Sponsors Link

21 Cara Merapikan Gigi Tonggos Secara Alami dan Medis Terampuh

Sponsors Link

Pernahkah anda melihat gigi yang maju ke depan atau tonggos? Gigi tonggos bukan karena gigi yang rusak atau terkena penyakit gigi. Salah satu penyebab gigi tonggos adalah faktor keturunan. Gigi tonggos disebabkan karena struktur rahang  yang dimiliki setiap orang berbeda – beda. Ada yang memiliki rahang besar dan ada yang kecil. Begitu juga dengan gigi yang akan tumbuh kemudian.

ads

Ada yang tumbuh gigi dengan ukuran kecil – kecil ada yang giginya tumbuh besar – besar. Seiring berkembangnya teknologi di bidang kedokteran gigi khususnya estetika, gigi tonggos bukanlah suatu masalah besar, gigi tonggos hanya perlu dirapihkan saja letaknya.

Cara merapikan gigi tonggos dengan cepat yang akan kita bahas pada artikel kali ini adalah beberapa solusi yang dapat anda lakukan. Beberapa cara memang dapat anda lakukan sendiri, tetapi ada juga yang memerlukan bantuan dokter gigi. Mari kita simak bersama cara – caranya.

Cara Merapikan Gigi Tonggos Secara Alami dan Medis

  1. Menggunakan Lidah

Lidah adalah media yang paling dekat dengan gigi, oleh sebab itu lidah dapat menjadi salah satu alat yang dapat dipergunakan untuk merapikan gigi. Gunakan lidah untuk menarik gigi kearah dalam. Anda dapat melakukannya kapan saja dan dimana saja. Lakukan berulang – ulang sehingga menjadi suatu kebiasan, karena hal ini tidak memerlukan tenaga dan biaya ekstra.

  1. Menggunakan Tangan

Cara ini merupakan cara alami lainnya selain dengan lidah. Menggunakan tangan atau jari jemari anda sendiri juga dapat anda lakukan. Caranya, anda tidak perlu membuka mulut anda. Cukup lakukan dari luar. Tekan – tekan bibir bagian atas maupun bawah, dibawah hidung, dengan jari – jemari anda dengan lembut dan  perlahan – lahan. Lakukan kapan saja anda inginkan dan jadikan kebiasaan jika anda menginginkan hasil yang cepat dan optimal.

  1. Menggunakan Bantuan Bibir

Cara alami berikutnya yaitu dengan bantuan bibir anda sendiri. Mengatupkan mulut dan menarik – narik bibir bagian atas dan bawah dengan bantuan rahang juga dapat membantu merapikan gigi tonggos. Selain itu juga dapat membantu merapihkan gigi – geligi yang tidak rata secara alami. Lakukan sesering mungkin dimanapun dan kapanpun anda berada. Walaupun hasilnya tidak langsung terlihat, tetapi lambat laun and akan merasakan perubahannya. Jangan mudah berputus asa jika anda menginginkan sesuatu yang terbaik untuk diri anda.

  1. Menggunakan Gigi Bagian Bawah

Cara alami lain yang dapat anda lakukan sendiri yaitu dengan menggunakan gigi bagian bawah. Beri dorongan ke bagian dalam gigi – gigi bagian atas anda dengan mengunakan gigi – gigi bagian bawah. Hal ini harus anda lakukan perlahan – lahan dan hati – hati agar tidak terjadi luka akibat lidah atau bibir tergigit.

  1. Menggunakan Sendok Kayu

Dengan sendok kayu juga dipercaya dapat membantu merapikan gigi tonggos. Bagaimanakah caranya? kenapa sendok kayu bisa merapikan gigi? Berikut langkah – langkah yang harus anda lakukan:

Sponsors Link

  • Ambil sendok kayu. Boleh yang baru atau yang sudah pernah dipakai.
  • Hangatkan sendok kayu dengan cara merendamnya kedalam air panas atau nasi yang setengah matang yang sedang anda masak.
  • Angkat sendok kayu, dan tempelkan pada gigi saat tidak terlalu panas dan dapat diterima oleh gigi anda. Diamkan selama 1 – 2 menit.
  • Lakukan perlahan – lahan untuk menghindari terkena panas area sekitar gigi.
  • Lakukan sesering yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan hasil merapikan gigi dengan sendok kayu yang optimal.
  1. Menggunakan Buah – buahan

Mengkonsumsi buah – buahan selain baik untuk menambah nutrisi tubuh ternyata dapat juga membantu merapikan gigi tonggos. Konsumsi buah – buahan yang agak padat seperti apel, buah pir, dan jambu batu. Gigit buah sambil perlahan dorong gigi bagian atas dengan buah tersebut. Selain anda menambah nutrisi untuk tubuh, juga melakukan usaha memundurkan gigi anda.

ads

  1. Menggunakan Kawat Gigi / Behel

merapikan gigi tonggos dengan kawat gigi atau behel tentunya sudah tidak asing lagi bagi anda. Kawat gigi atau behel bekerja memberi tekanan pada gigi sehingga dapat membantu memundurkan gigi yang agak maju. Penggunaan kawat gigi atau behel dilakukan melalui serangkaian pemeriksaan oleh dokter gigi. Penggunaan kawat gigi juga memerlukan waktu yang panjang, yaitu antara 18 bulan hingga 3 tahun. Setelah pemasangan kawat gigi atau behel anda diharuskan tetap kontrol ke dokter gigi untuk mengecek posisi, mengencangkan dan membersihkan kawat gigi. Selain itu hal yang perlu anda ketahui adalah manfaat gigi behel dan cara merawat gigi behel.

  1. Menggunakan Karet Behel

Karet behel merupakan bagian dari behel, hanya penggunaannya dapat terpisah. Pemasangan karet behel pada gigi menggunakan suatu alat yang di namakan gun shooter atau sonde.

  1. Menggunakan Myobrace

Myobrace yang disebut juga teeth trainer adalah sebuah alat yang digunakan untuk melatih gigi. Bentuk alat ini seperti rahang atas dan bawah yang lengkap dengan gigi – geligi. Melatih gigi dengan menggunakan myobrace setidaknya 20 jam per hari dapat membantu merapikan gigi anda. Alat ini dapat anda beli dengan harga yang terjangkau.

  1. Menggunakan Veneer Gigi

Cara selanjutnya yaitu dengan veneer gigi. Veneer gigi adalah suatu teknik melapis gigi yang bertujuan untuk mendapatkan manfaat kecantikan atau estetika seperti, gigi yang lebih putih, lebih indah, memperbaiki kerusakan gigi, menghindari karies gigi, memperbaiki bentuk dan susunan gigi yang tidak beraturan, dan menutupi cacat gigi. Lalu bagaimanakah cara pembuatannya? Anda dapat membacanya pada proses pembuatan vereer gigi dan kelemahan veneer gigi.

  1. Menggunakan Recontouring

Cara merapikan gigi tonggos dengan recontouring dapat ditempuh jika gigi yang maju hanya beberapa saja atau tidak banyak. Anda hanya perlu ke dokter gigi dan meminta dokter untuk membetuk ulang gigi atau recontouring. Hal ini agar gigi – gigi tersebut dapat disetarakan dengan gigi – gigi disebelahnya.

  1. Menggunakan Retainer

Retainer adalah alat yang digunakan untuk mempertahankan letak gigi yang telah dirapihkan setelah menggunakan behel. Bentuk, letak, dan cara kerjanya mirip behel. Bagi anda yang tidak ingin menggunakan behel karena memakan waktu dan biaya yang mahal untuk merapikan gigi, anda dapat langsung menggunakan retainer. Anda dapat membaca informasi mengenai pantangan gigi behel dan efek samping gigi behel.

  1. Menggunakan Inman Aligner

Cara lain merapikan gigi tonggos yaitu dengan alat inman aligner yang dirancang khusus hanya untuk merapihkan gigi bagian depan saja. Alat ini hanya untuk orang dewasa, mudah di buka sehingga gampang dibersihkan. Waktu keberhasilan menggunakan alat ini juga relatif singkat yaitu sekitar 6 – 18 minggu.

  1. Menggunakan Headgear

Headgear dapat digunakan untuk merapikan gigi tonggos dengan cara memberikan tekanan pada gigi atas dan rahang atas. Alat ini dipakai pada bagian kepala dan rahang atas, dengan maksud memperbaiki posisi gigi dengan mendorong gigi dan rahang ke dalam posisi yang tepat. Biasanya alat ini digunakan sebagai terapi pada malam hari, selama beberapa jam perhari.

  1. Menggunakan Invisalign

Dengan cara invisalign sama dengan kawat gigi namun berbentuk transparan, sehingga tidak mencolok seperti kawat gigi. Invisalign dibuat dengan komputerisasi dan pemakaiannya lebih mudah dari pada kawat gigi. Alat ini dapat dibuka sehingga mudah dibersihkan. Waktu yang dibutuhkan dalam memundurkan gigi relatif lebih cepat dari behel yaitu 1 – 2 tahun, namun alat ini harus diganti setiap 2 minggu sekali.

  1. Menggunakan Palatal Expander

Palatal Expander sebenarnya adalah alat yang digunakan untuk memperlebar gusi yang akan ditumbuhi gigi baru pada anak – anak. Namun palatal expander juga dapat membantu merapikan gigi tonggos dengan cara mendorong rahang masuk ke bagian dalam.

  1. Menggunakan Quad Helix

Quad Helix adalah sebuah alat yang mirip dengan palatal expander, yaitu berfungsi untuk memperluas bagian rahang sehingga gigi tumbuh tidak berdesakan dan menjadi tonggos. Biasanya alat ini dilengkapi dengan pegas agar terbentuk ruang yang lebih luas pada gigi untuk tumbuh dengan normal.

  1. Menggunakan Dentur

Salah satu alat yang dapat digunakan untuk merapikan gigi tonggos dengan cepat yaitu Dentur . Sebenarnya dentur memiliki fungsi untuk mengganti gigi yang telah hilang atau patah, namun dentur dapat menjadi alternatif mengatasi gigi yang tonggos. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter gigi anda tentang penggunaanya.

Sponsors Link

  1. Menggunakan Dental Bonding

Cara lain merapikan gigi tonggos yaitu dengan dental bonding. Walaupun sebenarnya dental bounding lebih sering digunakan untuk gigi yang patah, namun dental bounding bisa menjadi salah satu alternatif bagi penderita gigi tonggos jika mengalami gigi patah.

  1. Menggunakan Dental Crown

Dental crown mirip dengan veneer gigi, yaitu untuk melapisi gigi yang rusak dan tumbuh tidak rapih. Ada beberapa macam penyebab gigi rusak atau tumbuh tidak rapih, salah satunya seperti gigi yang tumbuh agak maju atau tonggos. Bahan yang digunakan untuk membuat dental crown adalah logam, porselen, baja, keramik, resin, dan juga zirkonia.

  1. Menggunakan Cara Pembedahan atau Operasi

Mungkin ini adalah cara yang paling akhir yang bisa dilakukan untuk merapikan gigi tonggos dengan cepat, yaitu pembedahan atau operasi. Cara ini dapat membantu seandainya keadaan rahang sudah tidak memungkinkan menggunakan behel atau alat yang lainnya.

Begitulah beberapa Cara Merapikan Gigi Tonggos Secara Alami dan Medis yang aman dan efisien, semoga dapat menambah wawasan dan membantu anda dalam mengatasi masalah gigi anda. Namun demikian setiap usaha diperlukan kesabaran dan ketekunan anda dalam melakukannya. Demikianlah artiken singkat ini kami sajikan, nantikan artikel – artikel informatif kami lainnya, hanya di Halogigi.com. Tetaplah menjaga kesehatan gigi dan mulut anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi