Sponsors Link

Cara Mengobati Benjolan Pada Gusi Dengan Cepat dan Tepat

Sponsors Link

Menjaga kebersihan gigi dan rongga mulut adalah suatu hal yang sangat penting berhubung karena mulut adalah tempat dimana kita memasukkan makanan dan minuman kedalam tuhuh kita sehari – hari. Apabila tidak di jaga kebersihannya maka akibatnya sangatlah fatal. Dari mulai terjadinya bau mulut yang tak sedap, gigi berwarna kuning bahkan kehitaman, gigi keropos, gigi tanggal, gigi sakit, penyakit pada gusi, sampai penyakit berat lainnya. Salah satunya penyakit yang bisa terjadi pada gusi yaitu pembengkakan dan benjolan.

ads

Bagaimana cara mengobati benjolan pada gusi tersebut? Pertama – tama mari kita kenali apa sebenarnya benjolan pada gusi itu?

Benjolan PadaGusi, antara lain

  1. Fistula

Fistula merupakan reaksi peradangan yang terjadi pada gusi, dengan diameter benjolan beberapa mili bahkan sampai 1cm.

Penyebab fistula sering kali karena adanya infeksi yang biasanya disebabkan oleh gigi yang berlubang. Fistula ini bahkan dapat mengeluarkan darah dan nanah.

  1. Periodontitis

Periodontitis adalah infeksi akut yang terjadi pada gusi, yang dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan lunak dan tulang penyangga gigi. Periodontitis sangat berbahaya karena bakteri bisa masuk ke aliran darah dan menyerang organ tubuh lainnya.

Penyebab dari Periodontitis ini adalah adanya penumpukan plak yang merupakan penyebab karang gigi hitam juga yang di biarkan menumpuk dan jarang dibersihkan. Bakteri berkembang biak dan masuk lebih dalam menginfeksi gusi dan sekitar gigi, yang lambat laun akan merusak jaringan dan tulang di dalam gusi.

  1. Granuloma Piogenik

Granuloma piogenik merupakan benjolan pada gusi yang membuat gusi terlihat licin dengan batasan yang memerah, jika dibiarkan ukurannya bisa mencapai 1cm. Granuloma piogenik ini jika di sentuh akan terjadi pendarahan yang cukup banyak.

Penyebab dari munculnya Granuloma piogenik ini karena kebersihan mulut yang tidak terjaga dengan baik, adanya karang gigi dan adanya tambalan gigi yang jelek. Pada sebagian kasus penyebab granuloma piogenik muncul karena adanya ketidak seimbangan hormon pada wanita.

  1. Granuloma Sel RaksasaPerifer

Granuloma sel raksasa Perifer adalah benjolan pada gusi yang ditandai dengan suatu pembengkakan terlihat keras dengan permukaan licin dan berbenjol –benjol, biasanya berwarna merah muda hingga merah keunguan. Diameternya dari millimeter bisa mencapai 1cm. Benjolan ini mudah terjadi pada gusi wanita dengan usia antara 10 – 40 tahun, biasanya terdapat pada gusi rahang bawah bagian depan dari gigi graham.

Penyebab granuloma sel raksasa perifer yaitu karena adanya iritasi atau trauma.

Sponsors Link

  1. Perikoronitis

Perikoronitis sendiri adalah peradangan yang terjadi pada jaringan lunak yang terdapat pada area di sekitar mahkota gigi. Biasanya terjadi pada gigi geraham ketiga bawah yang sedang erupsi didalam lengkung gigi yang baik, tetapi ruangnya tidak cukup.

Penyebab dari benjolan ini yaitu mahkota gigi yang erupsi sebagian atau muncul ke gusi sebagian yang disebut juga impaksi atau gigi yang tidak dapat muncul ke gusi disebabkan karena tertahan.

Cara mengobati benjolan pada gusi

Cara mengobati benjolan pada gusi harus dilakukan sedini mungkin untuk menghentikan rasa nyeri dan tidak nyaman yang diderita. Selain itu juga untuk mencegah bakteri gigi menyebar ke bagian tubuh yang lainnya.

ads

  1. Pengobatan Fistula

Fistula dapat menyebabkan timbulnya penyakit yang serius, karena penyebaran bakteri yang di sebabkan oleh infeksi dapat menyebar keseluruh tubuh lewat pembuluh darah. Adapun beberapa cara pengobatannya adalah sebagai berikut:

  • Untuk mengurangi rasa sakit anda dapat mengoleskan obat analgetik tropical, sedangkan untuk mencegah penyebaran infeksi maka di perlukan terapi dengan antibiotic. Tetapi hal ini tidak menuntaskan masalah, hanya mengatasi rasa sakit atau tidak nyaman sementara waktu saja.
  • Penyedotan nanah dapat dilakukan pada rongga bekas gigi jika gigi sudah di cabut. Hal ini maksudnya untuk mencegah infeksi berlanjut.
  • Jika kondisi fistula sudah parah maka untuk mengatasi keadaan ini tindakan yang dilakukan adalah pencabutan gigi yang telah infeksi.
  1. Pengobatan Periodontitis

Pengobatan pada kasus periodontitis tergantung pada tingkat keadaan nya:

  • Jika keadaan periodontitis belum parah, maka dokter akan meresepkan antibiotic oral atau topical agar bakteri penyebab infeksi hilang. Lalu dengan menggunakan perangkat ultrasonic, dokter akan melakukan scaling atau pembersihan kerak gigi, karang gigi dari permukaan gigi maupun gusi bagian bawah.
  • Jika plak sudah menumpuk pada akar gigi, maka metode yang digunakan yaitu metode root planning dan menghaluskan permukaan akar, untuk mencegah penumpukan lebih banyak lagi.
  • Jika Periodontitis lebih parah, maka dokter akan melakukan tindakan pembedahan, mulai dari pembedahan untuk mengurangi kantong – kantong gusi, mencangkok jaringan lunak yang rusak, maupun mencangkok tulang untuk memperbaiki tulang – tulang disekitar gigi yang telah hancur.
  1. Pengobatan Granuloma Piogenik

Ada beberapa macam pengobatan yang dilakukan, dilihat dari parah atau tidaknya kondisi pembengkakan atau benjolan yang diderita. Tindakan pengobatan yang dilakukan antara lain:

  • Terkadang granuloma piogenik menghilang dengan sendirinya.
  • Dengan cara menjaga kebersihan gigi dan mulut. Yaitu dengan mempraktekkan cara menyikat gigi dengan benar, menggosok gigi 2 kali sehari saat pagi sehabis sarapan dan malam sebelum tidur.
  • Cara mengobati granuloma piogenik adalah dengan di lakukan pembedahan elektrokoagulasi untuk mengangkat granuloma.
  • Pengobatan lain yang di lakukan yaitu dengan cara menghilangkan faktor penyebabnya, seperti plak, karang gigi, material asing, dan sisa – sisa trauma.
  • Berakhirnya kehamilan juga dapat membuat benjolan ini mengkerut, namun sisa – sisanya harus di eksisi.
  1. Pengobatan Granuloma Sel RaksasaPerifer

Pengobatan  granuloma sel raksasa perifer ini yaitu dengan cara eksisi pembedahan termasuk dasar lesi dan kuretasi tulang di bawahnya. Pembuangan yang tidak sempurna akan membuat benjolan muncul kembali atau kembuh lagi.

Pasien dentulous biasanya perlu pengangkatan satu atau beberapa gigi dan kuretase soket.

  1. PengobatanPerikoronitis

Cara mengatasi perikoronitis juga tergantung dari keadaan pembengkakannya, tindakan yang biasanya dilakukan antara lain:

  • Jika rasa sakit dan pembengkakan belum menyebar artinya perikoronitis hanya terjadi pada gigi, maka cukup obati dengan berkumur air garam hangat saja.
  • Bersihkan gigi untuk memastikan tidak ada sisa – sisa makan yang terselip di gigi.
  • Jika pembengkakan sudah sampai pada rahang dan pipi serta rasa nyeri, maka segera berobat kedokter karena dokter pasti akan memberikan obat radang gusi atau obat antibiotik untuk mengobati infeksinya, dan obat penghilang rasa sakit.
  • Jika peradangan sudah parah dan rasa sakit yang tak terhingga, juga perikoronitis berulang maka biasanya dokter gigi akan membuat rujukan ke dokter bedah mulut untuk dilakukan pembedahan laser tingkat rendah.

Demikianlah informasi singkat tentang cara mengobati benjolan pada gusi, semoga dapat menambah wawasanan dan bermanfaat. Ikuti terus artikel – artikel informatif dari Halogigi.com. Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang meguatkan gigi dan makanan yang menyehatkan gigi, tetap jaga kesehatan gigi dan mulut anda.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini