8 Cara Merapikan Gigi Secara Alami dengan Cepat tanpa Behel

Cara merapikan gigi secara alami bisa dilakukan di rumah jika anda mau mempelajari karakteristik dari gigi dan bahan alami yang bisa digunakan. Gigi yang rapi tentunya menjadi dambaan bagi setiap orang. Gigi yang rapi juga membuat kita menjadi percaya diri dan lebih confidence saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Senyum yang natural dan tampak bahagia dengan memperlihatkan tatanan gigi yang bersih dan tentunya rapi akan membuat penampilan kita menjadi semakin menarik serta akan terlihat sedap dipandang mata. Untuk mendapatkan keadaan seperti itu diperlukan perhatian dan penanganan khusus dari diri kita sendiri.

Baca juga :

Cara Merapikan Gigi Secara Alami

Cara Merapikan Gigi Secara AlamiGigi merupakan bagian yang wajib diperhatikan kondisi kesehatannya dengan melakukan perawatan secara rutin. Selain itu kerapian gigi juga akan menjadi nilai tambah tersendiri terhadap look saat pertama melihatnya.

Namun untuk hal kerapian pada gigi, masyarakat kita pada umumnya kurang memperhatikannya. Karena mungkin kurang adanya pengetahuan mengenai pentingnya kerapian gigi.

Sehingga sangat diperlukan informasi seputar gigi dari dokter ahli yang sudah menekuni dibidangnya agar masyarakat menjadi sadar betapa pentingnya menjaga dan merawat gigi mereka.

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai cara merapikan gigi secara alami. Yuk kita simak bersama-sama! (baca juga : cara mengatasi gigi goyang)

Berikut beberapa cara yang bisa anda jadikan sebagai bahan referensi pada saat anda akan merapikan gigi secara alami, penjelasannya sebagai berikut :

1. Menggunakan Lidah

menggunakan lidahJika anda menginginkan gigi menjadi terlihat rapi dan pada saat tersenyum terlihat seperti iklan pada pasta gigi, maka anda bisa memanfaatkan lidah anda untuk mendorong-dorong bagian-bagian gigi yang ingin dirapikan. (baca juga : jenis bahan tambal gigi)

Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal diperlukan penanganan secara rutin yang harus rajin untuk dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Jangan harap cara ini bisa berhasil secara instan, karena memang cara alami itu membutuhkan proses yang memakan waktu lumayan lama, tetapi tidak ada resiko ataupun efek samping setelahnya.

Jadi yang perlu anda perhatikan dan lakukan adalah, jika terdapat waktu luang ataupun waktu di sela-sela aktivitas, anda bisa mempraktekkan cara ini agar diharapkan nantinya hasil yang baik bisa segera anda dapatkan.

2.  Sendok Kayu

sendok kayuSendok kayu seringkali digunakan sebagai souvenir ataupun pajangan di rumah. Namun kali ini sendok kayu juga mempunyai fungsi lain yang mungkin tidak banyak orang tau ternyata bisa dimanfaatkan sebagai alat untuk membantu proses merapikan gigi.

Hal yang pertama bisa anda lakukan adalah merebus sendok kayu bersamaan dengan nasi pada saat masih dalam keadaan setengah matang. Bisa juga anda rebus sendiri menggunakan air sampai mendidih.

Selanjutnya anda bisa mengangkat sendok kayu tersebut dan langsung menggunakannya untuk mendorong bagian gigi yang tidak rata. Bisa didorong dari bagian luar atau pun dari bagian dalam, menyesuaikan kondisi gigi anda.

Ketika anda sedang mendorong gigi, tahan kurang lebih dalam kurun waktu satu sampai dua menit. Hal ini dilakukan agar gigi bisa cepat terdorong sesuai dengan keinginan anda. Suhu panas pada sendok digunakan untuk melunakkan bagian gigi. Jangan lupa ulangi cara di atas beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Baca juga :

3. Hindari Tidur Telungkup

HINDARI TIDUR TELUNGKUPKebanyakan orang menganggap bahwa tidur telungkup adalah kebiasaan yang menyenangkan dan nyaman untuk dilakukan. Tahukah anda bahwa tidur telungkup yang terlalu sering akan mempengaruhi kondisi fisik kerapian gigi?

Tidur telungkup sama artinya membiarkan bagian sebelah pipi dan dagu kita menempel pada bantal sehingga tanpa kita sadari gigi akan terdorong. Dalam jangka waktu panjang, hal tersebut akan membuat gigi anda menjadi berantakan, namun kita tidak tahu penyebab yang sebernarnya kita lakukan sehari-hari.

Jadi disarankan kurangilah kebiasaan tidur telungkup untuk menjaga kerapian gigi anda. Dari hal sepele seperti itulah ternyata bisa menyebabkan hal-hal yang tidak kita inginkan dan yang tidak kita sadari. Oleh karena itu mulailah meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk lainnya untuk menhindari resiko-resiko yang merugikan untuk diri anda.

4. Hindari Memangku Wajah

Cara merapikan gigi secara alami kali ini seringkali digunakan sebagai pencegahan. Kebiasan lain yang sering kita lakukan adalah memangku wajah. Hal ini sering dilakukan ketika kita sedang santai atau pun melamunkan suatu hal seperti masalah-masalah yang sedang kita hadapi di rumah, kampus, dan juga kantor.

Memangku wajah dalam waktu tertentu, apalagi jika sering dilakukan sepanjang hari, akan bisa mempengaruhi kondisi kerapian gigi anda. Secara tidak sengaja dan tidak sadar bagian gigi yang berinteraksi langsung dengan tangan akan terdorong ke dalam, sehingga dalam jangka waktu tertentu letak gigi menjadi tidak beraturan.

Sangat disarankan kepada anda, sebaiknya segeralah meninggalkan kebiasaan-kebiasaan yang awalnya terlihat sepele dan nyaman untuk dilakukan, ternyata nantinya akan timbul pengaruh besar yang bisa sangat merugikan bagi diri anda.

Baca juga :

5. Hindari Menghisap Permen Bertongkat

Kebiasaan mengemut permen, mengemut jempol atau pun mengemut benda-benda padat lainnya tanpa kita sadari akan membuat gigi menjadi tidak rapi dan rata. Benda-benda yang terlalu lama di dalam mulut akan mempengaruhi kondisi fisik dari gigi anda. Biasanya gigi akan cenderung menjadi condong ke bagian depan dan lama kelamaan akan terlihat tonggos.

Hal serupa lainnya yang juga sering dilakukan seperti halnya menggigit pulpen, meniup-niup permen karet yang bisa menyebabkan suatu tekanan di dalam mulut. Disarankan sebaiknya anda mengurangi kebiasaan-kebiasaan mengemut benda-benda padat ataupun yang menciptakan tekanan pada area dalam mulut. Agar nantinya kondisi gigi anda bisa tetap terjaga kerapiannya.

6. Buah-Buahan

Buah-buahan merupakan sumber utama dari berbagai vitamin yang keberadaannya sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mendukung proses metabolism di dalam tubuh agar bisa berjalan dengan lancar. Selain enak untuk dimakan, ternyata buah-buahan bisa juga dimanfaatkan untuk membantu anda merapikan gigi yang terlihat kurang rata dan berantakan.

Baca juga :

Buah-buahan yang bisa anda gunakan untuk merapikan gigi harus yang mempunyai tekstur padat seperti contohnya apel, pear, jambu biji dan lain-lain. Karena tekstur yang padat tersebut akan bisa digunakan untuk mendorong bagian-bagian gigi yang yang tidak rata tersebut. Cara ini cukup efektif dan aman.

Tempelkan buah-buahan yang sudah anda cuci bersih pada bagian gigi yang ingin dirapikan. Tunggu sampai beberapa menit agar terjadi interaksi. Setelahnya anda bisa langsung memakan buah tersebut. Lakukan cara ini secara rutin pada saat anda akan memakan buah.

Satu hal yang perlu anda perhatikan dan pahami adalah cara ini hanya bisa diterapkan pada bagian gigi yang mudah untuk dijangkau saja, yakni pada gigi bagian depan baik bagian atas maupun bagian bawah. Untuk bagian gigi dalam tidak mungkin bisa diterapkan menggunakan cara ini karena tidak mungkin buah-buahan dengan ukuran kepalan tangan masuk ke mulut dalam keadaan utuh.

7. Menggunakan Tangan

Cara ini juga tidak berbeda jauh dengan cara yang sebelumnya sudah saya jelaskan. Tangan merupakan alat yang fleksibel jika dimasukkan ke bagian dalam mulut dan bisa menjangkau sampai bagian dalam menggunakan jari-jari kita.

Sebelum melakukan cara ini hendaknya anda cuci bersih tangan anda untuk membersihkan kuman-kuman yang menempel selama anda beraktivitas. Gunakan bagian jari yang anda anggap nyaman untuk digunakan. Dorong bagian gigi yang anda ingin rapikan dan tahan hingga beberapa menit. Lakukan cara ini minimal 2 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang baik dan tentunya lebih maksimal.

8. Veneer Berbahan Komposit atau Ceramic

Anda bisa melakukannya dengan cara venner untuk merapikan gigi anda, karena gigi yang rapi merupakan impian setiap orang terutama untuk wanita. Untuk merapikan dengan cara ini maka anda harus mengunjungi dokter, karena cara ini memiliki resiko yang tinggi jika anda salah melakukannya. Disini ada dua teknik Veneer yang bisa anda lakukan yaitu :

  • Veneer Direct

Veneer direct ini merupakan salah satu teknik veneer yang bisa langsung di kerjakan pada mulut anda dan tidak memerlukan pengulangan dalam proses perapiannya, anda bisa melakukan perapian dalam satu kali kunjungan. Harga yang anda butuhkan juga standar karena tidak memerlukan atau melalui proses laboratorium

  • Veneer Indirect

Sedangkan Veneer indirect ini merupakan proses pencetakan terlebih dahulu kemudian hasil cetakannya di proses di laboratorium dan jika sudah selesai baru di gunakan oleh konsumen. Sehingga ini memerlukan biaya yang cukup mahal. Akan tetapi cara ini di jamin bisa merapikan gigi dengan sempurna.

Dapat diambil kesimpulan bahwa cara merapikan gigi secara alami di atas mungkin bisa anda jadikan sebagai bahan referensi pada saat anda berupaya merapikan ataupun menjaga kerapian gigi anda. Sampai disini dulu artikel kali ini yang membahas mengenai cara merapikan gigi secara alami. Semoga bermanfaat dan terima kasih.