Sponsors Link

Cara Mengatasi Gigi Bertumpuk dengan Cepat dan Super Ampuh

Sponsors Link

Kasus permasalahan gigi bertumpuk semakin ramai dialami beberapa orang. Biasanya, penderitanya adalah anak-anak.  Gigi anak memiliki masa transisi ketika pergantian antara gigi susu dan gigi tetap, sewajarnya orang tua harus tahu perbedaan gigi susu dan gigi tetap, agar lebih tahu tentang perkembangan gigi anak.

ads

Pernah mendengar bahwa jenis dan tekstur makanan sekarang ini tidak sepadat dan sekasar di masa lampau, sehingga kurang stimulasi pada rahang untuk bertumbuh. Pengenalan makanan padat pada anak juga lebih lambat dibandingkan masa lalu. Faktor keturunan juga memegang peranan dalam kasus maloklusi atau gigi bertumpuk ini.

Perhatian orang tua untuk membimbing anaknya dan memberikannya pengertian tentang perawatan ini, sangat dibutuhkan. Karena dalam kasus ini, dokter gigi tidak mungkin bertindak sendiri melainkan membutuhkan bantuan orang tua.  Bahkan jika perlu carilah dokter spesialis gigi yang khusus anak. Ada cara merapikan gigi secara alami dan ada juga yang dilakukan dengan tidak alami misalnya dengan memotong gigi agar rapi, dan lain-lain. Jika anda menemui dokter gigi, akan ada beberapa opsi yang mungkin ditawarkan untuk mengatasi gigi yang bertumpuk, diantaranya seperti di bawah ini:

Cara Mengatasi Gigi Bertumpuk

  1. Dengan cara penggunaan Palatal Expander

Bagi penderita gigi bertumpuk yang disebabkan oleh sempitnya rahang, alat ini akan membantu dokter gigi untuk mengatasinya. Alat yang digunakan untuk melebarkan pada rahang atau yang biasa nya disebut dengan pelebar ortodoniti dimana alat ini memiliki fungsi untuk melebarkan rahang anda pada bagian atas sehingga jika bagian rahang atas dan bawah memiliki hubungan dengan baik maka akan mudah.

Palatal Expander ini juga bisa diputar dengan menggunakan kunci yaitu untuk melebarkan rahang yang diinginkan, dimana alat ini juga memiliki sekrup yang berfungsi untuk menghubungkan antara gigi dengan karet. Palatal Expander ini merupakan salah satu solusi yang paling ampuh dan bagus dimana alat ini sangat bagus untuk dijadikan salah satu cara mengatasi gigi yang bertumpuk, selain itu juga akan memberikan ruang agar gigi bisa bergerak sesuai dengan kebutuhan.

Gigi yang baru tumbuh kemudian memiliki potensi bertumpuk, dapat langsung diatasi menggunakan alat ini. Karena berhubungan dengan pelebaran tulang, maka alat ini tidak bisa digunakan oleh orang dewasa. Usia maksimum anak yang dapat menggunakan alat ini ialah 15 tahu sebab tulang rahang bagian atas masih memungkinkan untuk dibentuk.

Jika anda memutuskan untuk menggunakan alat ini di dokter gigi, harga perawatan disesuaikan dengan lama waktu perawatan yang dibutuhkan dalam memperbaiki masalah gigi bertumpuk. Cara penggunaannya adalah dengan meletakkan sekrupnya pada dua sisi gigi kiri dan kanan. Kemudian, di tengah ada pengatur lebar yang dapat di putar. Dengan begiru, alat ini sedikit demi sedikit akan mendorong rahang supaya memiliki bentuk yang lebih lebar dan memberi ruang bagi gigi untuk tumbuh lebih rapi.

  1. Dengan cara penggunaan kawat gigi lingual

Seperti kawat gigi / behel pada umumnya, kawat gigi lingual dibuat sesuai dengan bentuk lengkung tatanan gigi di mulut kita. Selain itu, kawat gigi lingual ini juga menggunakan cara yang sama dengan kawat gigi biasa dalam merapikan gigi. Yakni mengencangkan dan merapikan gigi dalam beberapa tahap dan biasanya digunakan dari 6 sampai 24 bulan bergantung dari tingkat sulit tidaknya perawatan.

Sponsors Link

Cara mengatasi gigi bertumpuk mengunakan alat ini ialah dengan memakainya di bagian belakang gigi. Kemudian sedikit demi sedkiti alat ini akan merapikan gigi melalui tekanan lembut. Untuk alat yan satu ini, anak yang sudah terlanjur memiliki gigi bertumpuk yang parah dan sudah berusia minimal di ata 10 tahunpun bisa diatasi. Dengan menggunakan alat ini, anda atau anak anda tidak akan terlihat sedang menggunakan kawat, karena letaknya yang berada di belakang gigi.

  1. Dengan cara penggunaan Clear Aligner

Clear aligner atau cetakan gigi berwujud transparan ini merupakan jenis kawat gigi yang lebih kencang dan bisa dibuat sesuai dengan pesanan penderita. Jenis kawat gigi ini sangat mudah melekat pada gigi dan secara bertahap akan merapikan gigi bertumpuk. Alat merapikan gigi bertumpuk ini sangat baik digunakan oleh orang dewasa dimana tahap perkembangan rahang sudah berhenti. 

ads

Pada umunya, clear aligner pada penderita gigi bertumpuk yang berada dalam tingkatan ringan dan sedang. Jenis perawatan ini biasanya membutuhkan waktu dari 10 sampai 24 bulan, dan dengan biaya yang tidak sedikit. Keuntungan dari clear aligner adalah mudah untuk dilepas dan dibersihkan sehingga kesehatan mulut bisa dijaga dengan baik.

  1. Dengan cara penggunaan Retainer

Nama lain alat yang satu ini ialah kawat lepasan, Retainer terdiri dari dua jenis kawat. Retainer permanen dan Retainer tidak permanen (bisa dilepas). Cara mengatasi gigi bertumpuk menggunakan alat ini ialah dengan menggunakannya di bagian atas serta bawah mulut guna menguatkan serta mengatur bentuk gigi yang bertumpuk. Biasanya alat ini digunakan dengan maksud agar posisi gigi setelah melakukan perawatan gigi dapat tetap pada posisinya atau tidak berubah lagi.

  1. Dengan cara penggunaan Ortodonti Lepasan

Ortondonti Lepasan merupakan salah satu jenis perawatan gigi bertumpuk yang dapat anda lakukana sendiri di rumah tanpa perlu bantuan seorang dokter, namun dalam pembuatannya anda masih membutuhkan dokterigi atau ahli gigi. Ortondonti lepasan ini memiliki fungsi untuk menggeser posisi gigi agar bisa menuju ke tempat yang seharusnya dengan maksud agar gigi lebih rata.

Cara mengatasi gigi bertumpuk dengan alat ini sangta mudah. Tinggal anda gunakan di bagian depan gigi anda. Cara kerjanya, alat ini akan menarik gii yang bertumbuk guna menatanya agar rapi. Pengunaan alat ini perlu wktu lama untuk melihat hasilnya.

Cara lain yang dapat ditempuh selain cara diatas ialah dengan pengurangan ukuran gigi susunya untuk mengakomodasi ruangan gigi tetap yang kurang, pencabutan gigi susu secara bertahap, dan pemakaian alat-alat tertentu (ekspansi) yang membantu meningkatkan pertumbuhan rahang seperti pada penjelasan di atas.

Ada baiknya jika untuk mengatasi gigi bertumpuk pada anak menunggu sampai seluruh gigi tetap anak sudah muncul, biasanya pada usia 12 – 14 tahun. Diusianya yang sudah 12-14 tahun, umumnya anak sudah memperhatikan dirinya dan termotivasi untuk memperbaiki penampilan, sehingga lebih kooperatif dan bertanggung-jawab dalam memelihara kebersihan gigi dan alat ortodonsianya. Selain itu, orang tua perlu tahu bahwa ada cara merawat gigi bayi yang baru tumbuh, sehingga kemungkinan-kemungkinan lain terkait masalah gigi pada anak anda dapat diminimalisir.

Sponsors Link

Apapun perawatan yang dipilih untuknya bagi permasalahan yang diderita anak, tentunya perlu mempertimbangkan kooperatif-tidaknya anak dan kesiapan anak. Maka dari itu untuk kasus yang terjadi pada anak, peran orang tua masih sangat dibutuhkan demi lancarnya pelaksanaan tindakan dan untuk membantu dokter gigi.

Beruntunglah anda yang anaknya memiliki gigi sehat dan terhindar dari masalah gigi bertumpuk. Namun ada baiknya jika anda melatih anak anda hidup sehat demi kesehetan giginya kelak, misalnya dengan memberinya pengetahuan tentang pentingnya menggosok gigi, makanan yang dapat merusak gigi anak, dan membiasakannya makan makanan yang menyehatkan gigi.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini