Sponsors Link

16 Cara Mengatasi Gigi Ngilu dengan Cepat Secara Alami

Sponsors Link

GIGI NGILUBagi anda pasti sudah pernah merasakan gigi ngilu saat anda mengkonsumsi makanan yang dingin seperti es atau pada saat menggosok gigi. Itu artinya gigi anda merupakan gigi yang sangat sensitif dengan makanan atau minuman yang anda konsumsi.

ads

Gigi yang ngilu saat digunakan makan atau minuman yang dingin bisa disebut dengan gigi sensitif, sehingga gigi sensitif akan membuat aktivitas anda sehari hari terganggu karena rasa ngilu dan menyakitkan.

Untuk itu, bagaimana cara mengobati gigi sensitif ? Mengobati gigi yang sensitif memang susah akan tetapi ada beberapa cara yang paling mudah dan bisa anda lakukan dengan mengikuti cara mengatasi gigi ngilu di bawah ini untuk menghilangkan rasa ngilu yang muncul pada saat mengkonsumsi makanan.

Baca juga :

Cara mengatasi gigi ngilu

Dengan cara melakukan pemeriksaan gigi ke dokter gigi merupakan langkah yang pertama dan tepat untuk anda lakukan. Akan tetapi untuk mengunjungi dokter gigi membutuhkan biaya konsultasi dokter gigi, karena dokter yang anda kunjungi akan memeriksa gigi anda dan akan mendeteksi penyebab ngilu, riwayat dan gejala dari yang anda sampaikan. Berikut ini beberapa solusi yang akan anda dapatkan dari dokter :

1. Pasta Gigi

Dengan menggunakan pasta gigi yang khusus untuk gigi sensitif karena dalam penggunaan pasta gigi yang tepat akan bermanfaat sekali dan bisa menghilangkan rasa ngilu yang anda rasakan. Pasta gigi yang hanya di khusus kan untuk gigi ngilu ini memiliki kandungan :

  • Hydroxyapatite (HAP)
  • Potassium Citrate
  • Sodium Monofluorophospate

Dengan adanya kandungan di atas maka akan sangat membantu anda untuk mengurangi rasa ngilu yang timbul di gigi anda saat anda meminum minuman yang dingin. Baca juga : Tips Memutihkan Gigi

2. Flouride

Pada saat anda mengunjungi dokter gigi anda maka dokter gigi anda akan mengolesi gigi anda yang sering mengalami sensitif dengan menggunakan flouride dan juga akan memberikan anda resep agar bisa di gunakan dirumah dengan sendiri, flouride yang akan anda gunakan nantinya akan membuat email gigi anda kuat sehingga bisa meredakan rasa ngilu yang anda rasakan.

3. Mengikat dan Menebalkan

Dokter gigi anda akan mengikat atau menebalkan permukaan akar gigi anda yang ngilu dengan menggunakan lapisan pengikat atau di sebut dengan bonding resin yang akan diaplikasikan pada akar gigi anda yang ngilu. Dalam tindakan medis ini anda tidak perlu takut karena setiap dokter akan melakukan tindakan dengan menggunakan bius lokal pada pasiennya. Baca juga : Cara Mengatasi Gigi Goyang

4. Bedah Gusi

Selain tindakan yang di atas maka ada juga tindakan bedah gusi, maka akar gigi anda yang ngilu atau yang sudah kehilangan lapisan gusi sehingga gigi anda akan terasa ngilu. Solusi yang di berikan oleh dokter ini bisa dilakukan dengan menggunakan pengambilan gusi dari bagian yang lainnya dan kemudian gusi yang telah di ambil tersebut akan di pasangkan di tempat yang hilang tadi. Baca juga : Jenis Bahan Tambal Gigi

Sponsors Link

5. Saluran Akar (Root Canal)

Beberapa solusi yang sudah di jelaskan di atas maka ini merupakan solusi yang bisa ditangani yaitu dokter akan melakukan perawatan pulpa gigi yang ngilu. Akan tetapi cara ini merupakan cara yang paling berdampak bisa dilakukan apabila berbagai macam solusi yang lainnya tidak berhasil atau tidak bisa bekerja dengan efektif karena rasa nyeri dan ngilu masih sering anda rasakan.

Baca juga :

Selain yang telah di jelaskan di atas maka di bawah ini akan di berikan beberapa solusi yang tanpa mengeluarkan biaya yang besar dan tidak harus mengunjungi dokter gigi :

6. Mengurangi Makanan Asam

Rasa ngilu di gigi sering terjadi atau timbul ketika anda mengkonsumsi makanan yang dingin akan tetapi selain makanan yang dingin, makanan asam juga bisa menimbulkan rasa ngilu yang hebat pada gigi anda. Oleh karena itu sebaiknya anda mengurangi atau meninggalkan makanan yang memiliki rasa asam. Karena jika anda masih mengkonsumsi makanan yang asam akan menyebabkan rasa ngilu pada gigi anda akan timbul kembali, akan tetapi jika anda mengurangi atau meninggalkan makanan asam maka rasa ngilu tersebut akan berkurang dan hilang.

Baca juga :

7. Mengurangi Jumlah Mengunyah Makanan Asam

Apabila anda tidak bisa mengurangi dan meninggalkan makanan yang memiliki rasa asam maka juga anda solusinya yaitu anda jangan terlalu lama mengunyah makanan yang memiliki rasa asam. Jika anda hanya mengunyah dalam waktu yang sebentar maka akan mengurangi rasa ngilu pada gigi anda.

8. Sikat Gigi

Bagi anda yang sudah memiliki gigi ngilu maka sebaiknya anda hati hati dan lebih teliti lagi dalam menggunakan sikat gigi, dengan menggunakan sikat gigi yang tepat untuk gigi sensitif yaitu seperti sikat gigi yang memiliki bagian ujung kepala yang kecil, berbentuk bulat dan juga memiliki bulu sikat yang lembut. Anda bisa menggosok gigi anda dari gusi ke gigi dengan cara yang lembut agar gusi anda tidak terluka, gusi yang terluka akan menimbulkan gusi berdarah dan menyebabkan penurunan gusi.

ads

9. Menghindari Menggertak Gigi

Bagi anda yang memiliki kebiasaan buruk seperti menggertakkan gigi maka anda harus bisa menghindarinya, terutama saat anda sedang tidur maka anda harus segera menghentikannya karena hal ini yang membuat gigi anda ngilu. Apabila anda merasa sulit untuk menghindarinya karena pada saat anda tidur memang tidak terasa kalau anda sedang menggertakkan gigi, maka anda bisa berkonsultasi dengan dokter gigi anda agar dokter gigi membuatkan anda occlusal spilt yang akan digunakan untuk melindungi gigi anda yang disebabkan oleh gesekan non fungsional yang terjadi pada malam hari.

Baca juga :

10. Menghindari Sikat Gigi setelah Makan Asam

Apabila anda habis mengkonsumsi makanan yang memiliki rasa asam maka tidak dianjurkan langsung sikat gigi. Anda harus mengatur waktu dalam menggosok gigi seperti 1 atau 2 jam sebelum menggosok gigi.

11. Minyak Cengkeh

Pengobatan rasa ngilu digigi dengan cara tradisional seperti menggunakan minyak cengkeh ini merupakan cara yang sangat ampuh. Gigi ngilu yang di sebabkan karena gigi berlubang atau karena makanan yang anda konsumsi, dengan menggunakan minyak cengkeh ini yang memiliki kandungan anti oksida sehingga akan membasmi kuman yang berada di dalam gigi anda. Rasa minyak cengkeh ini tawar dan bisa di konsumsi bagi anda yang sering merasakan ngilu di gigi anda.

12. Susu Sapi 

Siapa sih yang tidak tahu atau belum pernah merasakan susu sapi ? pasti anda semua sudah pernah mengkonsumsi nya. Karena susu sapi ini mudah di dapatkan dengan harga yang terjangkau, selain itu susu sapi ini juga sangat bagus dan sangat berfungsi bagi kesehatan dan pertumbuhan. Dan harus anda ketahui juga bahwa susu sapi murni ini bisa menstabilkan ion fosfat, kalsium, flouride yang bisa memperbaiki kerusakan email gigi anda.

Perlu diketahui juga bahwa gigi bisa ngilu karena email gigi yang terkikis sehingga dengan mengkonsumsi satu gelas susu sapi murni sebelum tidur pada saat malam hari maka akan membantu memperbaiki email gigi yang terkikis dan rusak. Akan tetapi anda juga harus menghindari susu sapi yang kemasan karena susu sapi yang sudah dikemas berbeda dengan susu sapi murni, susu sapi yang kemasan sudah di tambahkan dengan pemanis buatan sehingga akan membuat gigi anda berlubang.

13. Es Batu

Memiliki gigi yang sensitif memang tidak di anjurkan untuk mengkonsumsi minuman yang dingin karena akan membuat gigi anda yang sensitif menjadi sakit, akan tetapi es batu ini juga bisa menghilangkan rasa  sakit yang timbul dengan cara mengkompres menggunakan es batu. Rasa dingin yang timbul dari es batu ini akan membius saraf dengan cara yang alami sehingga saraf pada gusi anda akan tebal dan rasa ngilu yang timbul akan menghilang.

Bagi anda yang bingung bagaimana cara mengkompres gigi dengan menggunakan es batu. Anda bisa menggunakan handuk kecil, es batu bisa anda gulungkan dengan handuk kecil kemudian tempel kan di pipi anda yang dekat dengan gigi anda yang ngilu. Akan tetapi cara ini hanya sementara dan anda bisa mencari solusi dengan cara yang lain.

14. Air Garam 

Air garam yang bisa anda gunakan sebagai obat kumur ini merupakan cara yang sangat ampuh untuk meredakan rasa ngilu yang timbul pada gigi anda. Selain itu kandungan yang ada di dalam garam bisa membasmi semua kuman yang ada di gigi anda. Anda bisa menambahkan beberapa sendok kedalam air hangat kemudian setelah larut bisa langsung anda gunakan sebagai obat kumur dalam beberapa menit akan tetapi jangan sampai air garam tersebut tertelan. Baca Juga : Bahaya Obat Kumur

15. Bawang Merah dan Bawang Putih

Cara untuk menghilangkan rasa ngilu yang terjadi merupakan cara yang sangat sulit, dengan menggunakan cara ini merupakan cara yang sangat ekstrim karena anda mengunyah bawang merah dan bawang putih yang masih mentah secara bersamaan dengan menggunakan gigi anda yang sering ngilu. Bawang merah dan bawang putih memang memiliki rasa yang tidak enak saat dikonsumsi mentah akan tetapi cairan yang di keluarkan oleh bawang merah dan bawang putih sangat ampuh untuk membasmi semua bakteri yang menyebabkan gigi anda ngilu.

Sponsors Link

16. Mengurangi Minuman Bersoda

Selain harus menghindari makanan yang asam maka anda juga harus menghindari minuman yang bersoda karena minuman yang bersoda juga memiliki rasa yang asam, karena minuman yang bersoda ini bisa mengikiskan email gigi anda, jadi bagi anda yang memiliki gigi ngilu sangat di wajibkan untuk menghindari minuman bersoda ini.

Penjelasan di atas merupakan cara mengatasi gigi ngilu yang bisa anda lakukan untuk mengurangi dan menghindari rasa ngilu yang sering terjadi atau sering timbul saat anda mengkonsumsi makanan.

Menjaga Kesehatan Gigi

Kesehatan gigi yang memang harus benar – benar di jaga dengan melakukan beberapa perawatan dan menjaga kebersihannya. Terutama jika gigi anda sudah sensitif, maka bagi anda yang belum memiliki gigi sensitif sebaiknya anda mencegah beberapa hal yang membuat gigi sensitif, anda bisa melakukan cara seperti yang akan di jelaskan di bawah ini :

  • Menjaga kebersihan gigi dan menjaga kesehatan gigi dengan menggosok gigi minimal 2 kali sehari dan menggunakan sikat gigi yang benar yaitu sikat gigi yang memiliki bulu yang lembut dan menggunakan pasta gigi berflouride.
  • Menghindari menggosok gigi yang terlalu sering
  • Menggosok gigi dengan perlahan agar gusi tidak berdarah
  • Tidak mengasah gigi karena bisa membuat gigi anda retak dan bisa menimbulkan gigi sensitif
  • Menghindari dan mengurangi makanan yang asam seperti hal nya minuman bersoda, yougurt dan jeruk sitrus karena minuman yang memiliki rasa asam akan mengikis email gigi dan menyebabkan gigi linu.
  • Minum air mineral
  • Menghindari sikat gigi setelah mengkonsumsi makanan yang berasa asam.

Berikut adalah bagaimana cara mengatasi gigi ngilu dan cara menjaga kesehatan gigi agar tidak linu. Dengan cara medis dan cara alami yang bisa anda lakukan di rumah, jika anda melakukan dengan cara yang alami maka tidak akan menimbulkan efek samping dan anda hanya memerlukan biaya yang murah bahkan bisa anda dapatkan di dapur anda. Tetapi jika anda ingin cepat sembuh maka anda juga bisa mengunjungi dokter gigi anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini