Sponsors Link

25 Cara Mengempeskan Pipi Bengkak Karena Sakit Gigi Terampuh

Sponsors Link

Sakit gigi, bagi yang pernah mengalaminya adalah hal yang paling tidak nyaman. Semua yang di kerjakan serba salah dan gampang sekali menjadi emosi. Sakit gigi yang sudah sampai ke jaringan saraf gigi atau pulpa dapat membuat gusi menjadi bengkak, jika dibiarkan tanpa perawatan yang tepat maka dapat berkembang menjadi abses atau nanah. Pembengkakan tersebut kadang hanya pada gusi saja, tetapi tak jarang pembengkakan terlihat sampai keluar, yaitu pada pipi dimana gusi tersebut berada.

ads

Komplikasi serius hingga kematian dapat terjadi jika kita tetap membiarkan gigi membengkak tanpa ada tindakan perawatan. Karena daya tahan tubuh yang sudah tidak mampu melawan bakteri yang sudah berkembang biak dan menyebar ke seluruh organ penting lainnya.

Cara mengempeskan pipi bengkak karena sakit gigi berikut ini, semoga dapat membantu anda mengatasi masalah pipi bengkak karena sakit gigi yang sedang anda derita.

Cara Mengempeskan Pipi Bengkak Karena Sakit Gigi

  1. Dengan Air Putih

Pada saat pipi bengkak karena sakit gigi, perbanyak minum air putih  dapat menenangkan saraf gigi yang sedang terganggu. Selain itu air putih dapat merangsang produksi air liur yang berfungsi sebagai anti septik alami.

  1. Dengan Garam Dapur

Larutkan satu sendok teh garam dapur dengan segelas air hangat, kemudian berkumurlah beberapa detik, dan lakukan beberapa kali dalam sehari. Hal ini dapat mengatasi sakit gigi dan mengempeskan pipi yang bengkak karena sakit gigi. Garam dengan kandungan yodium mempunyai anti banteri dan anti inflamasi. Anda dapat mengetahui lebih jauh tentang  jenis – jenis penyakit gigi dan penyebab gigi keropos pada orang dewasa.

  1. Dengan Jeruk Nipis

Salah satu cara mengempeskan pipi bengkak karena sakit gigi adalah dengan jeruk nipis. Perasan jeruk nipis yang kaya akan vitamin C dapat anda aplikasikan ke area gigi yang sakit dengan menggunakan bola kapas yang steril.

  1. Dengan Vitamin C

Mengkonsumsi vitamin C yang dapat anda beli di apotik juga dapat anda coba dalam mengatasi pipi bengkak akibat sakit gigi. Selain itu juga anda dapat meningkatkan konsumsi vitamin C yang terdapat pada buah – buahan.

  1. Dengan Es

Letakkan batu es pada kantong es atau dengan menggunakan kasa steril, kemudian kompres area pipi yang bengkak. Lakukan beberapa kali untuk mengurangi rasa nyeri pada gigi dan mengempeskan pipi yang bengkak akibat sakit gigi.

  1. Dengan Daun Sirih

Daun sirih dipercaya memiliki banyak manfaat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit secara alami, antara lain adalah sakit gigi. Sering kita lihat orang – orang tua zaman dahulu mengunyah daun sirih yang dicampur dengan kapur sirih. Hal ini disebabkan karena kandungan yang ada pada daun sirih dapat memperkuat gigi dan mematikan bakteri gigi. Kunyahlah daun sirih pada area gigi yang sakit untuk mematikan bakteri, mengurangi rasa sakit gigi, dan mengempeskan pipi yang bengkak karena sakit gigi.

  1. Dengan Aloe Vera atau Lidah Buaya

Seperti daun sirih, Aloe vera atau lidah buaya juga memiliki banyak manfaat. Lidah buaya yang mengandung asam karbolat dan saponin memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu membunuh bakteri gigi, meredakan sakit gigi, sehingga dapat mengempeskan pipi yang bengkak.

  1. Dengan Cengkeh

Cengkeh adalah salah satu rempah yang dapat kita temukan didapur. Haluskan cengkeh kemudian letakkan pada area gigi yang sakit. Selain itu juga jika anda memiliki minyak cengkeh, anda dapat menggunakan bola kapas yang steril kemudian celupkan pada minyak cengkeh dan aplikasikan pada area gigi yang sedang sakit. Cengkeh atau minyak cengkeh dapat membunuh bakteri gigi penyebab sakit gigi.

Sponsors Link

  1. Dengan Minyak Zaitun

Selain cara – cara diatas, minyak zaitun juga dapat anda gunakan untuk meredakan sakit gigi dan mengempeskan pipi yang bengkak. Caranya dengan menggunakan bola kapas yang steril, celupkan pada minyak zaitun dan aplikasikan ke area gigi yang sedang sakit. Lakukan beberapa kali sampai sakit gigi anda mereda.

  1. Dengan Bawang Merah

Bawang merah juga dapat digunakan untuk mengatasi gigi yang sedang sakit. Kunyah bawang merah pada gigi yang sedang sakit atau haluskan bawang merah dengan sedikit garam lalu masukkan kedalam lubang pada gigi. Antiseptik dan anti mikroba yang terkandung di dalam bawang merah akan mematikan bakteri penyebab sakit pada gigi. Sehingga pipi bengkak dapat mengempes.

ads

  1. Dengan Bawang Putih

Masih menggunakan sesuatu yang bisa didapatkan didapur, yaitu bawang putih. Haluskan bawang putih dan garam, kemudian aplikasikan pada gigi yang berlubang. Antibiotik alami yang terkandung di dalam bawang putih dapat mematikan saraf gigi yang sedang sakit dan mengempeskan pipi yang bengkak akibat sakit gigi. Anda juga dapat mencegah gusi bengkak dengan mengetahui penyebab gusi sering bengkak dan pantangan sakit gigi dan gusi bengkak.

  1. Dengan Minyak Wijen

Untuk mengatasi pipi yang bengkak karena sakit gigi, anda dapat menggunakan minyak wijen. Minyak wijen bermanfaat mengatasi bakteri yang menyerang saraf gigi. Caranya dengan menggunakan bola kapas dan mengoleskannya ke bagian gigi yang sakit. Lakukan beberapa kali sampai sakit pada gigi mereda.

  1. Dengan Belimbing Wuluh

Dengan belimbing wuluh juga anda dapat mengempeskan pipi bengkak karena sakit gigi. Caranya dengan mengunyah belimbing wuluh yang telah diberi garam terlebih dahulu pada area gigi yang sakit. Lakukan perlahan – lahan hingga anda merasa sakit pada gigi mereda.

  1. Dengan Jahe atau Akar Jahe

Mengempeskan pipi yang bengkak karena sakit gigi salah satunya adalah dengan jahe atau akar jahe. Mengunyah jahe atau akar jahe segar dapat membunuh bakteri yang ada pada gigi berlubang. Karena jahe memiliki sifat anti bakteri dan anti radang. Anda dapat mengetahui lebih jauh tentang penyebab gusi bengkak pada gigi berlubang.

  1. Dengan Minyak Peppermint

Cara lain untuk mengempeskan pipi bengkak yang disebabkan oleh sakit gigi yaitu dengan minyak peppermint. Minyak peppermint juga dapat membantu membunuh bakteri gigi, karena minyak peppermint memiliki sifat anti bakteri dan anti virus yang kuat.

  1. Dengan Kentang Mentah

Kentang mentah mengandung alkalin yang mempunyai sifat antiseptik. Irislah kentang yang masih mentah dan tempelkan irisan tersebut pada area gigi yang sedang sakit. Diamkan selama beberapa jam sampai anda merasa sakit pada gigi mereda dan bengkak pada pipi mengempes.

  1. Dengan Daun Mint

Mengunyah daun mint pada bagian gigi yang sakit juga dapat meredakan sakit gigi. Karena kandungan anti-bakteri dan anti-virus yang terdapat pada daun mint. Apabila sakit gigi mereda, maka pipi bengkakpun akan mengempes.

  1. Dengan Kunyit

Dengan mengunyah kunyit mentah atau membuat pasta dari bubuk kunyit di campur sedikit minyak mustard lalu oleskan pada gigi yang berlubang, dapat membunuh bakteri pada gigi. Lakukanlah sampai rasa sakit pada gigi berkurang dan bengkak pada pipi anda mengempes. Karena kunyit memiliki sifat anti bakteri, antiseptik, dan anti mikroba.

  1. Dengan Daun Jambu Biji

Salah satu cara mengempeskan pipi yang bengkak karena sakit gigi dapat anda coba dengan daun jambu biji. Kunyahlah daun jambu biji pada area gigi yang sedang sakit secara perlahan – lahan. Kandungan anti septik yang ada pada daun jambu biji sangat efektif membunuh bakteri yang bersarang pada gigi.

  1. Dengan Minyak Oregano

Minyak oregano memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri. Sehingga dapat digunakan untuk meredakan saraf gigi yang terganggu akibat sakit gigi. Caranya buat campuran minyak oregano dengan minyak zaitun atau air hangat. Celupkan bola kapas ke dalam campuran dan tempelkan pada gigi yang sakit. Setelah sakit gigi mereda maka pipi yang bengkakpun akan kempes. Anda juga dapat membaca obat sakit gigi kena saraf dan cara mengobati sakit gigi berlubang paling ampuh.

  1. Dengan Baking Soda

Baking soda dikenal sebagai salah satu bahan alami yang bisa mengatasi berbagai masalah pada gigi, karena baking soda dapat menyeimbangkan kadar pH didalam mulut. Salah satunya adalah masalah timbulnya plak yang menjadi penyebab karang gigi hitam. Karang gigi hitam yang telah infeksi kerap kali menyebabkan saraf gigi terganggu. Setelah sakit gigi hilang maka pipi bengkak akan mengempes.

Sponsors Link

  1. Dengan Cuka sari Apel

Selain itu cara mengempeskan pipi bengkak karena sakit gigi yaitu dengan cuka sari apel. Celupkan bola kapas kedalam cairan cuka sari apel, lalu tempelkan pada gigi berlubang yang sakit untuk beberapa menit. Cuka sari apel memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang merupakan obat alami meredakan sakit gigi. Cuka sari apel juga memiliki kandungan asam asetat dan asam malat yang memurnikan dan mendetoksifikasi gigi yang terinfeksi.

  1. Dengan Tee Tree Oil

Minyak pohon teh atau tea tree oil efektif untuk menenangkan saraf gigi yang sedang sakit, karena minyak pohon teh  memiliki sifat antiseptik dan anti-inflamasi. Caranya tuangkan beberapa tetes minyak ke dalam segelas air untuk membuat obat kumur. Lakukanlah beberapa kali sampai rasa sakit pada gigi mereda dan bengkak pada pipipun mengempes.

  1. Dengan Buah Pepaya

Anda dapat mencoba dengan irisan buah pepaya. Kandunga yang ada pada buah pepaya dapat membunuh bakteri gigi dan meredakan rasa sakit pada gigi juga mengempeskan pipi yang bengkak karena sakit gigi.

  1. Dengan Mengunjungi Dokter Gigi

Selain semua pengobatan tradisional di atas yang dapat anda lakukan sendiri di rumah, mengunjungi dokter gigi adalah hal tepat yang dapat anda lakukan. Dokter gigi dapat langsung melakukan pemeriksaan dan mengambil tindakan untuk membantu mengatasi pipi bengkak karena sakit gigi yang anda derita. Untuk memperluas wawasan anda, anda juga dapat membaca cara mengobati sakit gigi dengan-cepat dan penyebab gigi sensitif.

Demikianlah beberapa cara mengempeskan pipi bengkak karena sakit gigi yang bisa kami bagikan kepada para pembaca, semoga bermanfaat. Ikuti terus artikel – artikel informatif kami lainnya, hanya di Halogigi.com. Tetaplah menjaga kesehatan gigi dan mulut anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini