Sponsors Link

13 Cara Mengatasi Gigi Palsu yang Bau Paling Ampuh

Sponsors Link

Gigi adalah salah satu bagian dari tubuh manusia yang mempunyai fungsi antara lain untuk mengunyah, makan, estetika, dan lain sebagainya. gigi palsu umumnya dipakai oleh orang yang berusia tua akibat gigi permanen tanggal atau orang yang gigi aslinya hilang karena faktor trauma misalnya kecelakaan.

ads

Salah satu kekhawatiran ketika memakai gigi palsu ialah pertimbangan dalam menggunakannya serta bagaimana cara agar senantiasa bersih dan tidak berbau. Gigi palsu berkaitan erat dengan kebersihan mulut, hal ini dapat mempengaruhi kenyamanan dan kepercayaan diri terutama jika berhubungan dengan lawan bicara.

gigi palsu yang bagus dijaga kebersihannya akan lebih tahan lama, gigi palsu yang bau menandakan ada yang kurang sesuai dlam erawtan dan penggunaanya, anda wajib mengatasi hal tersebut agar tidak menyebabkan masalah kesehatan lebih lanjut diantaranya sistem pernafasan yang terganggu dan bakteri yang masuk dapat menyebabkan infeksi hingga meyerang ke otak.

Itulah sebabnya anda harus segera tau bagaimana cara mengatasi gigi palsu yang bau tersebut dengan cara sebagai berikut :

1. Memilih Gigi Palsu yang Sesuai

Anda yang menggunakan gigi palsu dan merasakan bau dapat segera memeriksakan gigi palsu anda. Periksa apakah ukuran nya sudah sesuai dengan mulut anda. Ukuran gigi yang tidak pas dapat menyebabkan bakteri masuk ke dalam mulut dan sistem aliran di dalamnya yang akan membuat gigi anda berbau.

Jangan pernah mencoba untuk menyesuaikan gigi palsu sendiri, hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada gigi palsu dan pada mulut, periksakan pada dokter yang berwenang dan berkompeten. Pilih ukuran yang sesuai dan nyaman di mulut anda. Karena manfaat gigi palsu akan bisa maksimal jika ukurannya pun tepat dengan kontur mulut anda.

2. Lakukan Perawatan Rutin

Perawatan rutin di klinik kesehatan gigi dapat menjadi solusi untuk menghilangkan bau pada gigi palsu anda, hal ini akan membuat gigi kembali higienis sehingga dapat mencegah berbagai masalah kesehatan gigi dan mulut. Umumnya setiap 6 minggu sekali wajib melakukan perawatan ke klinik kesehatan gigi untuk menghindari berbagai resiko dan mengatasi masalah dalam pemakaian gigi palsu tersebut. cara merawat gigi palsu secara mandiri sebagai penunjang agar lebih maksimal, juga perlu anda lakukan sobat sehari – hari.

3. Bersihkan Gigi Palsu Setiap Hari

Membersihkan gigi palsu setiap hari dengan sikat gigi khusus yang disarankan oleh dokter dan merendamnya dalam larutan pembersih akan membuat gigi palsu menjadi putih bersih dan cerah sehingga mencegah terbentuknya noda dan mencegah plak tertumpuk  juga menghilangkan bau. Jangan menyikat terlalu keras agar tidak merusak permukaan gigi palsu itu sendiri. Hati hati dalam membersihkan agar tidak terjatuh dan beri alas pada bagian bawah agar lebih aman.

4. Jangan Menggunakan Sembarang Pasta Gigi

Tidak semua bahan pasta gigi memiliki kandungan yang tepat untuk membersihkan bahan dari gigi palsu tersebut. Pasta gigi umumnya digunakan untuk gigi asli, penggunaan pasta gigi yang tidak sesuai dapat menyebabkan gigi palsu menjadi keropos, minta saran dari dokter mengenai hal ini sehingga nantinya akan lebih mudah mengangkat kotoran yang ada pada gigi palsu anda sehingga dapat menyembuhkan bau pada gigi palsu.

5. Menggunakan Sikat Gigi Dengan Bulu yang Mencapai Sela Sela

Kotoran atau sisa makanan yang tertinggal di sela sela gigi menyebabkan plak dan bau, bulu sikat gigi yang tepat dapat membersihkan kotoran tersebut dan menghilangkan bau, bulu yang halus dan mudah bergerak mampu membersihkan gigi palsu hingga ke sela sela nya. hasilnya anda dapat membersihkan gigi dengan sempurna tanpa menyisakan sisa makanan di dalam nya sehingga tidak menyebabkan bau.

Sponsors Link

6. Sikat Gigi 2 Kali Sehari dan Ganti Sikat Gigi 2 Bulan Sekali

Sama seperti gigi asli, gigi palsu juga harus dibersihkan dan diirawat dengan rutin. Dengan sikat gigi dua kali sehari akan mencegah kotoran menumpuk dan membersihkan sisa makanan pada gigi palsu anda. Sikat gigi juga tidak boleh dipakai terlalu lama karena di dalam nya juga terdapat kotoran, ganti minimal 2 bulan sekali, jika anda menggunakan sikat gigi yang higienis tentu dapat membersihkan gigi dengan maksimal pula sehingga bau pada gigi palsu dapat berkurang.

ads

7. Memakai Obat Kumur

Gunakan sebagai tambahan setelah menyikat gigi untuk memberikan perasaan segar pada gigi dan mulut. Hal ini juga efektif digunakan untuk mengurangi aroma tidak sedap yang mungkin muncul pada gigi palsu anda tersebut ya sobat.

8. Lepaskan Jika Tidak Digunakan

Jangan menggunakan terlalu lama, mulut juga butuh waktu untuk bernafas, setidaknya lepaskan sekitar 6 jam per hari. Hal ini berlaku pada gigi palsu lepasan yang bisa anda pasang dan lepas sendiri, untuk gigi permanen cukup dirawat dengan maksimal dan menjaga kebersihan sepanjang hari.

9. Konsumsi Makanan yang Tepat

Hindari makanan yang asam atau terlalu keras. Kunyah merata makanan pada kedua sisi jangan hanya pada salah satu sisi gigi agar kotoran tidak menumpuk pada salah satu bagian.

10. Rendam Gigi Dengan Air Hangat

Seusai makan sebaiknya lepaskan gigi dan bersihkan dengan cara diremdam air hangat yang dilarutkan bersama pembersih khusus agar gigi tidak kering dan keriput, pembersih tersebut bisa anda dapatkan di apotek atau klinik kesehatan gigi dimana anda memasang gigi palsu. Merendam gigi sebaiknya dilakukan setiap malam dan dibiarkan hingga pagi dan bersihkan ulang ketika akan dipakai.

11. Mengunyah Permen Non Sugar (bebas gula)

Mulut kering dan bau mulut disebabkan oleh berkurangnya air liur. Permen bebas gula dapat meningkatkan produksi air liur sehingga mencegah mulut kering. Mulut kering akibat kurang air liur menyebabkan bau mulut dan bau pada gigi palsu itu sendiri. Kunyah hingga 20 enit untuk meningkatkan aliran air liur dan mengeluarkan asam dalam mulut. Dianjurkan untuk mengunyah setelah selesai makan atau ketika dalam perjalanan.

12. Hindari Merokok dan Kafein

Rokok memiliki kandungan nikotin yang membuat gigi palsu berwarna kuning dan menimbulkannefek asam pada rongga mulut. Kafein yang umumnya terkandung dalam kopi baik makanan atau minuman memakai bahan pewarna cokelat alami yang juga bisa menyebabkan gigi palsu berwarna kecoklatan. Itulah yang membuat bau pada gigi palsu, jika anda ingin menghilangkan nya, jauhi rokok dan kafein.

13. Minum Air Putih 2 Liter Per Hari

Sebagaimana dijelaskan bahwa kekurangan air dapat menyebabkan mulut kering, minum air putih 2 liter sehari agar anda memiliki cairan tubuh yang cukup sehingga kesehatan mulut juga terjaga dan jika mulut dalam kondisi higienis tentu bau akan hilang.

Sponsors Link

Dari semua yang dijelaskan di atas intinya adalah biasakan pola hidup sehat. Walaupun gigi palsu pada saat ini mudah didapat dan harganya terjangkau, sebelum menggunakan ada baiknya anda memahami terlebih dulu bagaimana cara perawatannya. Jika anda sudah merasakan bau gigi yang parah dan tak kunjung hilang, maka sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter agar dapat segera diselesaikan dan mendapat penanganan sedini mungkin.

Semoga bermanfaat ya sobat artikel kali ini yang membahas mengenai cara mengatasi gigi palsu yang bau. Sampai jumpa di artikel selanjutnya dan terima kasih sudah mampir untuk membaca. Salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini