18 Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Paling Ampuh dan Manjur

Gigi berlubang memang seringkali memberikan masalah yang cukup berpengaruh pada kesehatan rongga mulut. Gigi berlubang adalah sarang dari bakteri dan pada akhirnya menciptakan peluang besar dari peradangan di dalam rongga mulut. Dari gigi berlubang inilah muncul berbagai masalah kesehatan. Dan jika bakteri gigi berlubang sudah mulai menjangkiti, maka tentu saja hal ini tidak akan membuat penderitanya merasa nyaman. Bahkan gusi di sekitar gigi ikut membengkak dan nyerinya tidak tertahankan. Oleh karena itu sakit gigi berlubang harus segera diobati. Berikut beberapa cara mengobati sakit gigi berlubang paling ampuh yang bisa dilakukan.

Mengobati dengan Bahan Alami

Bahan alami ada banyak sekali yang bisa dijadikan obat sakit gigi berlubang. Berikut beberapa di antaranya.

1. Larutan garam atau air garam

Rasa asin pada garam memang tidak baik jika dikonsumsi berlebihan karena berpotensi menimbulkan hipertensi. Namun garam ternyata mengandung kelebihan karena bisa mengusir bakteri sehingga bisa dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi berlubang yang cukup ampuh. Air garam bisa dijadikan obat kumur sederhana untuk menghentikan infeksi dari bakteri yang ada.

Cara mengobati:

Gunakan air hangat satu gelas dan tambahkan dengan 3 sendok makan. Aduk kedua bahan hingga menjadi larutan garam. Jika sudah tercampur, maka gunakan obat alami ini untuk berkumur selama kurang lebih 1 menit lamanya. Setelah selesai, maka kumur dengan air tawar untuk menghilangkan sisa-sisa rasa asin. Ulangi kumur ini beberapa kali dalam sehari hingga sakit gigi mereda. Jika sakit sudah reda, hentikan cara pengobatan ini, karena garam yang digunakan terus menerus bisa membuat gigi keropos.

2. Bawang putih

Bawang putih telah lama dipercaya sebagai salah satu bahan alami yang bisa membantu meredakan berbagai gejala penyakit. Termasuk sakit gigi berlubang. Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung senyawa yang bisa bertindak sebagai antiseptik alami dalam tubuh sehingga bisa menghentikan peradangan akibat bakteri, termasuk bakteri dalam gigi berlubang.

Cara mengobati:

Siapkan 1 hingga 2 siung bawang putih, kupas, dan cuci bersih. Haluskan bawang putih dengan cara diuleg atau diparut. Ambil bawang putih halus dan tempelkan kepada bagian gigi yang berlubang atau yang sakit. Diamkan selama 10 menit. Jika ingin hasilnya maksimal, bisa juga ditambahkan dengan garam secukupnya saat menghaluskan bawang putih tadi. Setelah 10 menit, bilas dengan air tawar hangat. Ulangi beberapa kali dalam 1 hari hingga gejala sakit mereda.

Baca juga:

3. Belimbing wuluh

Buah herbal yang satu ini rupanya ampuh juga untuk mengatasi sakit gigi berlubang. Hal ini dikarenakan belimbing wuluh mengandung sifat anti bakteri yang bisa membantu kesembuhan sakit gigi karena bakteri pada lubangnya. Belimbing wuluh ampuh untuk mengusir bakteri dari dalam rongga mulut yang menyebabkan sakit gigi berlubang.

Cara mengobati:

Untuk mengobati dengan belimbing wuluh, siapkan saja 1 hingga 2 buah belimbing wuluh muda (belum matang sepenuhnya). Cuci dan haluskan belimbing wuluh dengan cara menumbuk atau menguleg. Ambil ramuan tersebut dan tempelkan pada bagian gigi yang berlubang, juga selama kurang lebih 10 menit. Kemudian bilas dengan air hangat untuk membersihkan sisanya.

Cara kedua adalah dengan langsung mengunyah buah belimbing wuluh jika gigi tidak sakit. Namun jangan ditelan. Kunyah saja di bagian gigi yang berlubang. Jika selesai, diamkan beberapa menit dan kumurlah dengan air hangat bersih untuk menghilangkan bekasnya.

4. Jeruk nipis

Selain belimbing wuluh, buah yang juga berasa asam ini juga mampu membantu mengobati sakit gigi berlubang. Jeruk nipis ini memiliki senyawa yang bisa bekerja sebagai aintibiotik alami untuk melawan bakteri yang ada di dalam rongga mulut dan gigi berlubang.

Cara mengobati:

Cara mengobati sakit gigi berlubang paling ampuh dengan jeruk nipis adalah siapkan 1 buah jeruk nipis segar. Belah jeruk nipis menjadi 2 bagian atau lebih untuk memudahkan pemerasan. Peras dan ambil airnya saja. Tambahkan garam secukupnya. Oleskan ramuan alami ini pada bagian yang dikehendaki dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Jika sudah 15 menit, maka kumur dengan air hangat.

5. Cengkeh

Cengkeh merupakan salah satu bahan herbal yang bisa membantu mengobati sakit gigi berlubang. Yang digunakan adalah minyaknya. Minyak cengkeh bisa membantu meredakan rasa ssakit gigi berlubang karena memiliki kemampuan anti inflamasi untuk meredakan peradangan pad arongga mulut dan gigi yang berlubang.

Cara mengobati:

Gunakan minyak cengkeh untuk diteteskan ke kapas. Gunakan saja 2 atau 3 sendok makan minyak cengkeh pada kapas. Lalu, letakkan atau masukkan kapas berisi minyak cengkeh pada gigi yang berlubang atau yang sakit. Biarkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah 30 menit, segera kumur dengan air yang hangat untuk membersihkan sisanya.

Cara kedua adalah dengan mencampurkan langsung minyak cengkeh ke dalam air hangat untuk obat kumur secara teratur hingga rasa sakit gigi menghilang. Cara ini bisa dilakukan untuk gigi berlubang yang belum besar atau belum parah.

6. Lada atau merica

Sudah lama lada atau merica digunakan dalam komposisi dan kombinasi bumbu dapur. Namun rupanya salah satu bahan rempah ini juga bisa membantu meredakan rasa sakit akibat gigi berlubang secara alami.

Cara mengobati:

Gunakan lada bubuk dan campurkan dengan garam. Tambahkan air dan aduk hingga terbentuk sebuah krim. Tempelkan krim itu pada bagian gigi yang sakit selama kurang lebih 30 menit. Jika sudah, maka berkumurlah hingga bersih. Lakukan cara ini satu hari sekali secara rutin hingga sakit berkurang atau hilang. Hentikan pengobatan jika sakit sudah hilang.

Baca juga:

7. Biji asam jawa

Sejak dulu, biji asam jawa sudah dijadikan obat dari sakit gigi berlubang secara alami. Biji asam ini memiliki kemampuan untuk menyerap bakteri dan juga membunuhnya sehingga sakit dan ngilu pada gigi yang belebihan bisa diredakan.

Cara mengobati:

Untuk menggunakan biji asam jawa sebagai obat tradisional sakit gigi, sangrai tanpa menggunakan minyak. Setelah itu, haluskan biji asam jawa yang sudah disangrai dengan cara ditumbuk. Campuri dengan air hangat dan aduk hingga terbentuk krim. Oleskan krim tersebut pada gigi yang berlubang. Diamkan selama kurang lebih 15 menit dan kumur dengan air hangat untuk membilasnya.

8. Biji alpukat

Selain biji asam jawa, biji alpukat juga bisa menjadi bahan alternatif pengobatan untuk sakit gigi berlubang. Biji alpukat yang diguunakan adalah biji alpukat tua. Fungsinya adalah menghentikan peradangan dan membantu meredakan rasa sakit atau ngilu.

Cara mengobati:

Cara mengobati sakit gigi berlubang paling ampuh adalah dengan menyiapkan biji alpukat tua dan jemur di bawah sinar matahari hingga kering. Lalu, sangrai tanpa minyak sebelum menumbuknya. Setelah hancur, tambahkan air hangat dan juga garam secukupnya. Aduk hingga terbentuk krim yang bisa dijadikan bahan oles untuk gigi berlubang selama 30 menit. Setelah itu, berkumurlah dengan air hangat untuk pembilasan.

9. Daun jambu biji

Daun jambu biji tidak hanya ampuh untuk menghentikan diare atau berkhasiat untuk demam berdarah saja. Melainkan cukup ampuh juga untuk meredakan sakit gigi karena gigi berlubang. Hal ini dikarenakan daun jambu biji bisa membunuh kuman yang menyebabkan peradangan dan gigi berlubang.

Cara mengobati:

Siapkan 9 lembar daun jambu biji. Haluskan dengan ditumbuk atau diuleg. Setelah itu, langsung tempelkan daun jambu biji ke arah gigi yang sakit. Diamkan kurang lebih 30 menit lamanya. Jika sudah, maka berkumurlah dengan air hangat untuk pembilasan.

10. Cabe rawit

Selain daun jambu biji, cabe rawit juga berkhasiat untuk membantu meredakan peradangan yang terjadi di dalam gigi berlubang. Cabe rawit yang memiliki rasa pedas ini bisa membantu mengatasi sakit gigi berlubang secara alami. Namun hindari terlalu banyak konsumsi cabe rawit karena bisa berdampak pada masalah lambung dan juga diare karena sifat panasnya.

Cara mengobati:

Siapkan beberapa cabe rawit. Pilih yang masih berwarna hijau. Haluskan cabe rawit hingga halus dengan cara diuleg atau ditumbuk. Tambahkan dengan air panas secukupnya. Lalu gunakanlah larutan alami itu untuk berkumur. Lakukan cara ini hingga 15 menit. Jika ada rasa panas, silakan ditahan sebentar karena memang seperti itulah rasa dari cabe rawit. Setelah 15 menit, berkumurlah dengan air bersih untuk menghilangkan rasa pedas. Cara ini cukup ampuh walau pada awalnya memang cukup menyiksa.

11. Serai

Serai merupakan salah satu bahan yang sering digunakan sebagai bumbu dapur. Serai ternyata juga bisa membantu meredakan sakit gigi berlubang. Hal ini dikarenakan serai bisa membantu mengurangi pembengkakan dalam rongga mulut yang disebabkan oleh aktivitas bakteri. Selain itu, aroma serai ini sangat harum sehingga bisa memberikan relaksasi sederhana.

Cara megobati:

Siapkan kurang lebih 40 gram serai. Siapkan juga air panas sebanyak 2 gelas. Rebuslah kedua bahan dan biarkan hingga air rebusan tinggal 1 gelas saja. Gunakan ramuan itu untuk berkumur dan lakukan selama kurang lebih 15 menit lamanya. Serai akan bekerja baik untuk meredakan sakit gigi. Selain itu bahan alami ini juga berkhasiat untuk memutihkan gigi.

Baca juga:

12. Getah tanaman jarak

Tanaman jarak merupakan salah satu tanaman bergetah yang getahnya bisa dijadikan bahan alami untuk menyembuhkan gigi berlubang secara alami dan cukup mudah. Bahkan getah tanaman jarak ini juga sudah dikenal mengandung antiseptik alami yang bisa melawan bakteri dalam rongga mulut.

Cara mengobati:

Temukan tanaman jarak dan ambil beberapa bagian dari tanam jarak itu. Ambil getah tanaman jarak dan mausukkan getah tersebut pada gigi yang berlubang. Diamkan kurang lebih setengah jam. Setelah itu bilas dengan berkumur air bersih yang hangat.

13. Minyak tempurung kelapa

Kelapa merupakan tanaman yang sangat bermanfaat. Dari batangnya, daunnya, hingga buahnya, semuanya bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk tempurungnya. Tempurung kelapa ini bisa juga dijadikan bahan alami untuk menyembuhkan sakit gigi, yaitu dengan mengambil minyaknya.

Cara mengobati:

Cara mengobati sakit gigi berlubang paling ampuh dengan minyak tempurung kelapa juga cukup mudah. Cari dan siapkan tempurung kelapa yang sudah tua. Bakar dan ambil minyak dari proses pembakaran tersebut. Namun ingatlah untuk tidak menggunakan tambahan bahan bakar seperti bensin atau minyak tanah. Ambil kapas dan teteskan minyak yang keluar pada kapas. Masukkan kapas ke dalam mulut dan tempelkan pada bagian gigi yang sakit. Diamkan beberapa saat dan kemudian berkumurlah dengan air hangat untuk pembilasan.

14. Bunga matahari

Bunga matahari merupakan bunga berwarna kuning dan juga berukuran besar. Ternyata bunga matahari bukan hanya bisa dikonsumsi bijinya, melainkan juga bunganya. Bunga matahari mengandung beberapa senyawa yang bisa membantu meredakan sakit gigi berlubang dengan mengusir bakteri yang meradang di sana.

Cara mengobati:

Siapkan satu bunga matahari. Rebus bunga matahari pada kurang lebih 3 gelas air. Rebus terus hingga air tinggal 1 atau 1,5 gelas. Saring dan ambil airnya saja. Konsumsi air rebusan bunga matahari ini untuk meredakan rasa sakit pada gigi yang sedang berlubang dan meradang.

15. Daun Sirih

Daun sirih sudah lama dikenal sebagai pengobatan tradisional bagi orang yang mimisan. Ternyata manfaatnya bukan hanya sebagai pengobatan mimisan saja, melainkan juga bisa sebagai pengobatan sakit gigi berlubang. Jika di zaman dulu sirih sering dikunyah oleh orang terdahulu untuk menyehatkan gigi, itu memang sangat benar dan seharusnya masih dilakukan oleh orang zaman sekarang. Namun tradisi ini sudah ditinggalkan karena dianggap kuno.

Cara mengobati:

Siapkan beberapa lembar daun sirih. Rebuslah daun sirih dengan air yang mendidih kira-kira 1 gelas saja. Lalu jika daun sirih sudah larut, angkat dan dinginkan air tersebut. Gunakan air tersebut sebagai obat kumur selama 3 kali dalam 1 hari.

Cara kedua adalah dengan merebus daun sirih tersebut lalu mengambil airnya saja (disaring). Konsumsi air rebusan daun sirih juga bisa dilakukan untuk pengobatan dari dalam.

Cara ketiga adalah dengan meniru kebiasaan “nginang” orang terdahulu. Yaitu dengan menggigit dan mengunyah daun sirih. Fokuskan pada bagian gigi yang sakit. Cara ini akan membantu meredakan sakit gigi berlubang karena bakteri. Selain itu gigi juga akan bertambah kuat.

Baca juga:

Mengobati dengan Obat Medis

1. Kompres dengan air dingin atau air es

Beberapa rekomendasi medis untuk meredakan sakit gigi berlubang adalah dengan kompres air dingin. Hal ini efektif untuk meredakan atau menghentikan pembengkakan. Apalagi jika sakit gigi ini disertai dengan pembengkakan pada pipi. Tentu hal ini perlu diimbangi dengan kompres air dingin.

Air dingin akan membantu menghentikan rasa nyeri yang disebabkan oleh terganggunya saraf dan pembuluh darah yang terinfeksi bakteri. Air dingin akan meredakan rasa cenat cenut pada gigi yang berlubang sehingga rasa sakit bisa sedikit mereda.

Cara mengobati:

Siapkan air dingin atau air es. Masukkan air dingin ke dalam botol. Atau bisa juga dengan menggunakan ice bag agar lebih efektif. Tempelkan ice bag atau botol tersebut ke bagian pipi yang membengkak atau terasa cenat cenut. Diamkan kurang llebih 2 menit. Ulangi cara ini jika gigi masih cenat-cenut.

2. Obat sakit gigi antibiotik

Rekomendasi medis berikutnya adalah dengan meminum obat antibiotik. Antibiotik adalah salah satu jenis obat yang bekerja dengan melawan bakteri dan membunuhnya. Obat ini tentu saja baik untuk dikonsumsi penderita sakit gigi karena pertumbuhan bakteri di dalam rongga mulutnya. Saat ini ada banyak jenis antibiotik yang bisa dibeli di apotek. Namun ada baiknya jika berkonsultasi dengan dokter untuk lebih memastikan resep dokter mana yang cocok untuk kasus sakit gigi tersebut. Beberapa merk obat sakit gigi antibiotik antara lain seperti sulfonamide, penicilin, dan tetraclyline.

Cara mengobati:

Sesuaikan dengan dosis yang tertera pada resep dokter atau dosis pada aturan pakai obat. Jangan lupa untuk selalu membaca ketentuan dari jenis obat dan lihat juga kontraindikasi yang ada untuk mencegah adanya efek samping yang tidak diinginkan. Jika sakit gigi tidak kunjung sembuh, ada baiknya segera menghubungi dokter gigi.

3. Obat sakit gigi analgetik

Selain antibiotik, obat sakit gigi juga bisa didapatkan dari jenis obat-obatan analgetik. Cara kerja obat analgetik adalah dengan menghentikan peradangan, sehingga rasa sakit bisa berkurang dari gigi yang terinfeksi. Jenis obat analgetik untuk gigi juga cukup bervariasi di apotek dengan mana merk dagang yang berbeda-beda. Namun ada baiknya jika menanyakan langsung pada dokter atau ahlinya untuk mengetahui jenis dan kadar obat yang bagaimana yang benar-benar direkomendasikan. Beberapa jenis obat gigi analgetik yang bisa didapatkan di apotek antara lain super green plus SG, antalgin, ponstan, cataflam, atau clindamycin.

Cara mengobati:

Sesuaikan dengan dosis yang tertera pada resep dokter atau dosis pada aturan pakai obat. Jangan lupa untuk selalu membaca ketentuan dari jenis obat dan lihat juga kontraindikasi yang ada untuk mencegah adanya efek samping yang tidak diinginkan. Jika sakit gigi tidak kunjung sembuh, ada baiknya segera menghubungi dokter gigi.

Baca juga:

Memilih Pasta Gigi yang Tepat untuk Gigi Berlubang

Selain kedua cara di atas (alami dan medis), mengobati sakit gigi berlubang bisa juga dilakukan dengan memilih pasta gigi yang tepat untuk gigi berlubang. Pemilihan pasta gigi ini bertujuan untuk memperkecil risiko dari semakin meluasnya gigi berlubang itu sendiri. Berikut beberapa kriteria pemilihan pasta gigi yang baik untuk gigi berlubang.

1. Pilih pasta gigi yang memiliki izin resmi

Kriteria pertama adalah pilihlah pasta gigi yang sudah memiliki izin resmi. Izin resmi ini akan memperkecil risiko dari kerusakan gigi yang lebih parah, karena pada dasarnya pasta gigi yang memiliki izin resmi tentu saja memiliki kualitas yang cukup baik. Hindari pasta gigi abal-abal yang tidak memiliki izin dari BPOM. Selain itu, pasta gigi yang sudah memiliki label resmi dari Ikatan Dokter Indonesia juga akan lebih aman.

2. Pilih pasta gigi yang tidak menciptakan banyak busa

Sikat gigi dengan banyak busa memang terasa lebih bersih dan lebih lega. Namun pasta gigi yang bisa menciptakan banyak busa berarti mengandung banyak detergen. Pasta gigi yang mengandung cukup banyak detergen akan buruk untuk gigi. Selain itu, jika tertelan, juga akan sangat berbagaya. Maka gunakan saja pasta gigi yang tidak menciptakan busa berlebihan. Walau terasa sedikit aneh karena kurang puas saat menyikat gigi, namun pasta gigi ini akan lebih sehat.

3. Pilih pasta gigi khusus untuk membersihkan karang

Karang gigi adalah plak yang menumpuk dan mengeras serta menempel pada gigi. Karang gigi ini sendiri merupakan kotoran asam hasil dari kinerja bakteri yang menguraikan sisa-sisa makanan dalam rongga mulut yang tidak dibersihkan dengan teratur atau dengan teknik yang tepat. Maka dari itu, penggunaan pasta gigi anti karang gigi akan berguna untuk mencegah kinerja bakteri dalam rongga mulut.

4. Pilih pasta gigi yang mengandung flouride

Flouride mungkin cukup sering kita dengar dari iklan-iklan produk pasta gigi atau tertera dalam label dari pasta gigi itu sendiri. Flouride ini merupakan salah satu senyawa yang berperan dalam mengatasi asam yang terdapat dalam rongga mulut, sehingga bisa membersihkan mulut dengan baik. Asam sendiri bisa berdampak buruk pada gigi, yang salah satunya bisa menyebabkan gigi berlubang. Maka dari itu flouride bisa dijdadikan pencegahan sekaligus pengobatan untuk mengatasi sakit gigi berlubang.

Demikianlah beberapa cara mengobati sakit gigi berlubang paling ampuh yang bisa dilakukan dengan bahan alami, obat medis, hingga dengan pemilihan pasta gig yang tepat. Jaga selalu kesehatan dan kebersihan rongga mulut untuk menciptakan rongga mulut yang aman dari kinerja bakteri penyebab sakit gigi berlubang. Semoga artikel ini bermanfaat.