Sponsors Link

6 Cara Menyembuhkan Abses Gigi Terbukti Berhasil

Sponsors Link

Abses gigi merupakan infeksi gigi yang umumnya disebabkan karena karies gigi atau penyakit gusi atau cedera gigi serius yang bisa berdampak pada pulpa seperti fraktur. Ini akan berakibat infeksi bernanah yang terasa menyakitkan dan butuh penanganan medis untuk mencegah gigi tanggal dan juga infeksi gigi meluas ke area sekitarnya, tulang wajah atau sinus. Apabila anda menunggu satu sampai dua hari untuk mendapatkan perawatan medis, maka ada beberapa cara menyembuhkan abses gigi rumahan yang bisa anda lakukan untuk meredakan rasa tidak nyaman akibat abses.

ads
  1. Kumur Dengan Air Garam Hangat

Cara menyembuhkan abses gigi pertama bisa dilakukan dengan berkumur air garam hangat. Lakukan perawatan ini setiap kali selesai makan supaya sisa makanan tidak semakin mengiritasi abses. Perawatan ini juga sangat penting untuk meredakan nyeri pada gigi meski untuk sementara waktu.

  • Larutkan 1 sendok teh garam dengan 1 cangkir air hangat dan gunakan untuk berkumur lalu buang dan ulangi kembali.
  1. Pakai Pereda Nyeri

Pereda nyeri yang bisa dibeli bebas juga bisa anda konsumsi untuk mengatasi rasa nyeri serta demam. Obat obatan seperti parasetamol, naproxen dan ibuprofen bisa digunakan untuk membantu meredakan nyeri pada gigi sementara waktu sambil menunggu jadwal pemeriksaan dengan dokter gigi untuk cara mengatasi penyakit abses gigi.

  • Pakai obat sesuai anjuran meski tidak menghilangkan nyeri gigi secara menyeluruh.
  • Beberapa obat ini juga bisa menurunkan demam yang disebabkan infeksi.
  1. Perwatan Saluran Akar Gigi

Dokter gigi mungkin akan menganjurkan perawatan saluran akar yang bisa dilakukan langsung di klinik atau oleh dokter spesialis yang juga bisa dilakukan untuk mengatasi penyebab akar gigi mati. Selama perawatan saluran akar gigi, dokter gigi akan mengebor gigi sekaligus mengangkat pulpa yang terinfeksi, membuat saluran akar steril secara menyeluruh lalu ditambal dan menutup ruang dalam gigi serta mengisi lubang gigi dengan implan atau mahkota jika memang dibutuhkan. Dengan perawatan ini, maka gigi yang sudah menerima perawatan tersebut bisa utuh seumur hidup.

  1. Cabut Gigi

Dalam beberapa kasus, tindakan perawatan saluran akar tidak bisa dilakukan karena beberapa hal sehingga gigi harus dicabut. Tindakan pencabutan gigi ini umumnya hanya memerlukan waktu beberapa menit seperti manfaat cabut gigi berlubang. Dokter akan membius area yang sakit dengan anestesi lokal lalu memotong jaringan gusi di sekitar gigi. Nantinya dokter akan memakai forcep untuk menjepit gigi kemudian digoyangkan ke depan dan belakang untuk mengendurkan dan akhirnya dicabut.

Hal yang harus anda lakukan adalah merawat bekas cabut gigi sesudah mengalami abses. Dokter gigi nantinya akan memberikan panduan perawatan dengan lebih detail yang harus anda ikuti. Perawatan sesudah cabut gigi ini meliputi penggunaan kain kasa untuk mengatasi pendarahan pada hari pertama, membiarkan pembentukan gumpalan darah pada bekas cabut gigi sekaligus menjaga kebersihan mulut sampai luka anda pulih benar.

  1. Gunakan Antibiotik

Pakai juga antibiotik untuk sakit gigi yang sudah diresepkan oleh dokter. Antibiotik merupakan bagian penting dalam perawatan abses dan dibutuhkan untuk memastikan infeksi bisa teratasi dan tidak kambuh lagi. Anbitibiotik ini juga bisa membantu untuk mencegah nyeri kronis yang terjadi karena dry socket. 

Sponsors Link

  1. Periksa dan Bersihkan di Dokter Gigi

Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah mengunjungi dokter gigi untuk periksa dan membersihkan abses gigi. Dokter gigi mungkin juga akan membersihkan abses dengan cara membuat sayatan kecil setelah sebelumnya diberikan obat anestesi untuk bagian yang sakit. Tindakan ini bertujuan untuk mengeluarkan nanah dan kemudian akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan perawatan lain yang dibutuhkan.

  • Namun jika memang rasanyeri tidak dirasakan, maka anestesi juga tidak diberikan. Selain itu, nanah juga akan keluar lewat lubang kecil pada gusi yang disebut dengan fistula gusi.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini