9 Cara Mengobati Sariawan Di Gusi dengan Cepat dan Terampuh

Sariawan muncul sebagai ulkus bulat dan dapat berkembang pada lapisan pipi dan bibir, lidah atau di dasar gusi. Makanan tertentu yang panas, jeruk, asam atau pedas di alam dapat menyebabkan bisul ini menjadi lebih menyakitkan dan, sebagai hasilnya, lebih terasa.

Sebaliknya, makanan seperti salmon, peterseli, kale, wortel, bayam dan yogurt dapat mengurangi dan menjadi cara mengobati sariawan di gusi karena kandungan vitamin mereka. Makanan ini mengandung vitamin B12, folat dan zat besi yang semuanya dapat membantu meminimalkan kemungkinan sariawan di mulut seperti cara mengatasi sariawan saat puasa.

Cara Mengobati Sariawan Di Gusi

Berikut beberapa cara mengobati sariawan di gusi seperti cara mengatasi pipi bengkak karena sariawan, yaitu:

1. Gel atau obat tropikal

Menerapkan obat topikal, biasanya dalam bentuk gel atau pasta, langsung ke kanker sakit. Hal ini mencegah ulkus teriritasi oleh makanan pedas atau asam, atau disentuh. Tambalan atau perban khusus dapat diletakkan di atas sariawan. Ini dirancang untuk menempel ke bagian dalam mulut dan akan melindungi ulkus dari iritasi seperti sikat gigi terlalu keras menyebabkan sariawan.

2. Menggunakan obat kumur

Membilas mulut dengan obat kumur untuk membersihkan area dan memberikan bantuan dari rasa sakit atau ketidaknyamanan. Seseorang harus memilih obat kumur yang memiliki sifat antiseptik untuk mencegah infeksi dan mematikan mulut.

3. Menggunakan garam 

Orang juga dapat memilih untuk menggunakan alternatif alami, seperti larutan garam, untuk mempromosikan penyembuhan. Membilas mulut dengan larutan garam sebaiknya tidak mengganti menggunakan obat kumur jika diperlukan seperti pengaruh sariawan terhadap lambung.

4. Berlatih kebersihan gigi dengan sikat lembut

Menjaga mulut dan berhati-hati agar tidak merusak sariawan dapat mempercepat proses penyembuhan. Menggunakan sikat gigi yang lembut dapat membantu menghindari sariawan yang menjengkelkan. Menjaga kebersihan mulut yang baik dengan menjaga gigi dan gusi tetap bersih dapat mencegah bisul menjadi terinfeksi.

5. Minum suplemen vitamin B-12

Vitamin B-12 mendukung fungsi normal otak dan sistem syaraf dan memiliki bagian penting untuk dimainkan dalam penciptaan sel darah merah. Sebuah penelitian kecil menemukan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin B-12 mengurangi jumlah rasa sakit dari sariawan, jumlah wabah, dan jumlah bisul yang dialami dalam sebulan seperti sariawan di lidah tidak sembuh-sembuh.

6. Minum teh chamomile dengan madu

Secangkir teh herbal chamomile, dikelilingi oleh tanaman chamomile dan bunga.
Teh Chamomile dicampur dengan madu dapat bertindak sebagai antiseptik, membantu meringankan gejala sakit kanker, termasuk rasa sakit. Chamomile dan madu telah digunakan secara historis untuk berbagai alasan kesehatan, dan telah dilaporkan membantu menyembuhkan sariawan dengan mengurangi rasa sakit dan peradangan.

7. Menghindari makanan tertentu

Seseorang harus menghindari makanan yang sangat pedas, asin, atau asam, yang dapat mengiritasi sariawan dan menghentikannya dari penyembuhan. Bahkan minuman panas dan makanan dengan pinggiran kasar, seperti sepotong roti panggang, bisa menyebabkan ketidaknyamanan.

8. Menggunakan lidah buaya

Menerapkan gel lidah buaya langsung ke sariawan dapat membantu meredakan iritasi, serta mengurangi rasa sakit dan peradangan. Meskipun ada bukti ilmiah terbatas tentang manfaat lidah buaya untuk sariawan, itu dianggap aman untuk digunakan oleh Pusat Nasional untuk Pelengkap dan Integratif Kesehatan (NCCIH) .

9. Menggunakan minyak cengkeh

Minyak cengkeh telah digunakan secara historis untuk menghilangkan rasa sakit. Seseorang dapat menggunakan minyak cengkeh sebagai obat dengan membilas mulut terlebih dahulu dengan larutan garam laut atau obat kumur, kemudian mengaplikasikan kapas yang direndam dalam minyak cengkeh ke kanker untuk mematikan rasa sakit.