering ditemukan. Kondisi gusi benjol dan berisi nanah atau yang dikenal dengan nama abses gusi ini diketahui diberi nama sebagai abses gusi.

ads

Abses gusi yang diderita anak-anak khususnya dilatarbelakangi oleh banyaknya kebiasaan buruk dalam menjaga kesehatan gigi yang sering dilakukan dan tidak diperhatikan oleh orang tua. Itulah mengapa penjagaan orang tua terhadap kesehatan gigi dan gusi anaknya menjadi penting. Jadi bagi anda orang tua yang sedang membaca informasi ini, ketahui bahwa abses gusi adalah masalah gigi yang dapat anda cegah terjadi pada anak anda. Jika anda ingin tahu lebih lengkap mengenai hal ini, maka cobalah simak informasi lengkapnya berikut ini.

Masalah pada gusi anak anda yang ditandai dengan munculnya nanah dinamakan sebagai abses gusi. Banyak anak menderita hal ini karena bakteri yang tertinggal di mulut yang kotor. Mulut yang kotor akibat bakteri ini akan menginfeksi gusi dan menghasilkan tumpukan nanah di gusi anda. Jika tidak segera diatas, nanah akan pecah dan menimbulkan masalah yang lebih besar. Akan timbul bau mulut dan banyak masalah lain pada gigi dan gusi anak ini. Jadi cobalah anda melakukan berbagai cara mengatasi abses pada gusi anak anda, sebelum masalah gusi anak anda semakin parah dan membahayakannya.

5 Cara Mengatasi Abses pada Gusi Anak Anda

Seperti dijelaskan sebelumnya, abses dapat juga menyerang gusi anak anda. Anda perlu segera melakukan pertolongan untuk mengatasi abses gusi pada anak anda ini. Jika sebelumnya anda tidak tahu apa cara yang dapat anda gunakan untuk mengatasinya, maka setelah membaca informasi ini diharapkan anda dapat mengetahuinya dan percaya diri untuk menggunakannya. Cobalah anda simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui lebih lengkap apa saja yang harus dilakukan saat anak anda ditemukan menderita abses pada gusi.

  1. Mengeluarkan Nanah dari Gusi ke Dokter Gigi Terpercaya

Cara utama untuk dapat mengatasi abses gigi adalah mengeluarkan nanah tersebut dari dalam gusi. Namun cara ini tidak dapat anda lakukan sendiri. Agar tidak terinfeksi semakin luas, hanya dokter yang dapat melakukan ini. Dokter akan menusuk bagian gusi yang bengkak dan menekan keluar nanah tadi. Lalu setelah semua nanah telah keluar, maka akan dilakukan pengeringan untuk memastikan luka akibat abses tidak menyebar.

  1. Mengonsumsi Antibiotik untuk Abses Gigi

Selanjutnya, anda pun dapat melakukan cara mengatasi abses pada anak ini dengan memberikan konsumsi antibiotik. Akan tetapi, antibiotik tidak boleh dikonsumsi sembarangan tanpa resep dokter. Resep dokter ini pun akan memudahkan anda untuk mengetahui dosis antibiotik yang harus dikonsumsi oleh anak anda. Konsumsi antibiotik untuk abses gigi dan gusi ini pada anak anda akan segera mematikan pembengkakan pada gusi anda. Jadi pastikan untuk mencoba cara yang satu ini dengan sepengetahuan dokter.

Sponsors Link

  1. Menghindari Konsumsi Pantangan Makanan dan Minuman saat Abses Gusi

Diketahui juga bahwa abses gigi pun dapat anda atasi dengan menghindari konsumsi pantangan makanan dan minuman tertentu. Makanan dan minuman saat anda sedang menderita abses gusi ini diketahui tidak boleh terlalu dingin. Pasalnya makanan dan minuman yang terlalu panas atau dingin ini akan menyebabkan gusi anda nyeri dan sakit hingga ke saraf anda. Jadi pastikan untuk menjaga jenis makana yang dikonsumsi oleh anak anda saat sedang absesi.

  1. Menggosok Gigi dengan Sikat Gigi yang Lembut

Cara lain yang dapat anda gunakan untuk mengatasi abses pada gusi anak anda adalah dengan memilih jenis sikat gigi yang tepat. Saat gusi anda sedang bengkak, tentu akan sangat sakit untuk menggosok gigi. Belum lagi resiko sikat gigi yang akan membuat kantong nanah pecah mendadak. Jadi sebaiknya anda tetap meminta anak anda gosok gigi, namun pastikan untuk memilih sikat gigi yang lembut untuk digunakan oleh anak anda sebagai cara mengatasi abses gigi atau gusi.

Sponsors Link

  1. Menggunakan Air Garam Hangat untuk Berkumur

Cara yang terakhir anda dapat lakukan untuk membantu anak anda mengatasi abses gigi yang diderita adalah dengan menggunakan air garam hangat. Siapkan air garam hangat ini dan berkumurlah hingga bersih. Kumur dengan perlahan dan temani anak anda untuk berkumur. Jangan sampai air tadi tertelan, karena air bekas kumuran adalah kotor dan sebaiknya tidak anda gunakan untuk ditelan.

Berikut tadi informasi mengenai apa saja cara mengatasi abses pada gusi anak anda yang perlu anda ketahui. Dengan mengetahui informasi ini, maka anda dapat berjaga-jaga untuk segera melakukannya jika anda menemukan anak anda mengalami abses gusi. Akan lebih baik lagi jika anda tidak membiasakan diri anda lalai dalam menjaga kesehatan gigi anda agar tidak bermasalah dengan bahaya abses gigi dan gusi anak anda. Jadi cobalah untuk membiasakan kebiasaan baik menjaga kesehatan gigi anak anda sejak dini. Gigi anak anda akan menjadi kuat dan sehat menggunakan perawatan yang tepat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi