Sponsors Link

Cara Menggunakan Sikat Gigi Elektrik Bagi Pemakai Kawat Gigi, Begini Penjelasannya

Sponsors Link

Bagi pengguna behel dianjurkan untuk menyikat atau mmbersihkan giginya dua kali dalam sehari yakni pagi dan malah hari. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal bisa dilakukan selama kurang lebih 2 menit setiap menyikat atau membersihkan gigi.

ads

Penggunaan sikat gigi  khusus pun dianjurkan. Pasalnya, jika menggunakan sikat gigi biasa justru tidak akan membersihkan gigi secara tuntas. Dikhawatirkan banyak sisa makanan di sela-sela gigi yang mana akan membentuk plak dan membuat gigi keropos.

Sikat gigi jenis elektrik merupakan alat yang sangat bagus untuk membantu merawat kesehatan gigi, khususnya jika Anda mengenakan kawat gigi. Dilihat dari segi mana pun, menggunakan sikat gigi elektrik ketika menyikat gigi hampir sama seperti menggunakan sikat gigi biasa.

  • Sebelum Anda menyikat gigi, berkumur-kumurlah dengan air

Hal ini penting untuk dilakukan apalagi jika Anda mengenakan kawat gigi dan makanan berpotensi tersangkut di antaranya. Lakukan selama tiga puluh detik untuk membantu mengeluarkan potongan makanan yang kemungkinan tersangkut di antara kawat gigi

  • Bersihkan sikat gigi di bawah aliran air bersih selama beberapa detik

Proses ini digunakan untuk menyingkirkan serpihan kotoran atau mikrob yang mungkin berada di sikat gigi setelah pemakaian terakhir. Putar keran dan taruh kepala sikat gigi di bawah aliran air selama beberapa detik. Setelah itu, nyalakan sikat gigi dan biarkan memutar di bawah aliran air selama beberapa detik lagi.

  • Pakailah pasta gigi yang mengandung fluor

Anda harus menggunakan pasta gigi yang berbahan dasar fluor untuk menjaga kesehatan gigi. Apabila Anda merasa ragu harus memilih pasta gigi yang mana, lihatlah kandungannya pada kemasan pasta gigi. Klik di sini untuk melihat daftar pasta gigi yang direkomendasikan oleh ada (dalam bahasa Inggris). manfaat pasta gigi tanpa fluoride bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

  • Luangkan waktu tiga puluh detik untuk menyikat setiap bagian mulut

Mulut biasanya terbagi dalam empat kuadran: bagian kanan atas (kuadran 1), bagian kiri atas (kuadran 2), bagian kiri bawah (kuadran 3), dan bagian kanan bawah (kuadran 4). Pembagiannya dimulai dari gigi tengah pertama sampai ke gigi geraham yang paling belakang.

Pada saat Anda menyikat gigi, Anda harus menyikat setiap kuadran sedikitnya selama 30 detik. Jadi, waktu keseluruhan untuk menyikat gigi adalah dua menit. Waktu ini direkomendasikan oleh dokter gigi. sejak umur berapa anak perlu cek rutin ke dokter gigi bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

  • Peganglah gagang sikat gigi dengan posisi yang benar

Posisikan kepala sikat hingga berhadapan dengan gusi yang berada di atas kawat gigi, tepatnya di barisan gigi atas. Sikat gigi harus diposisikan dengan sudut 45 derajat dari gusi.

  • Mulailah menyikat permukaan gigi

Dengan posisi sikat gigi selebar 45 derajat, sikatlah permukaan kawat gigi dan gigi bagian luar. Sikatlah sisi-sisi kawat gigi yang menempel di setiap gigi, lalu gerakkan sikat gigi tepat di atas kawat untuk memastikan tidak ada makanan yang tersangkut.

  • Bersihkan permukaan gigi bagian dalam, yakni bagian belakang dari gigi yang menghadap ke tenggorokan dan bagian dalam mulut

Biasanya, membersihkan bagian ini lebih mudah jika Anda menggunakan sikat gigi elektrik. Cukup posisikan sikat di bagian ini dan biarkan sikatnya bekerja; Anda tidak perlu menggerakkan tangan.

  • Sikatlah permukaan gigi yang biasa digunakan untuk menggigit

Tepatnya tepian bawah atau atas gigi yang biasanya dipakai untuk mengoyak makanan. Sikat gigi Anda dengan gerakan yang memutar untuk membersihkan bagian tersebut, sekaligus bagian belakang gigi. gigi bagian belakang rentan berlubang karena biasanya sulit dijangkau.

  • Setelah Anda usai menyikat gigi seperti biasa, sikatlah sela-sela kawat gigi

 Selipkan sikat di antara kawat dari atas, lalu sikat sedikit. Setelah itu, selipkan sikat dari bawah untuk melakukan hal yang serupa. Ulangi sampai Anda menyikat semua gigi Anda.

  • Jangan menekan kawat gigi terlalu keras pada saat menyikat, karena kawat gigi bisa rusak

Jadi jika Anda menggunakan sikat gigi elektrik, Anda tidak perlu terlalu menekan sikatnya. Cukup posisikan sikat pada kawat gigi dan gigi, lalu nyalakan dayanya biarkan sikat yang bekerja.

Sikatlah lidah agar seluruh mulut Anda bersih. Gunakan benang gigi untuk membersihkan gigi serta kawat gigi. Setelah selesai menyikat gigi, gusi, dan lidah, kumur-kumurlah dengan air.

Sponsors Link

Demikian yang bisa penulis sampaikan mengenai cara menggunakan sikat gigi elektrik bagi pemakai kawat gigi. Semoga bisa membawa banyak manfaat bagi anda semua. Kenali gejala dan gangguan yang terjadi pada gigi anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis. Jika keluhan masih berlanjut, segera hubungi dokter.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup