Sponsors Link

16 Cara Merapikan Gigi Tonggos dengan Cepat

Sponsors Link

Gigi tonggos memang menjadi masalah struktur yang membuat penderitanya menjadi tidak percaya diri dalam menjalani hari-hari. Selain itu, gigi tonggos juga memicu ketidaksempurnaan dari proses pernafasan dan juga pencernaan, sehingga kesehatan jangka panjang juga bisa terganggu. Maka dari itu permasalahan gigi tonggos perlu diatasi agar tidak mengganggu penampilan serta kesehatan. Berikut ada beberapa cara merapikan gigi tonggos dengan cepat yang bisa dilakukan.

ads
  1. Merapikan gigi dengan lidah

Salah satu Cara Merapikan Gigi tanpa Behel adalah dengan sederhana, yaitu menggunakan lidah. Cara ini disesuaikan dengan kondisi gigi itu sendiri. Jika gigi tonggos, maka dorong gigi dengan lidah ke arah dalam. Namun cara ini tentunya membutuhkan waktu yang lama dan perlu dilakukan sebagai kebiasaan agar tidak terlupa. Oleh karena itu, pemeriksaan ke dokter tetap diperlukan.

  1. Veneer gigi

Cara lain untuk membantu merapikan gigi yang tonggos adalah dengan menggunakan veneer gigi. Veneer gigi ini bisa menjadi salah satu alternatif perawatan gigi dalam bentuk yang transparan sehingga tidak menonjol seperti behel gigi. Veneer akan dipasang pada gigi, untuk mengatasi masalah struktural pada gigi.

  1. Behel gigi

Cara merapikan gigi tonggos dengan cepat yang paling sering ditemui adalah menggunakan Manfaat Gigi Behel. Behel gigi ini merupakan salah satu alternatif yang paling populer. Untuk memasang behel, lakukan pemeriksaan pada dokter karena pemasangan behel tidak bisa dilakukan sembarangan. Hindari menggunakan behel gigi yang dijual di pasaran secara bebas karena bisa berbahaya untuk kesehatan gigi.

  1. Invisalign

Gigi tonggos juga bisa diatasi dengan invisalign. Alat ini merupakan salah satu cara perawatan gigi tonggos selain behel. Teksturnya transparan dan tidak mencolok. Namun invisalign ini terbilang lebih lama prosesnya untuk mendapatkan gigi rata daripada behel gigi.

  1. Sendok kayu

Satu lagi cara alami merapikan gigi tonggos selain dengan menggunakan lidah adalah dengan menggunakan sendok kayu. Sendok katu perlu dipanaskan dulu lalu setelah panas bisa digunakan untuk menekan-nekan gigi yang tonggos ke arah dalam. Namun untuk melakukan cara ini, konsultasikan dulu dengan dokter gigi, karena sendok kayu yang panas juga bisa menyebabkan masalah gigi ngilu atua bahkan gigi bisa patah.

  1. Retainer

Retainer adalah salah satu alat untuk merapikan gigi selain behel yang bisa dipilih sebagai alternatif gigi tonggos. REtainer memiliki manfaat untuk menahan posisi gigi agar tidak menjadi parah kondisinya. Jenis dari retainer juga beragam, mulai dari fixed retainer, clear retainer, hingga hawiey retainer.

Sponsors Link

  1. Headgear

Alat lainnya selain behel adalah headgear. Headgear bisa membantu memperbaiki struktur gigi yang tidak rata dan juga memiliki bentuk rahang yang tidak normal. Cara ini tentunya cocok untuk gigi tonggos, dimana gigi tonggos juga memiliki masalah pada rahang. Penggunaan headgear biasanya dilakukan di malam hari ketika tidur. Tentunya cara ini lebih mudah untuk dilakukan dan gigi pun mudah dibersihkan.

  1. Palatal Expater

Peralatan lain yang bisa digunakan untuk mengatasi gigi tonggos. Cara kerja alat ini adalah dengan memberikan ruang yang lebih lapang pada gigi untuk tumbuh, sehinggi gigi tidak berdesakan. Alat ini lebih cocok digunakan untuk anak-anak untuk pencegahan gigi tidak rata sehingga gigi bisa tumbuh dengan lebih rata dan terstruktur nantinya. Jika anak Anda menunjukkan Ciri Gigi Bayi Tonggos maka cara ini bisa dilakukan untuk perawatan untuk mencegah gigi tonggos itu ketika mereka dewasa nanti.

ads
  1. The Inman Aligner

Alat lainnya adalah the inman aligner. Alat ini sangat fleksibel dan bisa dilepas-pasang. Cocok untuk perawatan gigi sehingga mudah dibersihkan. Alat ini bisa digunakan dengan cepat karena efeknya bisa hanya dalam hitungan bulan saja. Dan cara ini lebih cepat daripada penggunaan behel.

  1. Teeth Trainer

Alat ini kurang cocok untuk kasus gigi tonggos parah. Namun jika gigi tonggos tidak begitu parah, kemungkinan alat ini bisa digunakan. Waktu penggunaan teeth trainer juga hanya 2 jam per harinya sehingga lebih fleksibel bagi gigi. Bahan alat ini adalah polyurethane atau karet silikon sehingga lebih nyaman untuk digunakan.

  1. Karet Behel

Perawatan lain dari gigi tonggos bisa juga dengan menggunakan karet behel. Karet behel ini adalah satu bagian dari behel namun bisa diunakan secara terpisah. Penggunaan karet behel ini dipasang dengan alat yang bernama gun shooter atau sonde.

  1. Operasi atau pembedahan

Cara merapikan gigi tonggos yang bisa dilakukan dengan cepat berikutnya adalah dengan melakukan operasi atau pembedahan. Cara ini bisa membantu merapikan gigi yang sangat berantakan dan juga tonggos. Pembedahan biasanya disarankan oleh dokter jika memang keadaan rahang tidak memungkinkan untuk dilakukan perawatan seperti behel dan sebagainya.

  1. Dental Bonding

Dental bonding adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk perawatan gigi. Namun perawatan ini lebih kepada Manfaat Tambal Gigi  yang berlubang atau patah. Gigi patah juga mungkin bisa saja dialami oleh penderita gigi tonggos, misalnya jika terjadi kecelakaan. Maka dari itu dental bonding ini bisa membantu memperbaiki kekurangan tersebut, sebelum kemudian dilakukan perawatan khusus untuk gigi tonggos.

  1. Quad Helix

Alat ini mirip dengan palata; expater, yaitu memiliki fungsi untuk memperluas bagian rahang sehingga gigi tumbuh tidak berdesakan dan menjadi tonggos. Alat ini biasanya dilengkapi dengan pegas agar muncul ruang yang lebih lapang pada gigi untuk tumbuh dengan normal.

Sponsors Link

  1. Dental Crown

Dental crown memiliki fungsi untuk melapisi permukaan gigi yang rusak. Penyebab Gigi Rusak itu sendiri bisa bermacam-macam, seperti tergerus karena kecelakaan, atau karena cara menyikat gigi yang salah. Bahan yang digunakan untuk membuat dental crown adalah logam, porselen, baja, keramik, resin, dan juga zirkonia.

  1. Dentur

Dentur juga memiliki fungsi untuk mengganti gigi yang sudah hilang atau patah. Dentur bisa menjadi salah satu alternatif yang dipilih untuk merapikan gigi tonggos yang ingin diganti, atau yang mengalami kerusakan lainnya. Tanyakan pada dokter apakah cara ini cocok untuk masalah gigi Anda atau tidak, karena dokter pasti akan memberikan rekomendasi terbaik.

Demikianlah beberapa cara merapikan gigi tonggos dengan cepat yang bisa dilakukan dengan alami maupun medis. Lakukan pemeriksaan medis untuk mengetahui cara perawatan yang tepat agar gigi tonggos bisa diatasi dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini