Sponsors Link

Penyebab – Tanda dan Cara Mengatasi Gigi Hitam

Sponsors Link

Memiliki gigi putih bersih tentu menjadi impian banyak orang baik anak anak atau orang dewasa serta pria atau wanita. Namun sayangnya, berbagai jenis makanan, perawatan gigi yang tidak teratur, penggunaan obat obatan hingga kebiasaan buruk membuat warna gigi berubah dari waktu ke waktu dan juga timbul jenis jenis penyakit gigi. Lalu, apa saja sebenarnya penyebab dari gigi yang menghitam dan bagaimana cara mengatasi gigi hitam tersebut?, temukan jawabannya dalam artikel yang akan kami berikan berikut ini.

ads

Penyebab Gigi Hitam

Ada begitu banyak hal yang bisa menyebabkan warna gigi semakin lama semakin berubah dan mulai terlihat menghitam. Faktor tersebut terbagi menjadi dua bagian yakni faktor dalam atau intrinsik dan juga luar gigi atau ekstrinsik. Beberapa faktor penyebab gigi menghitam dari luar atau ekstrinsik diantaranya adalah:

  • Kerusakan pada enamel gigi
  • Timbul karang gigi
  • Kerusakan yang terjadi pada lapisan gigi
  • Terlalu banyak mengkonsumsi sesuatu yang berwarna gelap seperti kopi
  • Minum obat obatan tertentu seperti antibiotik tetracycline dan juga doxycycline
  • Memakai pasta gigi atau obat kumur tertentu seperti cetylpyridinum chloride dan chlorhexidine
  • Mempunyai tambalan gigi dari perak sulfida
  • Memakai tembakau seperti merokok atau mengunyah tembakau karena pengaruh rokok pada gigi bisa membuat gigi bernoda.

Sedangkan untuk penyebab gigi hitam dari dalam atau intrinsik terjadi karena pembusukan jaringan gigi. Sebagai contoh, infeksi pulpa atau gigi mati yang semakin lama juga bisa berubah warna menjadi hitam. Warna hitam pada gigi biasanya akan terlihat seperti titik yang kemudian bisa menutupi seluruh bagian gigi jika tidak segera ditangani dengan baik.

Tanda dan Gejala Gigi Hitam

Pada awalnya, gigi hitam akan terlihat seperti bintik pada gigi dengan warna agak coklat atau abu abu. Nantinya bintik pada gigi tersebut akan semakin berkembang dan meluas dalam jangka waktu tertentu. Untuk itulah jika anda melihat bintik hitam pada gigi yang tidak wajar dan tidak seharusnya, maka sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter gigi sebelum tambah meluas.

Untuk kasus gigi menghitam karena tartar, umumnya akan terlihat area menghitam di bagian atas gigi tepat di bawah garis gusi yang umumnya dialami anak anak. Gigi yang menghitam semakin lama akan menyebar dan berkembang menjadi lubang. Jika sudah begini, maka email gigi sudah hancur di area gigi tersebut.

Cara Mengatasi Gigi Hitam

Untuk cara memutihkan gigi hitam berlubang biasanya akan dilakukan berdasarkan dengan penyebab gigi hitam tersebut. Apabila disebabkan karena tartar atau plak pada gigi, maka dokter akan menghapus karang gigi tersebut dengan memakai alat khusus. Alat ini nantinya akan memakai alat mengikis plak dan karang gigi. Namun jika karang sudah keras, maka dokter juga akan memakai alat getar khusus agar bisa menghancurkan karang keras bernama instrumen ultrasonik tersebut.

Namun jika gigi hitam disebabkan karena pembusukan dalam gigi, maka cara mengatasi hitam ditengah yang akan diberikan tergantung dari tingkat pembusukan gigi dan dokter bisa menghilangkan pembusukan dengan cara mengisi lubang pada gigi. Namun jika pembusukan sudah sampai ke dentin atau bagian dalam email gigi, maka mahkota gigi yakni penutup yang memiliki bentuk seperti gigi dan diletakkan di atas bagian gigi yang sudah membusuk. Sedangkan dalam kasus yang lebih berat, cara mengatasi gigi hitam yang tidak lagi bisa diperbaiki maka akan direkomendasikan untuk menghilangkan gigi tersebut. 

Sponsors Link

Pencegahan Gigi Hitam

Ada beberapa cara mudah yang sebenarnya bisa dilakukan untuk mencegah masalah gigi hitam. Beberapa hal yang bisa anda lakukan diantaranya adalah:

  • Mmeriksakan gigi dengan teratur ke dokter gigi
  • Menyikat gigi sebanyak 2 kali sehari memakai pasta gigi yang mengandung fluoride dan menggunakan cara menyikat gigi dengan benar
  • Menggunakan benang atau flossing gigi sebanyak 1 kali sehari
  • Mengurangi makanan atau minuman yang mengandung gula
  • Mengurangi beberapa minuman seperti teh hitam, kopi, anggur merah dan soda.
  • Tidak merokok atau mengunyah tembakau yang semuanya bisa membuat gigi terlihat semakin hitam.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi