Sponsors Link

18 Cara Mengatasi Syaraf Gigi yang Sakit karena Gigi Berlubang dan Sensitif

Sponsors Link

Gigi memang merupakan salah satu organ di dalam rongga mulut yang perlu dijaga kesehatan dan kebersihannya. Terutama untuk jenis gigi sensitif dan gigi berlubang. Hal ini dikarenakan gigi sensitif dan gigi berlubang memiliki andil yang besar dalam mengganggu syaraf gigi. Hal inilah yang juga bisa memicu syaraf gigi terasa sakit. Padahal Bahaya Mematikan Syaraf Gigi juga perlu diwaspadai. Maka dari itu jika terjadi sakit gigi karena syaraf yang terganggu, baik itu karena gigi berlubang atau karena gigi sensitif, berikut ada beberapa cara mengatasi syaraf gigi yang sakit yang bisa dilakukan.

ads
  1. Berkumur dengan air hangat

Jika syaraf gigi terasa sakit, baik yang disebabkan oleh gigi berlubang maupun gigi sensitif, maka Anda bisa berkumur dengan air hangat. Namun hindari suhu yang terlalu panas karena suhu panas juga bisa semakin mempengaruhi gigi sensitif. Cara ini akan membantu untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang bersarang di gigi yang bisa jadi menyebabkan kondisi syaraf gigi sakit.

  1. Mengonsumsi obat pereda rasa sakit

Cara mengatasi syaraf gigi yang sakit selanjutnya adalah dengan mengonsumsi obat pereda rasa sakit. Obat Sakit Gigi Paling Ampuh ada banyak di pasaran yaitu di apotek. Beberapa jenis obat yang disarankan adalah aspirin dan parasetamol. Konsumsi obat ini bisa membantu menenangkan syaraf gigi yang sakit. Namun jika kondisi sakit gigi tersebut tidak juga hilang, ada baiknya Anda menemui dokter gigi secepatnya.

  1. Mengompres dengan air dingin

Jika syaraf gigi Anda terasa linu, nyeri, atau ngilu, maka salah satu pertolongan pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengompres bagian pipi dengan air dingin. Cara ini akan bisa membantu meredakan syaraf gigi yang sakit dan juga meringankan pembengkakan yang mungkin saja terjadi.

  1. Berkumur dengan air garam

Air garam adalah larutan yang terbuat dari garam dan air. Larutan sederhana ini juga bisa digunakan untuk mengatasi syaraf gigi yang sakit. Walau larutan garam tidak langsung bisa menenangkan syaraf yang sakit, namun air garam akan bekerja ampuh dalam membasmi bakteri yang menyebabkan syaraf gigi terasa sakit.

  1. Minyak cengkeh dan minyak zaitun

Minyak cengkeh dan minyak zaitun juga bisa dimanfaatkan jika gigi terasa sakit hingga ke syarafnya. Kedua jenis minyak ini bermanfaat untuk mengatasi peradangan yang disebabkan oleh bakteri, sehingga lama kelamaan syaraf gigi akan berkurang rasa sakitnya.

  1. Menggunakan teh celup

Jika Anda memiliki teh celup, maka teh celup tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengurangi gejala sakit karena syaraf gigi yang terganggu. Hal ini dikarenakan teh celup bisa mengatasi pembengkakan dan inflamasi pada area gigi yang berlubang. Caranya adalah celupkan kantung teh celup ke dalam air dan tempelkan kantung tersebut pada bagian syaraf gigi yang sakit. Namun cara ini jika dilakukan dalam jangka panjang bisa menyebabkan noda pada gigi.

  1. Menggunakan obat kumur peroksida

Obat kumur juga bisa dimanfaatkan untuk membantu menghilangkan bakteri di dalam tubuh yang menyebabkan inflamasi. Obat Kumur untuk Gusi Bengkak juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi syaraf gigi yang sakit yang disebabkan oleh aktivitas bakteri.

Sponsors Link

  1. Menempelkan mentimun

Mentimun adalah salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak kandungan air dan memiliki suhu yang sejuk. Menempelkan mentimun di bagian gigi yang syarafnya sakit bisa membantu mengurangi rasa sakit tersebut. Hal ini dikarenakan mentimun bisa menjadi kompres alami pada bagian yang sakit.

  1. Menempelkan bawang bombai

Selain mentimun, cara mengatasi syaraf gigi yang sakit dengan menempelkan bawang bombai juga bisa dilakukan. Caranya adalah dengan mengiris bawang bombai dan kemudian meletakkannya ke bagian gigi yang sakit.

ads
  1. Mengunyah daun mint

Daun mint juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi syaraf gigi yang sakit. Caranya adalah dengan mengunyahnya di bagian yang sakit agar bisa mengurangi gejala sakit gigi.

  1. Lidah buaya

Lidah buaya dinilai cukup ampuh untuk mengatasi gigi sensitif. Sehingga penggunaan lidah buaya bisa memberikan efek yang baik untuk menenangkan syaraf yang sakit karena gigi sensitif. Caranya adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya pada bagian gigi yang sakit.

  1. Memanfaatkan baking soda

Baking soda merupakan salah satu bahan alami yang bisa mengatasi berbagai masalah gigi. Salah satunya adalah masalah plak gigi yang kerap kali menyebabkan masalah pada syaraf gigi.

  1. Minyak wijen

Memanfaatkan minyak wijen juga bisa dilakukan untuk mengatasi rasa sakit pada syaraf gigi akibat gigi sensitif. Caranya adalah mengoleskannya ke bagian gigi yang sakit. Efeknya bisa juga untuk mengatasi bakteri yang menyerang syaraf gigi.

  1. Bawang putih

Cara Mengatasi Sakit Gigi Dengan Bawang Putih adalah dengan dioleskan pada gigi yang sakit syarafnya agar bisa membantu mengatasi bakteri yang menyebabkan sakit di daerah gigi. Namun bawang putih bisa memberikan bau yang berlebihan jika digunakan sebagai obat sakit gigi.

  1. Daun jambu biji

Daun jambu biji juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara mengatasi syaraf gigi yang sakit. Caranya adalah dengan mengunyah beberapa daun jambu biji secara teratur.

  1. Teh peppermint

Teh peppermint bisa dimanfaatkan untuk mengatasi gigi yang terlalu sensitif, sehingga bisa membantu menenangkan syaraf pada gigi sensitif. Teh peppermint juga mudah ditemukan dan juga bisa dikonsumsi.

Sponsors Link

  1. Bawang merah

Bawang merah juga bisa menjadi salah satu alternatif Obat Sakit Gigi Berlubang untuk mengatasi sakit pada syaraf gigi selain bawang putih. Hal ini bisa dilakukan dengan cara yang sama, yaitu mengunyah bawang merah pada bagian yang sakit untuk mengatasi inflamasi. Selain itu bisa juga mengoleskan bawang merah halus pada bagian gigi yang sakit.

  1. Mengunyah permen karet dengan Xylitol

Permen karet yang mengandung xylitol juga bisa dimanfaatkan untuk membantu mengatasi rasa sakit karena syaraf gigi pada gigi sensitif. Permen karet ini juga biasanya tidak berasa manis sehingga aman untuk gigi.

Demikianlah beberapa cara mengatasi syaraf gigi yang sakit yang bisa dilakukan. Apabila syaraf terasa sakit karena gigi sensitif atau gigi berlubang, maka lakukan beberapa cara di atas. Namun jika rasa sakit tidak kunjung hilang, segera periksakan ke dokter untuk informasi lebih jelas. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini