Sponsors Link

3 Cara Menghilangkan Plak Gigi Paling Mudah

Sponsors Link

Mungkin anda pernah memperhatikan jika sesudah membersihkan gigi, maka tampilannya akan terlihat putih berkilau. Namun seiring berjalannya waktu, maka warna gigi akan tampak semakin kusam dan penyebab gigi cepat kuning. Warna kekuningan tersebut berasal dari lak yakni zat yang terbuat dari bakteri. Plak yang menumpuk pada gigi atas dan bawah garis gusi tentu tidak enak dilihat terutama bisa merusak gigi dan gusi jika tidak segera dihilangkan. Untuk itu dalam ulasan berikut ini, kami akan menjelaskan cara menghilangkan plak gigi yang bisa anda lakukan dengan mudah di rumah.

ads

1.Cara termudah untuk menghilangkan Plak

Cara termudah untuk menghilangkan plak pada gigi adalah dengan menyikat gigi secara teratur setidaknya dua kali sehari. Anda harus memakai sikat gigi yang lembut dan diganti setiap tiga hingga empat bulan pada saat bulu bulu sikat mulai berjumbai.

Anda juga bisa menggunakan sikat gigi listrik yang terbilang lebih efektif untuk menghilangkan plak dibandingkan dengan sikat gigi biasa. Pastikan anda melakukan flossing gigi sebelum anda menyikat gigi untuk melonggarkan sedikit makanan sehingga bisa disikat lebih mudah. Berikut tahapan yang benar untuk membersihkan gigi anda menggunakan dental floss:

  • Ambil sekitar 18 inci benang dan lilitkan salah satu ujung di masing masing jari tengah anda.
  • Pegang benang dengan kuat di antara ibu jari dan jari telunjuk kemudian dorong benang secara lembut di antara dua gigi.
  • Pindahkan benang ke bentuk C di sisi satu gigi.
  • Gosok benang ke atas dan ke bawah secara lembut sambil terus tekan ke gigi anda.
  • Berhati hatilah supaya tidak menyentak atau memutuskan benang.
  • Ulangi proses ini untuk semua gigi dan berhati hati ketika membersihkan gigi bagian belakang anda.

Sesudah anda melonggarkan sisa makanan menggunakan dental floss, maka anda bisa melanjutkan dengan menyikat gigi selama dua menit memakai cara menyikat gigi dengan benar seperti berikut ini:

  • Letakkan pasta gigi seukuran kacang polong pada sikat gigi anda dan untuk anak anak bisa menggunakan ukuran pasta gigi sebanyak sebutir beras.
  • Pegang sikat gigi pada gigi dengan sudut 45 derajat ke gusi anda.
  • Gerakan sikat gigi anda maju dan mundur secara singkat dan usap lembut dengan lebar yang sama dengan masing masing gigi.
  • Sikat semua permukaan luar, permukaan dalam dan permukaan mengunyah gigi anda sekaligus lidah.
  • Untuk bagian dalam gigi depan, miringkan sikat gigi secara vertikal dan buat gerakan naik turun.

Meski anda sudah melakukan cara menghilangkan plak gigi hal di atas, sayangnya plak bisa terakumulasi kembali dengan cepat sesudah dihilangkan. Beberapa ahli merekomendasikan perawatan rumah lain yang efektif untuk menghilangkan penumpukkan plak seperti minyak esensial dan juga soda.

2. Berkumur Minyak Esensial

Berkumur dengan minyak kelapa atau minyak zaitun bisa menguatkan gigi, mencegah kerusakan gigi, menenangkan gusi yang sakit sekaligus menghilangkan plak pada gigi.

Untuk berkumur dengan minyak, gunakan sekitar 1 sendok makan minyak kelapa atau zaitun di sekitar mulut anda selama 20 sampai 30 menit.

Minyak kelapa dipercaya bisa bermanfaat karena mengandung asam lemak seperti asam laurat yakni zat dengan efek antiinflamasi dan antimikroba.

Sponsors Link

3. Bubuk Soda Kue

Para peneliti sudah menemukan jika seseorang yang menyikat gigi dengan pasta gigi mengandung soda kue bisa menghilangkan lebih banyak plak dan mengurangi plak yang tumbuh kembali selama 24 jam dibandingkan dengan orang yang menyikat gigi memakai pasta gigi tidak mengandung soda kue seperti pasta gigi anak enzim.

Soda kue efektif untuk menghilangkan plak karena merupakan pembersih alami dan abrasif yang artinya baik digunkan untuk menggosok.

Plak Penyebab Karang Gigi

Penumpukkan plak bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Bakteri dalam plak akan menghasilkan asam dengan memberi makan pada gula dalam makanan yang dikonsumsi kemudian menyebabkan kerusakan gigi dan gigi berlubang seperti gigi taring berlubang. Bakteri nantinya juga akan membuat racun yang bisa memperburuk kesehatan gusi dan mengarah ke penyakit periodontal atau penyakit gusi. Pada saat plak bergabung dengan mineral dalam air liur, maka akan membentu endapan keras yang disebut dengan karang gigi atau kalkulus.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Tips