Sponsors Link

6 Cara Mengatasi Bau Mulut Kronis dengan Mudah

Sponsors Link

Halitosis, umumnya dikenal sebagai bau mulut, adalah kondisi kesehatan yang memalukan yang mempengaruhi sekitar 30% orang di seluruh dunia. Istilah medis tambahan untuk kondisi ini termasuk stomatodysodia, fetor oris, dan ozostomia seperti bau mulut dipagi hari. Terlepas dari istilah yang digunakan, ini adalah kehadiran bau yang berbau busuk yang tampaknya berasal dari rongga mulut.  Meskipun ini adalah sesuatu yang dialami setiap orang pada satu waktu atau lainnya, jika kasus Anda tidak membaik setelah menyikat gigi, flossing, dan membilas mulut dengan obat kumur bebas alkohol, itu mungkin bersifat kronis.

ads

Bau mulut busuk biasanya disebabkan oleh sekelompok anaerobik, bakteri penghasil belerang yang berkembang biak di bawah permukaan lidah dan sering di daerah tenggorokan dan amandel. Istilah “anaerobik” secara harfiah berarti hidup tanpa oksigen, dan faktanya, bakteri ini tidak memerlukan oksigen untuk hidup seperti bau mulut setelah tambal gigi. Mereka terjadi secara alami di lingkungan mulut dan sangat penting karena mereka membantu pencernaan dengan memecah protein menjadi asam amino. Protein umumnya ditemukan dalam makanan, lendir atau dahak, darah, dan jaringan oral yang sakit.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan di rumah untuk mengembangkan cara mengatasi bau mulut kronis tersebut, yaitu:

1. Produk perawatan mulut tingkat lanjut

Gunakan produk perawatan mulut seperti obat kumur dan pasta gigi yang terbukti efektif dalam melawan bau mulut.

2. Perawatan mulut yang tepat

Sikat dan gosok gigi setidaknya dua kali sehari. Pastikan untuk mendapatkan sikat gigi dengan bulu lembut  dan juga menggunakan pasta gigi berfluoride. Penyikatan dan flossing membantu menghilangkan makanan dan plak yang dapat digunakan sebagai sumber bahan bakar oleh bakteri anaerobik yang memproduksi sulfur yang menjadi akar masalah ini.

3. Merangsang aliran air liur Anda

Cegah mulut kering dengan permen karet, tablet hisap, atau permen yang bebas gula. Carilah Xylitol, pemanis non-sukrosa, yang dalam beberapa tahun terakhir telah terbukti memiliki sifat anti-rongga seperti bau mulut padahal sudah gosok gigi

4. Makan buah dan sayuran berserat

Salah satu cara terbaik untuk menghilangkan bakteri di mulut adalah makan apel sehari. Ini membantu melembabkan mulut juga.

5. Gunakan suplemen makanan

Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E, dan Vitamin B efektif membantu tubuh menghilangkan kelebihan lendir dan racun secara alami.

6. Sikat gigi Anda sesekali dengan baking soda

Bakteri yang menyebabkan bau mulut tumbuh subur di lingkungan oral asam. Menyikat gigi dengan baking soda membantu menetralkan kelebihan asam yang ditemukan di rongga mulut. Penting untuk diingat bahwa Anda tidak dapat menghilangkan bakteri dari lidah yang menyebabkan bau mulut.

Akibatnya, menggores atau menyikat lidah adalah obat sementara yang terbaik, dan biasanya membuat frustrasi orang-orang yang percaya lidah menggores atau menyikat lidah adalah solusi permanen. Bakteri yang menyebabkan ini adalah bagian dari flora oral normal Anda dan sangat penting untuk meruntuhkan protein, sebuah langkah kunci dalam pencernaan normal seperti bau mulut saat hamil.

Metode yang lebih sederhana dan terbukti secara klinis untuk mengobati bau mulut adalah mengganggu produksi kimia bakteri dari bau dengan memasukkan senyawa oksigen ke lingkungan mulut Anda. Oksigen adalah musuh alami bakteri yang menyebabkan masalah ini karena bersifat anaerob dan tidak dapat berfungsi dengan adanya oksigen seperti bau mulut pada anak.

Demikianlah yang dapat disampaikan, semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Mulut
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini