Sponsors Link

Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Gigi karena Saraf

Sponsors Link

Sakit gigi memang akan menjadi sangat mematikan. Sakit gigi juga tidak bisa membuat tidur terasa nyenyak. Apalagi jika sakit gigi dikarenakan saraf yang sudah meradang. Sakit gigi karena saraf pasti menciptakan rasa sakit yang luar biasa. Bahkan cara mengobati sakit gigi karena saraf tidak bisa disamakan dengan sakit gigi karena infeksi bakteri seperti biasanya. Mengonsumsi Obat Pereda Sakit Gigi Berlubang pun hanya akan menenangkan saraf gigi beberapa jam saja. Sementara, ketika efek obat sudah habis, sakit gigi karena saraf akan kembali muncul.

ads

Kondisi ini tentu tidak bisa diobati hanya dengan obat pereda rasa sakit saja. Lagipula, penggunaan obat pereda rasa sakit yang terus menerus dalam jangka panjang juga berbahaya bagi tubuh. Maka dari itu perlu diketahui bagaimana cara mengobati sakit gigi karena saraf yang benar-benar tepat agar rasa sakit tersebut bisa hilang dan tidak kambuh-kambuh lagi.

Penyebab Sakit Gigi karena Saraf

Sebelum mengetahui cara pengobatannya, ada baiknya mengetahui dulu beberapa hal mengenai infeksi saraf gigi yang menyebabkan rasa sakit tersebut. Seringkali, penyebab dari sakit gigi karena saraf adalah pembusukan pada gigi. Selain pembusukan, cedera pada gigi juga bisa menyebabkan kondisi saraf gigi terganggu sehingga kerap kali menimbulkan rasa sakit yang tidak tertahankan. Saraf gigi itu sendiri berada di dalam bagian gigi yang bernama pulpa. Sedangkan peradangan pada pulpa sering juga disebut sebagai pulpitis. Jika tidak segera ditangani dengan baik, kondisi ini bisa menyebabkan Jenis Jenis Penyakit Gigi yang bisa jadi permanen. Bahkan jaringan tulang rahang maupun gusi di sekitarnya bisa ikut terkena imbasnya.

Pengobatan Sakit Gigi karena Saraf

Sebelum mengetahui cara mengobati sakit gigi karena saraf, maka pasien biasanya memang akan diperiksa terlebih dahulu oleh dokter untuk memastikan kondisi dari gigi yang terasa sakit tersebut. Selain itu, pemeriksaan juga ditujukan untuk melihat sejauh mana kerusakan pada pulpa, atau masih bisakah pulpa tersebut diselamatkan. Beberapa pemeriksaan yang akan dilakukan antara lain:

  • Rangsangan dingin – Jika rangsangan dingin bisa membuat rasa sakit hilang, maka pulpa masih sehat dan masih bisa diselamatkan. Sebaliknya jika rasa sakit masih terasa walau sudah diberi rangsangan dingin, maka pulpa sudah tidak bisa dipertahankan.
  • Uji pulpa elektrik – Alat penguji pulpa elektrik digunakan untuk mendeteksi apakah pulpa masih hidup atau tidak.
  • Uji ketukan – Dokter juga bisa menguji Jenis Jenis Penyakit Mulut dengan sistem ketukan. Jika saat diketuk rasa nyeri muncul, maka peradangan pada saraf gigi sudah menyebar ke sekitar tulang rahang.
  • Rontgen gigi – Pemeriksaan lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan rontgen gigi untuk memastikan sejauh mana pembusukan yang terjadi.
Sponsors Link

Itulah beberapa pemeriksaan yang dilakukan sebelum pengobatan. Cara mengobati sakit gigi karena saraf akan dilakukan sesuai dengan kondisi masing-masing pasien. Berikut beberapa pengobatan yang disesuaikan dengan tingkat parahnya infeksi dan Penyebab Gigi Rusak hingga ke saraf gigi yang terjadi pada masing-masing pasien.

  • Jika saraf masih bisa diselamatkan

Jika pemeriksaan di atas menunjukkan bahwa saraf dan pulpa masih bisa diselamatkan, dalam artian infeksi yang ada belum cukup parah, maka cara pengobatan yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan obat penenang saraf. Selain itu, penambalan terhadap gigi yang berlubang atau meradang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit. Biasanya penambalan itu akan dibiarkan selama kurang lebih 6 minggu. Setelah itu penambalan akan diganti dengan penambalan permanen.

Sponsors Link

  • Jika saraf sudah tidak bisa diselamatkan

Jika saraf gigi sudah benar-benar parah dan tidak bisa diselamatkan, maka satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa sakit itu sendiri adalah dengan menghilangkan pulpa. Dalam artian pulpa harus diangkat dari rongga mulut agar rasa sakit bisa hilang sepenuhnya. Cara mengobati sakit gigi karena saraf dengan sistem pengangkatan pulpa bisa dilakukan dengan pencabutan gigi. Alternatif lainnya adalah dengan perawatan saluran akar atau mematikan saraf gigi. Namun Biaya Mematikan Saraf Gigi terbilang cukup mahal.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai cara mengobati sakit gigi karena saraf yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa sakit. Jika gigi Anda sering sakit, jangan ragu untuk mendatangi dokter gigi. Karena bisa jadi sakit gigi itu disebabkan oleh saraf. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini