Sponsors Link

5 Cara Menyembuhkan Kanker Gusi – Gejala dan Penyebabnya

Sponsors Link

Siapa yang tak kenal penyakit kanker? Kanker merupakan penyakit mematikan nomor satu di Negara berkembang. Kanker merupakan kelainan siklus sel yang menimbulkan kemampuan sel untuk tumbuh dengan tidak terkendali, menyebabkan pembelahan sel melebihi batas normal. Hal itu terjadi disebabkan karena kerusakan pada DNA. Kanker dapat menyerang jaringan disekitarnya dan berkembang ke jaringan tubuh lainnya melalui sirkulasi darah atau sistim limfatik, inilah yang di sebut metastasis. Kecuali kanker darah atau leukemia, biasanya sel kanker membetuk sebuah tumor yang berupa benjolan atau pembengkakan.

ads

Kanker adalah salah satu penyakit mematikan yang paling ditakuti di dunia, karena banyak kasus pada penyakit kanker yang baru terdeteksi setelah masuk ke stadium lanjut menyebabkan penyakit ini sulit untuk disembuhkan. Tak terkecuali pada kanker gusi, karena kanker gusi stadium satu masih sulit untuk terdeteksi. Kanker gusi sangat mudah menyebar ke tulang misalnya terjadinya kanker rahang gigi, hal ini disebabkan karena posisi kanker yang dekat dengan tulang rahang.

Lalu upaya apakah yang biasanya di ambil dalam menyembuhkan kanker gusi ini? Pada artikel kali ini akan dibahas beberapa cara menyembuhkan kanker gusi.

Cara menyembuhkan kanker gusi

  1. Pembedahan – Hemimaksilektomi dan Hemimandibulektomi

Pembedahan hemimaksilektomi ini perlu dilakukan apabila sel kanker sudah menyebar ke rahang atas. Hemimaksilektomi merupakan pembedahan dengan metode membuang satu sisi tulang rahang atas atau semuanya termasuk premaksila, maksila dan hard palate.

Apabila sel kanker sudah menyebar ke rahang bawah, maka pembedahan yang harus dilakukan adalah pembedahan hemimandibulektomi. Pembedahan hemimandibulektomi adalah pembedahan dengan metode membuang sebagian tulang mandibular atau tulang rahang bawah.

  1. Pembedahan – Reseksi Marginal

Pembedahan reseksi marginal ini adalah untuk pasien dengan kanker gusi yang sudah menyebar ke bagian tulang rahang bawah dan tumor yang menunjukkan fakta klinis invasi mukosa gusi dan atau adhesi ke tulang, dimana hasil pemeriksaan radiologi tidak menunjukkan gangguan tulang dan resoprsi tulang tidak meluas ke saluran alveolar bawah.

Pada pasien yang tumor gusi dengan resorpsi tulang atau destruksi sudah meluas di sekitar saluran alveolar bawah, maka dilakukan reseksi segmental (reseksi en bloc yaitu reseksi tulang berdasarkan ukuran tumor).

  1. Pembedahan – Tulang Rahang

Pembedahan tulang rahang pada kanker gusi  yaitu pada saat kanker gusi sudah mencapai T4 dimana tumor sudah menyebar ke tulang rahang dan mengharuskan dokter untuk membuang tumor beserta tulang yang sudah terinfeksi sel kanker.

Beberapa tipe yang berbeda dari reseksi tumor dilakukan yang semuanya ditentukan berdasarkan invasi tumornya. Jika telah terjadi invasi sel tumor ke mukosa gusi, maka pembedahan reseksi pada mukosa atau selaput lendir gusi yang lebih dipilih.

Jika tumor sudah meluas ke alveolus atau alveoli gigi (yaitu struktur pada tulang rahang manusia), maka pembedahan reseksi marginal adalah metode yang  baik jika terdapat resiko penyebaran tumor yang substensial dan batas bebas tumor sulit untuk dinilai. Begitu juga sebaliknya.

Sponsors Link

  1. Pembedahan – Tulang Rahang Atas (Maksila)

Seberapa luas operasi kanker gusi itu dilakukan tergantung dari ukuran lesi dan pertumbuhan tumornya. Pembedahan pada tulang rahang atas (maksilektomi) akan menyebabkan gangguan fungsional seperti masalah gusi, gangguan mastikasi, hipernasality dan kelowongan rongga hidung. Pembedahan kanker gusi pada rahang atas ini sering menghasilkan Fistula oroantal dimana harus dilakukan operasi untuk penutupan fistula tersebut.

  1. Pembedahan – Tulang Rahang Bawah (Mandibula)

Pembedahan pada tulang rahang bawah ini di sebabkan karena sel kanker gusi sudah menyebar ke area rahang bawah atau mandibula. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan peran penting tulang rahang bawah, aspek estetika, dan psikologi.

Kebersihan gigi dan mulut adalah hal yang sangat penting, banyak orang yang menganggap remeh terhadap kesehata gigi dan mulut padahal gigi dan mulut berperan penting di dalam kelangsungan hidup. Jangan abaikan jika hal – hal seperti di bawah ini terjadi pada anda karena hal – hal ini merupakan gejala awal terjadinya kanker gusi.

ads

Gejala awal terjadinya kanker gusi antara lain:

  • Terjadi pembengkakan pada gusi. Gusi yang membengkak merupakan gejala awal terjadinya kanker gusi. Warna pada gusi akan terlihat lebih gelap dan bila di sentuh sedikit saja gusi akan mengeluarkan darah.
  • Pendarahan pada gusi. Hal ini bisa di lihat pada saat menggosok gigi. Gusi menjadi sangat sensitif dan tidak bisa di sentuh oleh benda apapun.
  • Luka pada gusi yang tak kunjung sembuh juga merupakan salah satu dari gejala kanker gusi. Luka yang terjadi karena gesekan saat menggosok gigi biasanya mudah sembuh, tetapi jika sel – sel kanker telah ada di dalam gusi maka luka menjadi sulit untuk sembuh.
  • Benjolan pada gusi. Benjolan pada gusi juga patut di waspadai karena bisa saja benjolan itu berupa tumor yang menjadi tanda awal kanker gusi.
  • Kesulitan mengunyah makanan. Hal ini disebabkan karena gusi tak lagi berfungsi dengan baik untuk menopang gigi.
  • Kesulitan bicara dan perubahan pada suara. Hal ini dapat terjadi apabila sel – sel kanker sudah menjalar sampai ke tulang rahang.

Jika anda mengalami salah satu dari gejala di atas sebaiknya segeralah memeriksakannya ke dokter, karena dokter akan meneliti lebih jauh sehingga anda dapat mengobati lebih awal.

Penyebab kanker gusi

  1. Faktor keturunan
  2. Faktor kurang menjaga kebersihan gigi dan mulut
  3. Faktor kebiasaan buruk mengkonsumsi rokok, tembakau, minuman keras, obat – obatan, diet yang salah, dan kurang berolah raga.
  4. Faktor luka yang tidak segera diobati, misalnya saat mengosok gigi yang salah terjadi luka terbuka yang kemudian dibiarkan saja. Kebiasaan mencongkel gigi juga dapat mengakibatkan luka pada gusi.

Menjaga kebersihan gigi dan mulut tidak bisa dianggap remeh lagi, hal ini seharusnya menjadi perioritas di dalam kehidupan kita sehari – hari Cara menyembuhkan kanker gusi ini semoga dapat menambah informasi untuk anda, dimana kebanyakan tindakan yang diambil adalah melalui pembedahan. Sebaiknya menghindari kebiasaan – kebiasaan yang menjadi penyebab terjadinya kanker gusi. Dapat anda simak juga Ciri – ciri Kanker Gusi. Tetaplah menjaga kesehatan gigi dan mulut anda dan nantikan artikel – artikel informaf kami lainnya, hanya di Halogigi.com.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi