Sponsors Link

8 Cara Merawat Gigi Patah Medis dan Rumahan

Sponsors Link

Meski gigi manusia bisa dikatakan sangat kuat, akan tetapi dalam beberapa kondisi tertentu juga bisa cuil, retak, pecah atau patah seperti contohnya gigi geraham patah setengah. Jika hal ini terjadi, maka bisa menyebabkan rasa nyeri kronis dan membuat gigi lebih rentan terkena infeksi serta kerusakan lebih lanjut. Untuk itulah jika memang anda menduga mengalami gigi patah, sangat penting untuk segera memeriksakan diri ke dokter dan ada juga cara merawat gigi patah yang bisa dilakukan untuk meredakan rasa sakit sekaligus menjaga gigi agar bisa sesehat mungkin.

ads
  1. Simpan Potongan Gigi Anda

Cara merawat gigi patah pertama seperti gigi depan keropos dan patah yang harus anda lakukan adalah menyimpan potongan gigi anda. Terkadang dokter gigi bisa menempelkan potongan gigi itu kembali sehingga sebaiknya segera anda amankan. Simpan potongan gigi dalam wadah yang sudah diisi dengan susu atau air liur agar gigi tidak cepat membusuk kemudian bawa ke dokter gigi.

Hindari menempelkan sendiri potongan gigi karena tanpa memakai peralatan yang tepat, maka bisa menimbulkan rasa sakit kronis apabila saraf yang sudah terpapar sampai tersentuh.

  1. Cuci Mulut Dengan Air Garam

Mulut sangat penuh dengan bakteri dan cedera yang terjadi di area mulut akan meningkatkan risiko infeksi. Agar bisa mencegah infeksi tersebut, maka anda harus mencuci mulut dengan air garam ketika gigi patah karena dampak jika gigi patah dibiarkan sangat mengganggu.

  • Campur 1 sendok teh garam bersama dengan 240 ml air hangat.
  • Gunakan air untuk berkumur ke semua bagian mulut antara 30 hingga 60 detik dan konsentrasikan pada area gigi yang patah.
  • Pastikan anda tidak menelan air larutan dan ulangi prosedur ini sudah makan.
  1. Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Apabila kerusakan gigi memang sudah sangat parah hingga terasa sangat nyeri, maka anda bisa mengatasinya dengan obat pereda rasa nyeri yang bisa dibeli tanpa resep sambil menunggu penanganan dari dokter.

  • Ibuprofen seperti advil dan juga motrin umumnya lebih banyak digunakan dibandingkan dengan acetaminophen sebab ibuprofen bisa meredakan bengkak dan mengurangi rasa sakit.
  1. Lapisi Dental Wax

Kadang gigi patah pada orang dewasa bisa meninggalkan bagian tepi yang tajam dan bisa melukai gusi atau lidah. Untuk mencegah luka di area mulut, sebaiknya lapisi bagian tepi gigi yang tajam dengan dental wax yang bisa anda dapatkan di tempat perawatan mulut dan juga apotek. Sebagai alternatif lain, bagian tepi patahan gigi yang tajam juga bisa dilapisi dengan permen karet kunyah bebas gula.

  1. Perbaiki Kontur Gigi

Apabila penyebab gigi mudah patah berukuran sangat kecil, maka dokter gigi mungkin akan memperbaiki kontur gigi. Perbaikan kontur gigi ini akan melibatkan pemangkasan serta penghalusan tepi tepi gigi yang tajam supaya bisa lebih halus dan tidak menyebabkan abrasi atau luka. perbaikan kontur gigi juga akan dilakukan dengan sederhana bahkan hampir tidak menimbulkan rasa sakit serta hanya membutuhkan satu kali kunjungan dokter gigi.

  1. Menambal Retakan

Apabila retakan yang terjadi adalah bukaan pada gigi, maka dokter gigi kemungkinan akan menambah seperti manfaat tambal gigi yang berlubang. Perawatan ini juga memakai bahan tambalan gigi seperti amalgam perak atau plastik untuk memperbaiki retakan pada gigi. Tambalan ini berguna untuk mencegah sesuatu tersangkut di dalam lubang sekaligus mencegah lubang semakin bertambah besar. 

Sponsors Link

  1. Pemasangan Mahkota Gigi Tiruan

Apabila retakan gigi yang terjadi cukup besar, dokter gigi kemungkinan juga akan memakai macam macam gigi palsu atau gigi tiruan untuk memperbaiki gigi tersebut. Mahkota gigi tiruan ini umumnya terbuat dari bahan logam atau keramik yang memang didesain khusus dengan tampilan dan kekuatan seperti gigi yang asli.

  1. Perawatan Saluran Akar Gigi

Jika kerusakan pada gigi sudah sangat parah dan saraf atau pulpa gigi sudah terpapar, maka dokter gigi kemungkinan akan melakukan perawatan saluran akar untuk menyelamatkan gigi anda. Dokter gigi akan membersihkan dan mendisinfeksi bagian dalam gigi dengan menyeluruh untuk mencegah infeksi dan juga mencabut gigi tersebut. Apabila perawatan saluran akar ini dilakukan, maka kemungkinan dokter juga akan memasang mahkota gigi tiruan sesudah perawatan untuk melindungi gigi anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi