Sponsors Link

10 Cara Merawat Gigi Berlubang Agar Tidak Membesar yang Benar

Sponsors Link

Menjaga kebersihan gigi dan mulut adalah hal yang sangat penting, karena gigi dan mulut adalah salah satu dari bagian tubuh yang setiap hari kita gunakan untuk mengunyah dan memasukkan makanan ke dalam tubuh. Bagaimana jadinya jika bagian tubuh tersebut mengalami kerusakan atau sakit? Tentunya akan berdampak kepada bagian tubuh yang lainnya. Oleh sebab itulah kebersihan gigi dan mulut harus di tanamkan sejak awal kepada putra dan putri anda, misalnya menberikan informasi kepada mereka akan pentingnya menggosok gigi dan bagaimana cara menyikat gigi dengan benar.

ads

Apabila hal tersebut tidak ditanamkan sejak awal, maka mereka juga akan kurang peduli terhadap kebersihan gigi dan mulut. Hal – hal yang akan muncul kemudian adalah gigi susu rusak parah, gigi keropos, gigi berlubang, dan bahkan gigi tanggal sebelum waktunya. Biasanya jika kerusakan tersebut sudah terjadi maka akan timbul rasa nyeri atau sakit pada gigi, bahkan terkadang pembengkakan.

Jika gigi sudah menampakkan tanda – tanda kerusakan seperti berlubang, maka di bawah ini ada beberapa cara mengatasinya.

Cara merawat gigi berlubang agar tidak membesar

  1. Garam

Kandungan yodium yang ada pada garam berguna sebagai antiseptik dan anti bakteri untuk menghilangkan rasa ngilu pada gigi. Caranya adalah:

  • Larutkan garam dengan air hangat, kemudian gunakan untuk berkumur. Anda dapat melakukannya beberapa kali dalam sehari.
  • Cara lain larutkan ½ sendok garam dengan air lemon, kemudian oleskan pada gusi sambil memijit perlahan selama beberapa menit. Setelah itu berkumurlah dengan air hangat.
  1. Kunyit

Bumbu dapur yang satu ini ternyata bisa digunakan untuk menjaga kesehatan gusi dan mencegah bakteri masuk ke dalam gigi yang sudah berlubang, karena vitamin C yang terkandung di dalam kunyit bersifat anti bakteri dan anti radang. Caranya:

  • Haluskan 1 ruas kunyit atau ½ sendok teh kunyit bubuk, lalu campurkan dengan sedikit minyak mustard.
  • Oleskan sambil memijit perlahan campuran kunyit dan minyak mustard tadi ke gusi dan gigi.
  • Biarkan selama lebih kurang 10 menit, kemudian ludahkan dan berkumurlah dengan air hangat.
  1. Bawang Putih dan Bawang Merah

Bawang putih dan bawang merah juga merupakan bumbu dapur yang gampang kita dapatkan. Keduanya mengandung anti bakteri dan antibiotik yang dapat membunuh bakteri penyebab infeksi dan mengurangi rasa sakit pada gigi berlubang. Caranya:

  • Haluskan ½ suing bawang putih, tambahkan dengan garam.
  • Kemudian oleskan pada gigi yang berlubang.
  • Sedangkan bawang merah dapat langsung di kunyah pada gigi yang berlubang, atau bisa juga dengan menggosokkan pada bagian gigi yang sakit.
Sponsors Link

  1. Teh Hijau dan Teh Hitam

Menurut penelitian teh hijau dan teh hitam mampu mengurangi plak pada gigi dan pertumbuhan bakteri di dalam mulut. Oleh sebab itu dianjurkan untuk mengkonsumsi teh hijau dan teh hitam bagi penderita gigi berlubang.

  1. Akar Manis

Akar manis (licorice) berdasarkan penelitian yang ditulis oleh American Chemical Society’s Journal of Natural Products, mengandung manfaat untuk menyehatkan gigi. Hal ini disebabkan oleh senyawa licoricidin dan licorisoflavan yang merupkan anti bakteri yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang. Selain itu licorice juga dapat mengurangi plak pada gigi yang merupakan penyebab karang gigi hitam dan penyakit gigi lainnya. Cara menggunakannya, bubuk akar manis dapat digunakan untuk menyikat gigi atau batangnya yang lembut dapat langsung dugunakan sebagai sikat gigi.

ads

  1. Minyak Cengkeh

Senyawa anti inflamasi yang terkandung pada minyak cengkeh dapat meminimalisir peradangan. Selain itu minyak cengkeh juga mengandung senyawa antioksidan, anti bakteri, dan anastesi yang berguna untuk mengatasi rasa nyeri akibat gigi berlubang. Cara menggunakannya:

  • Campurkan beberapa tetes minyak cengkeh dengan air hangat, kemudian berkumurlah dengan air tersebut.
  • Selain itu dapat juga meletakkan beberapa tetes minyak cengkeh pada kapas, kemudian tempelkan kapas ke gigi yang berlubang.
  1. Minyak Menarik

Minyak menarik bisa didapat dari kelapa, biji wijen, minyak zaitun, dan bunga matahari. Adapun manfaat dari minyak menarik ini yaitu dapat mengatasi permasalahan pada mulut seperti gusi berdarah, membunuh bakteri, membuat gigi lebih putih, dan meningkatkan kesehatan mulut. Cara menggunakannya:

  • Gunakan minyak menarik untuk berkumur pada pagi hari setelah bangun tidur selama 15 – 20 menit.
  • Setelah itu ludahkanlah. Maka cairan yang keluar akan berwarna putih, itu menandakan bahwa racun yang ada ikut keluar bersama minyak dan air liur.
  1. Pasta Gigi Ber-fluoride

Pasta gigi ber-fluoride yang dipakai secara terus – menerus dapat mengurangi rasa ngilu pada gigi, melindungi gigi dari kerusakan, dan memperbaiki kerusakan yang telah terjadi. Cara kerja pasta gigi ber-fluoride ada dua yaitu, membantu melapisi dan memperkuat email gigi sehingga gigi tidak mudah dirusak oleh asam mulut. Selain itu juga mengurangi terjadinya kerusakan gigi seperti gigi berlubang, dan dengan menstimulasi penyerapan kalsium mampu merangsang email gigi untuk memperbaiki kerusakan. Dengan demikian masalah gigi berlubang dapat teratasi.

Pasta gigi ber-fluoride dapat menjadi solusi yang sangat efektif dalam upaya mengatasi gigi berlubang. Dengan melalui proses remineralisasi fluoride dapat memperkuat permukaan gigi yang sudah dirusak oleh asam yang di produksi oleh bakeri gigi didalam mulut.

  1. Makanan Kaya Vitamin

Mengkonsumsi makanan kaya vitamin yang sangat dibutuhkan gigi seperti vitamin A, D, E, dan K akan membuat tubuh cukup kalsium, fosfor, magnesium, dan mineral penting. Selain itu memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein hewani seperti ikan, telur, dan daging, mengkonsumsi sayuran yang berdaun hijau, dan makanan yang mengandung lemak sehat seperti minyak kelapa, minyak ikan kod, dan buah alpukat, akan membuat terpenuhinya semua vitamin yang dibutuhkan gigi yang perlahan – lahan dapat mengatasi rasa nyeri pada gigi berlubang.

Susu sapi murni dan keju yang kaya akan mineral seperti zat besi, magnesium, fosfor, kalsium, dan seng adalah nutrisi terbaik yang dibutuhkan tulang dan gigi. Susu sapi murni dapat menutup lubang gigi secara alami dan keju dapat memperkuat gigi.

Sponsors Link

  1. Menghindari Gula Berlebihan

Mengkonsumsi makanan yang mengandung gula yang berlebihan akan mendemineralisasikan struktur gigi sehingga terbentuknlah lubang. Gula juga akan menjadi makanan bagi bakteri gigi untuk berkembang biak dan mencegah gigi memperoleh cairan sehat karena kondisi mulut yang asam.

Namun demikian, tubuh juga tidak boleh kekurangan gula, karena gula yang terkandung didalam makanan merupakan sumber energi yang diperlukan oleh tubuh.

Cara merawat gigi berlubang agar tidak membesar yang telah kita bahas diatas semoga dapat membantu mengatasi masalah gigi anda. Selain itu anda dapat membaca makanan yang menguatkan gigi, makanan yang menyehatkan gigi, serta makanan yang dapat merusak gigi dan makanan yang menyebabkan gigi berlubang ini untuk mencegah kerusakan gigi yang lebih parah. Tetaplah jaga kesehatan gigi dan mulut anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini