Sponsors Link

10 Cara Sikat Gigi Sesuai Anjuran Ahli Gigi yang Wajib Anda Ketahui

Sponsors Link

Sikat gigi adalah rutinitas yang dilakukan setiap hari. pentingnya menggosok gigi bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kebersihan mulut agar terhidar dari berbagai penyakit. Sikat gigi tentunya harus didukung dengan kebiasaan makanan serta pola hidup yang sehat.

ads

Cara anda menyikat gigi akan menentukan maksimal dan tidaknya proses perawatan gigi anda. lakukan sikat gigi dengan cara yang benar sesuai anjuran dari dokter gigi sebab meskipun semua orang sudah mengetahui pentingnya menyikat gigi, tidak semua orang tahu cara sikat gigi yang benar. Cara tersebut saya bahas dalam artikel kali ini, yuk segera disimak, cara sikat gigi sesuai anjuran ahli gigi.

1. Pasta gigi

Hal pertama yang dilakukan ketika sikat gigi ialah membubuhkan pasta gigi, sebab pasta gigi yang menjadi salah satu bahan utama untuk membersihkan gigi. Bubuhkan sepanjang bulu sikat gigi untuk dewasa, atau sebesar biji jagung untuk anak di bawah usia 6 tahun. kadar ini adalah yang paling sesuai menurut anjuran dari ahli gigi.

Orang dewasa membutuhkan kadar yang lebih besar karena lebih banyak melakukan kegiatan makan yang lebih banyak pula beresiko meninggalkan sisa makanan di dalam mulut dan tentunya sesuai untuk ukuran mulutnya. Sedangkan untuk anak di bawah 6 tahun cukup sebesar biji jagung, jika berlebihan justru bahan kimia dalam pasta gigi akan merusak giginya yang masih dalam perkembangan.

Jangan lupa pakai pasta gigi yang mengandung fluoride untuk menjaga kesehatan dan kekuatan gigi. pasta gigi dengan kandungan fluoride mudah didapatkan di supermarket dalam berbagai merk. Gunakan pula pasta gigi yang mengandung sedikit detergen agar mengurangi resiko iritasi. Selain itu jenis pasta gigi penghilang karang gigi juga baik untuk menjaga kesehatan gigi.

2. Berkumur

Sebelum menyikat, berkumurlah dengan air bersih sekali saja, sudah cukup untuk mengawali proses pembersihan. Berkumur dengan air putih sebelum seikat gigi secara berlebihan hanya akan menimbulkan pemborosan air ya sobat.

3. Mulai dari Depan

Sikat gigi dilakukan dari bagian depan gigi sebab bagain tersebut yang paling mudah dijangkau pertama kali. Pastikan sikat gigi yanga anda gunakan sudah nyaman baik ukuran maupun bulunya. Mulailah sikatlah gigi dari bagian depan gigi, sikat dengan cara vertikal (naik turun), lakukan berulang ulang dengan cara yang sama sebanyak 8 kali.

Jumlah 8 kali menyikat merupakan angka terbaik yang disarankan oleh ahli gigi. 8 kali sikatan sudah mampu membersihkan sisa sisa makanan pada gigi, lakukan secara perlahan, jangan terlalu cepat atau keras sebab beresiko menyakiti gigi atau gusi. Jangan juga menyikat melebihi 8 kali, telalu sering menyikat akan membuat enamel (lapisan gigi terluar) menjadi tipis sehingga berpengaruh pada daya tahan gigi.

Sponsors Link

4. Gigi Belakang

Setelah selesai dengan gigi depan, cara sikat gigi sesuai anjuran ahli gigi yang benar ialah lanjutkan ke bagan gigi belakang yang berhadapan dengan pipi, sikat dengan cara memutar sebanyak 8 kali pula. Gigi belakang juga perlu untuk disikat, ketika proses makan dan mengunyah, sisa makanan dapat berada di bagian manapu sehingga perlu untuk sikat gigi secara merata.

5. Titik Gigit Gigi

Titik gigit gigi yaitu daerah pertengahan pada pertemuan kedua sisi gigi, di daerah tersebut sisa makanan mudah menempel, lakukan sikat gigi pada daerah tersebut dengan cara yang sama, yaitu memutar sebanyak 8 kali. Perhatikan dengan baik ya sobat.

6. Bagian Dalam

Cara sikat gigi sesuai anjuran ahli gigi, agar dapat tercapai kebersihan yang menyeluruh dan rasa nyaman pada gigi ialah tidak melewatkan menyikat bagian dalam mulut yang berbatasan dengan lidah dengan cara yang sama yaitu maju mundur sebanyak 8 kali. cara membersihkan karang gigi di bagian dalam memang sangat perlu dilakukan, karena resiko sisa makanan menumpuk paling besar ada di bagian dalam.

ads

7. Sikat Ulang

Selesai menyikat semua bagian gigi mulai dari depan hingga bagian dalam, ikat ulang seluruh bagian gigi secara merata. Sikat gigi yang dilakukan secara menyeluruh sesuai anjuran selesai dalam waktu kurang lebih 2 menit. Proses ini sangat efektif untuk memaksimalkan kebersihan gigi. Meskipun anda melakukan sikat gigi ulang, waspada sikat gigi terlalu keras menyebabkan sariawan jika terjadi luka.

8. Sikat Lidah

Lidah juga bagian yang berperan dalam mengunyah makanan, bukan tidak mungkin ada makanan yang menempel di lidah, apalagi jika baru saja makan makanan yang bersifat manis atau lengket. Bersihkan lidah dengan sikat khusus, di pasaran tersedia sikat gigi yang di belakangnya juga terdapat sikat khusus untuk lidah.

Sikat dengan cara gerakan maju mundur dengan perlahan, jangan menyentuh ujung lidah yang dekat denga kerongkongan, sebab beresiko terasa sakit dan menyebabkan kuman mudah masuk. Cukup sikat bagian luar yang berinteraksi langsung dengan makanan.

Dalam lidah terkadang terdapat kandungan asam akibat sisa makanan yang bereaksi dengan kuman, yang akan mampu dihilangkan dengan melakukan pembersihan lidah. Sehingga sisa makanan dapat dihilangkan dengan maksimal. Selain itu sikat lidah juga bisa mencegah timbulnya sariawan di lidah, namun sayangnya masih banyak orang yang kurang memperhatikannya.

9. Berkumur

Selesai menyikat semua bagian gigi dan mulut, berkumurlah dengan air bersih, cukup sekali atau dua kali saja supaya kandungan yang terkandung dalam pasta gigi masih dapat bekerja untuk melindungi gigi. Jika terlalu banyak berkumur, maka kandungan pasta gigi akan hilang.

Dua kali sudah cukup untuk menghilangkan pasta gigi yang telah menyebar merata ke area gigi. Berkumur juga tidak boleh dilakukan dengan terburu buru, hal itu akan beresiko menyisakan ampas dari pasta gigi, yang justru akan menumpuk dan menjadi penyakit baru. Selain itu berkumur juga merupakan salah satu cara menghilangkan bau mulut paling tepat dan mudah.

10. Gunakan Sikat Gigi yang Sesuai

Cara sikat gigi sesuai anjuran ahli gigi, selain dilakukan dengan menyeluruh dengan tekanan sedang, yaitu tekanan yang sesuai, yang tidak menimbulkan rasa sakit pada gusi dan gigi, juga disarankan untuk memakai sikat gigi yang sesuai. gusi sering berdarah dan bau mulut bisa saja terjadi apabila sikat gigi yang anda gunakan tidak sesuai sehingga akan melukai bagian gusi.

Sikat gigi yang baik yaitu sikat yang memiliki ukuran pas dengan ukuran mulut, tidak terlalu besar juga tidak terlalu kecil. Selanjutnya ialah perawatan untuk sikat gigi itu sendiri, yaitu diletakkan di tempat yang bersih, dipakai secara pribadi (tidak bergantian dengan orang lain), juga diganti dengan yang baru setidaknya setiap dua bukan sekali.

Sponsors Link

Pilih juga sikat yang memiliki bulu lembut, yang ketika anda memakainya tidak terasa seperti terkena benda yang keras. Cara sikat gigi yang benar dan sikat yang sesuai akan memaksimalkan anda dalam melakukan perawatan gigi. Penggunaan sikat gigi yang tidak sesuai akan menimbulkan luka dan kemudian munculan sariawan di lidah tidak sembuh sembuh dalam jangka waktu yang cukup lama. Tentu saja akan terasa menyiksa ya sobat.

Demikian artikel mengenai cara sikat gigi sesuai anjuran ahli gigi, lakukan kebiasaan menyikat gigi dengan cara yang benar agar kebersihan gigi dan mulut pun dapat tercapai secara menyeluruh. Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips