Sponsors Link

9 Cara Mengatasi Gigi Berlubang Hitam yang Benar

Sponsors Link

Salah satu keluhan yang kerap kali di keluhkan oleh banyak orang adalah keluhan tentang gigi berlubang. Penyebab terseringnya adalah adanya plak yang merupakan hasil dari tumpukan beragam bakteri yang terjadi akibat sisa makanan, asam dan air liur yag jika anda biarkan akan mengakibatkan kerusakan pada enamel gigi dan akan menjadi gigi berlubang jika terus di biarkan. Adanya keluhan dari rasa nyeri akan sering muncul jika lubang gigi tersebut telah mencapai letak syaraf gigi yang berada di daerah pulpa. Akan terdapat beberapa infeksi penyerta jika gigi berlubang tidak di tangani dengan baik dan benar.

ads

Adanya infeksi di jaringan penyangga gigi, tulang gigi, di daerah gusi dan bakteri juga bisa menyebar di pembuluh darah di sekitar gigi yang akan menyebabkan terjadinya penggumpalan darah yang nantinya bisa berdampak lebih serius seperti stroke dan serangan jantung. Inilah mengapa anda harus mempelajari pentingnya cara mengatasi gigi berlubang hitam. Dimana di dalam artikel ini akan terdapat cara menghilangkan gigi hitam secara alami dengan beberapa metode. Berikut caramengatasi gigi berlubang hitam :

1. Rajin Menggosok Gigi

Cara petama yang biasa di lakukan untuk mengatasi menghilangkan noda hitam pada gigi berlubang adalah dengan rajin menggosok gigi. Seperti yang telah kita ketahui bersama adalah penyebab terjadinya gigi berlubang di karenakan kurangnya kebersihan gigi dan di karenakan kurangnya kebersihan gigi. Noda hitam yang ada di gigi berlubang akan kian menghilang jika anda semakin rajin membersihkan dan menggosok gigi anda.

2. Campuran Lemon dan Baking Soda

Ramuan efektif lainnya yang akan mengatasi neoda hitam di gigi berlubang adalah dengan menggunakan campuran lemon dan baking soda dimana plak di gigi akan rontok dengan mudah. Cara membuat campuran ramuan tersebut tidaklah sulit dimana anda harus mencampur lemon dengan baking soda hingga membentuk campuran pasta dan kemudian diamkan selama 5 menit bersihkan dengan cara berkumur.

3. Menggunakan Kulit Jeruk

Cara berikutnya cara merawat gigi berlubang agar tidak membesar. Dimana cara alami berikutnya yang mengatasi noda hitam yang ada di gigi adalah dengan menggunakan kulit jeruk hingga bisa di manfaatkan dan tidak lagi menjadi sampah dan bisa mendapatkan sedikit manfaat. Penggunaannya juga mudah dan tidak sulit.

Untuk menggunakannyapun sangat mudah dan simple. Caranya yaitu anda gosokan kulit jeruk bagian dalam pada gigi, lakukan secara teratur setiap hari atau ketika anda memiliki waktu luang, maka masalah noda hitam pada gigi akan hilang.

4. Menggunakan Kulit Pisang

Selain menggunkan kulit jeruk, ternyata anda juga bisa menggunakan kulit pisang lo. Dimana kulit pisang akan ampuh dalam mengatasi flek yang menempel pada gigi. Gosokan saja kulit pisang yang anda miliki langsung ke flek hitam di tempat gigi berlubang tersebut agar nantinya bisa membasmi dan menjadi cara membunuh ulat pada gigi berlubang. Karena jika anda rutin melakukannya maka flek pada gigi akan hilang secara perlahan.

5. Penggunaan Arang Kayu

Cara berikutnya yang juga ampuh dalam cara memperbaiki gigi berlubang di depan adalah dengan menggunakan cara arang kayu. Karena arang kayu juga akan mudah dalam menghilangkan plat hitam di gigi. Arang kayu juga sering di gunakan banyak orang zaman dahulu untuk membersihkan gigi agar nantinya gigi bisa menjadi putih. Namun, anda juga jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan arang kayu, ya. Karena email gigi akan cepat rusak jika anda menggunkan arang kayu secara berlebihan.

Sponsors Link

6. Memakan Buah Stroberry

Anda juga bisa mengatasi gigi berlubang hitam dengan menggunakan cara menutup gigi berlubang secara alami.  Salah satu cara adalah dengan rutin mengkonsumsi strawberry. Maka gigi anda akan terbebas dari segala jenis penyakit gigi berlubang.

7. Gunakan Air Garam Hangat

Anda bisa menggunakan air garam yang di seduh dengan air hangat ketika mengalami nyeri saat gigi anda berlubang dan merupakan salah satu cara mengatasi gigi berlubang hitam yang sering di gunakan. Rasa nyeri yang timbul akibat iritasi dari gigi berlubang akan mereda ketika anda menggunakan air garam. Anda hanya perlu berkumur kumur dengan air garam agar gigi kembali normal dan tidak lagi nyeri. Air garam juga ampuh untuk membunuh bakteri yang berkembang biak di jarigan gigi yang berlubang.

8. Hindari Memakan Makanan Panas Maupun Dingin

Gigi yang berlubang akan lebih mudah sensitif terhadap respon makanan yang panas maupun makan yang dingin. Untuk itu salah satu cara efektif dalam mengatasi gigi berlubang adalah dengan menghindari makanan yang terlalu dingin dan terlalu panas karena kerusakan gigi akan menjadi parah jika anda memaksakan meminum dan mengkonsumsi makanan tersebut. bahkan lubang gigi yang terjadi akan makin berlubang jika anda mengkonsumsi makanan yang panas maupun makanan dingin. dan nantinya gusi anda akan menjadi lukan dan infeksi gigi berlubang tersebut akan semakin parah. Oleh karena itu jangan memaksakan mengkonsumsi makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin tersebut. 

Sponsors Link

9. Tindakan Yang Harus Dilakukan Jika Gigi Anda Berlubang Hitam

Tindakan yang perlu anda lakukan ketika mengalami gigi berlubang hitam adalah :

  • Mengkonsumsi multivitamin yang nantinya bisa membantu dalam penyerapan kalsium dan juga membantu dalam mengokohkan dan menguatkan gigi anda yang berlubang.
  • Gunakan juga serangkaian pasta gigi khusus untuk mengatasi gigi berlubang yang mengandung enzim flouride yang akan membantu dalam pencegahan pembesaran lubang yang terjadi di dalam gigi dan lapisan email gigi anda.
  • Lakukan penyikatan gigi secara perlahan dari bagian atas ke bagian bawah menggunakan pasta gigi dan sikat gigi yang lembut. Lakukan penyikatan gigi selama 2 x setiap harinya yaitu setelah sarapan pagi dan sebelum anda tidur di malam hari.
  • Agar rasa ngilu bisa teratasi maka anda harus mengurangi engkonsumsi asam maupun minuman manis lainnya.
  • Agar anda bisa menjangkau gigi di bagian terdalam maka anda bisa menggunakan pasta gigi untuk anak-anak yang berukuran lebih kecil.

Demikianlah cara dan tahapan yang bisa anda lakukan untuk mengatasi gigi berlubang yang hitam. Ketika lubang di gigi anda makin membesar dan gigi kian keropos juga rasa ngilu yang makin menjadi maka sebaiknya anda melakukan konsultasi pada dotkter dan tim medis lainnya. Dokter dan tim medis lainnya akan melakukan diagnosis secara menyeluruh ketika melakukan pemeriksaan dan nantinya akan memberikan penanganan yang tepat seperti melakukan penambalan pada gigi yang terlanjur rusak dan berlubang tersebut.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini