Sponsors Link

10 Cara Mengatasi Gigi Ngilu Karena Behel Secara Alami dan Medis

Sponsors Link

Memiliki susunan gigi yang tidak beraturan seringkali membuat anda kurang percaya diri. Cara merapikan gigi yang tidak beraturan dapat dilakukan dengan pemakaian kawat gigi atau behel. Penggunaan kawat gigi atau behel memang dapat merubah susunan gigi menjadi lebih sejajar dan terlihat lebih rapi.

ads

Tidak sedikit dari anda yang memutuskan untuk menggunakan kawat gigi sebagai solusi untuk perapian gigi yang lebih efektif. Selain manfaat behel gigi, pemakaiannya seringkali menimbulkan masalah tersendiri bagi penggunanya. Rasa kurang nyaman atau bahkan ngilu pada area gigi sering menjadi keluhannya, apalagi diawal pemakaiannya.

Penyebab gigi dan gusi ngilu tentu sangat wajar, biasanya rasa ngilu akan terjadi 1 – 2 hari pemakaian pertama. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan gigi ngilu karena behel. Sebelum mengulas cara mengatasi gigi ngilu karena behel. Berikut ada beberapa penyebab gigi ngilu karena behel yang dapat anda ketahui terlebih dahulu.

Penyebab Gigi Ngilu Karena Behel

  1. Penekanan struktur gigi yang disebabkan oleh penggunaan kawat.
  2. Terjadinya adaptasi pada jaringan di sekitar area gigi.
  3. Perawatan yang salah, terutama saat membersihkan bagian gigi dengan cara merawat gigi behel.
  4. Pengkonsumsian makanan penyebab gigi ngilu, seperti makanan yang kasar, lengket, dan sebagainya.
  5. Pemakaian karet gigi yang kurang tepat.

Secara Alami

  1. Gunakan Sikat dan Pasta Gigi Khusus Untuk Behel

Penggunaan sikat dan pasta gigi untuk gigi behel tentu berbeda dengan sikat dan pasta yang biasa anda gunakan sehar-hari. Untuk mencegah rasa ngilu yang berlebih di awal pemakaian pertama, maka dapat menggunakan sikat dan pasta gigi khusus untuk gigi behel.  Anda dapat memilih sikat gigi dengan bulu yang halus. Selain itu pasta gigi khusus untuk gigi behel saat ini dapat dengan mudah untuk kamu temui di berbagai toko atau supermarket. Khusus untuk anda yang sedang hamil, maka pasta gigi untuk ibu hamil menjadi solusi terbaik.

  1. Pilih Makanan yang Bersifat Lunak Diawal Pemakaian

Setelah memutuskan untuk memasang kawat gigi, maka anda juga harus siap dengan makan-makanan yang tidak biasa anda makan setiap hari. Karena bisa jadi rasa nyeri akan terjadi di 24 – 72 jam setelah pemasangannya. Untuk mengatasi rasa ngilu, maka cobalah untuk memilih makanan yang bersifat lunak. Usahakan agar gigi tidak terlalu banyak menguyah. Anda dapat memilih makanan yang menyehatkan gigi dan makanan yang menguatkan gigi.

  1. Hindari Makanan yang Dapat Menempel Pada Kawat Behel

Pada penggunaan kawat gigi ada beberapa makanan yang harus anda hindari. Misalnya saja seperti makanan yang dapat menempel pada kawat gigi. Hindari makanan seperti cokelat, daging, kripik, atau makan-makanan lengket lainnya. Hal ini untuk menjaga kualitas kawat serta menghindari terjadinya iritasi pada area pemasangan. Selain itu, hindari beberapa makanan yang membuat gigi kuning untuk diganti dengan makanan yang memutihkan gigi.

Sponsors Link

  1. Jangan Makan atau Minum dengan Rasa Asam

Selain menghindari makanan yang bersifat keras dan dapat menempel pada bagian gigi yang dikawat. Makanan atau minuman yang bersifat asam pun juga harus kamu hindari. Rasa asam justru akan memperparah gigi ngilu akibat pemasangan kawat gigi. Selain itu apabila terjadi iritasi atau luka di area sekitar mulut, maka justru akan terjadi lebih parah lagi. Hindari makanan yang dapat merusak gigi dan minumannya untuk mengurangi ngilu akibat pemasangan behel.

  1. Makan Es Batu Untuk Mengurangi Rasa Ngilu

Es batu dapat menjadi cara untuk mengatasi gigi ngilu karena behel. Sifatnya yang dingin dapat membuat area mulut menjadi mengebas serta membantu meredakan inflamasi akibat rasa ngilu yang berlebih. Anda dapat mengulum es batu hingga beberapa menit atau bisa juga dengan cara mengompres bagian gigi yang terasa ngilu dengan es batu atau bisa dengan cara mengatasi gigi ngilu.

ads

  1. Gunakan Garam Untuk Berkumur

Cara mengatasi gigi ngilu karena behel juga dapat anda lakukan dengan bantuan garam dapur. Garam dapur memiliki kandungan yang dapat memberikan rasa nyaman dan lega pada mulut yang mengalami luka atau iritasi. Selain itu, larutan garam juga dapat meredakan rasa ngilu akibat pemasangan behel dan cara menghilangkan rasa sakit gigi secara alami. Caranya pun sangat mudah, anda dapat melarutkan beberapa sendok makan pada 1 gelas air minum. Setelah itu gunakan untuk berkumur.

Secara Medis

  1. Pemakaian Orthodentix Wax Untuk Menghindari Luka atau Sariawan

Pemakaian orthodentix wax atau yang biasa disebut dengan lilin dental juga dapat menjadi cara mengatasi gigi ngilu karena behel. Lilin ini bersifat meredakan inflamasi sehingga rasa ngilu pun akan berkurang dengan sendirinya. Untuk mendapatkan orthodentix wax, anda bisa membeli di apotek terdekat atau bisa juga dari dokter gigi yang memasang behel anda.

Untuk cara penggunaannya pun sangat mudah, potong ujung lilin sesuai dengan yang dibutuhkan. Setelah itu gulung lilin hingga membentuk bulatan. Jika sudah bersihkan bagian gigi yang terasa ngilu dengan menggunakan tisu. Tempel lilin dental dengan sedikit menekan pada bagian gigi. Anda bisa meletakkannya pada bagian gigi yang terasa ngilu saja.

  1. Pasang Karet Pada Kawat Gigi

Pemasangan karet behel memiliki fungsi untuk mensejajarkan bagian gigi yang kurang beraturan. Seringkali beberapa orang justru mengeluhkan pemakaiannya karena terasa ngilu terutama saat digunakan untuk makan atau pada saat gigi dibersihkan. Namun jangan salah, pelepasan atau seringnya mencopot karet behel justru akan membuat rasa ngilu pada gigi semakin parah.

Memang diawal pemakaian akan terasa kurang nyaman hingga menyebabkan gigi terasa ngilu, namun jika rutin digunakan maka gigi akan terbiasa dengan sendirinya. Jika anda tetap kurang nyaman, maka bisa melepasnya pada saat digunakan untuk makan atau pada saat gigi dibersihkan saja. Setelah itu usahakan untuk memasangnya kembali.

Sponsors Link

  1. Olesi dengan Gel Anastesi Topikal

Untuk rasa ngilu yang teramat parah, maka penggunaan gel anastesi topikal dapat menjadi solusinya. Penggunaan anastesi topikal dapat mengebaskan mulut sehingga rasa ngilu dapat berkurang. Untuk gel anastesi topikal anda dapat membelinya di apotek terdekat. Jangan lupa untuk membaca petunjuk dan aturan pakai sebelum penggunaannya. Selain itu juga dapat menjadi obat sakit gigi paling ampuh.

  1. Minum Obat Pereda Nyeri

Selain dengan gel anastesi topikal, cara mengatasi gigi ngilu karena kawat gigi atau behel juga dapat anda redakan dengan pengkonsumsian obat pereda sakit nyeri. Ada beberapa macam obat pereda rasa nyeri yang dapat anda gunakan. Silahkan konsultasikan pada pihak apoteker atau dokter gigi anda.

Rasa ngilu pada gigi yang dibehel memang sangat wajar terjadi, apalagi diawal pemakaiannya. Bagi anda yang ingin mengenakan behel atau yang sudah menggunakannya, maka cara mengatasi gigi ngilu karena behel di atas dapat menjadi solusi efektif. Selain penggunaan behel gigi, merapikan gigi tonggos parah juga dapat dengan cara merapikan gigi secara alami dan cara merapikan gigi tidak beraturan.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini