Sponsors Link

3 Cara Mengatasi Gigi Susu Berlubang dengan Cepat

Sponsors Link

Masalah gigi susu berlubang ini juga dikenal sebagai “karies anak usia dini”, sebuah masalah umum pada anak-anak di bawah usia lima tahun, namun dapat dihindari melalui kesadaran dan pencegahan seperti penyebab karies pada bayi. Jika anak Anda mulai menunjukkan gejala, dokter gigi Anda bisa memberikan perawatan untuk kerusakan gigi susu. Jenis perawatan tergantung pada tingkat keparahan pembusukan seperti penyebab gigi busuk pada anak. Seperti kebanyakan masalah kesehatan, masalah yang dihadapi sebelumnya, perawatan yang kurang luas dan invasif akan dilakukan.

ads

Cara Mengatasi Gigi Susu Berlubang

Pengobatan bervariasi berdasarkan usia anak Anda dan tingkat keparahan kondisi. Pada awal tanda-tanda masalah, Anda dan dokter gigi anak Anda dapat bekerja sama untuk merumuskan pendekatan manajemen dan perawatan. Bintik putih di permukaan gigi adalah gejala awal kerusakan gigi botol bayi. Pada tahap ini, perawatan fluorida atau menempatkan pernis fluoride dapat digunakan untuk remineralisasi semua gigi.

Perawatan ini benar-benar membalik pembusukan pada tahap awal dengan membantu membangun kembali enamel permukaan. Dokter gigi anak Anda mungkin juga merekomendasikan suplemen fluoride. Pada tahap ini, Anda juga bisa membuat perubahan pada makanan bayi Anda agar tidak memburuk. Perubahan ini bisa meliputi:

  1. Membatasi makanan asam
  2. Membatasi jus, terutama jus jeruk
  3. Mengganti air untuk jus, susu formula atau susu di botol anak Anda

Perubahan ini harus selalu dilakukan dengan berkoordinasi dengan dokter anak atau dokter anak anak Anda. Bergantung pada usia anak Anda, kesehatan secara keseluruhan dan kebutuhan nutrisi, beberapa perubahan diet bisa jadi tidak diinginkan.

Jika pembusukan terlihat pada tahap selanjutnya, perawatan fluorida tidak lagi memadai. Gejala pembusukan yang lebih parah meliputi:

  • Bintik coklat atau hitam di gigi
  • Gusi berdarah atau bengkak
  • Demam, bengkak atau mudah tersinggung, yang bisa menandakan adanya infeksi
  • Bau mulut

Jika anak Anda menunjukkan gejala-gejala ini, sangat penting untuk menemui dokter gigi sesegera mungkin. Jika pembusukan menyebar, anak Anda bisa menghadapi perawatan restorasi yang ekstensif dan bahkan kehilangan gigi.

Jika Lobang Gigi Susu Anak Anda Sangat parah

Pengobatan untuk kerusakan gigi susu sama seperti kerusakan gigi orang dewasa. Dokter gigi Anda mungkin menyarankan sedasi atau bahkan anestesi umum untuk pekerjaan restorasi yang ekstensif, tergantung pada usia dan tingkat kematangan anak Anda seperti manfaat cuka untuk gigi dan gusi. Dalam kasus yang sangat parah, gigi bahkan mungkin perlu diekstraksi. Hal ini lebih mungkin diperlukan jika gigi terinfeksi atau telah membusuk sehingga secara ekstensif tidak dapat dipulihkan.

Pentingnya Pengobatan

Ini adalah kesalahpahaman umum bahwa kehilangan gigi susu prematur tidak menjadi masalah. Bagaimanapun, gigi ini akan rontok, jadi mengapa khawatir jika mereka copot lebih awal dari jadwal? Sebenarnya, ada banyak alasan untuk khawatir tentang kehilangan gigi susu yang prematur.

Kehilangan gigi juga bisa menyulitkan anak Anda untuk makan makanan bergizi yang sehat. Hal ini juga dapat mempengaruhi kemampuannya untuk berbicara dengan benar. Diksi yang tepat memerlukan kehadiran gigi depan, sehingga kehilangan gigi dini bisa menyebabkan kebutuhan akan terapi ucapan di masa depan seperti cara mengatasi gigi goyang agar tidak copot.

Demikian yang dapat disampaikan, semoga artikel ini bermanfaat. Baca Penyebab Gigi Abrasi.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini