Cara untuk Memutihkan Gigi , Ini Solusi Terampuh

Gigi adalah salah satu organ dari sistem pencernaan yang perlu dijaga kesehatan dan kebersihannya. Salah satu ciri dari gigi yang sehat adalah gigi yang berwarna putih. Gigi putih berarti tidak ternoda oleh sisa makanan. Memiliki gigi putih tentu saja menjadi idaman semua orang. Namun untuk mendapatkan gigi yang putih, banyak orang yang tidak tahu caranya. Selain itu, masih banyak juga orang yang tidak tahu apa saja sebenarnya yang menyebabkan gigi menjadi terlihat kuning. Maka dari itu berikut beberapa cara untuk memutihkan gigi yang bisa dilakukan.

  1. Miswak/siwak

Siwak adalah salah satu bahan yang bisa digunakan untuk memutihkan gigi. Siwak sebenarnya adalah batang kayu. Alasan mengapa siwak berkhasiat untuk memutihkan gigi adalah karena memiliki mineral yang bisa menjaga kesehatan dan juga kebersihan gigi. Siwak bahkan bisa membantu menghilangkan plak atau karang gigi secara alami sehingga bisa membantu mengembalikan warna alami gigi sehingga gigi terlihat lebih putih. Siwak juga memiliki zat aktif yang bisa mencegah bakteri yang membahayakan kesehatan rongga mulut dan gigi. Cara penggunaannya pun juga mudah yaitu dengan mengusap batang siwak seperti menggunakan sikat gigi.

  1. Kulit jeruk

Jika memiliki jeruk dan buahnya sudah dimakan, maka kulitnya jangan dibuang. Kulit jeruk ternyata bisa juga digunakan sebagai salah satu bahan alami pemutih gigi. Hal ini dikarenakan kulit jeruk memiliki beberapa khasiat, di antaranya mencegah dan mengusir bakteri dan jamur pada gigi. Hal ini akan mencegah munculnya plak dan bisa membantu membersihkan gigi secara lebih maksimal. Jika plak bisa hilang dan terkikis secara perlahan, maka gigi pun juga akan terlihat lebih putih. Caranya adalah ambil kulit jeruk bagian dalam (warna putih) lalu oleskan pada gigi secara rutin. Cara ini akan membantu memutihkan gigi

  1. Daun salam

Daun salam yang sering dijadikan bahan masak ini juga salah satu bahan alami yang bisa dijadikan alternatif pemutih gigi yang aman. Hal ini dikarenakan daun salam memiliki beberapa senyawa yang bermanfaat pada kesehatan dan kebersihan gigi. Daun salam bisa dicampur juga dengan kulit jeruk. Caranya adalah dengan menjemur daun salam dan juga kulit jeruk hingga kering. Lalu tumbuk kedua bahan tersebut hingga membentuk tepung halus. Untuk hasil terbaik, ayak tepung agar lebih halus. Untuk memakainya, campur dengan sedikit air dan aduk hingga membentuk pasta. Gunakan pasta tersebut untuk menggosok gigi.

Baca juga:

  1. Lemon dan garam

Selain kulit jeruk, ternyata buah lemon yang dikombinasikan dengan garam pun bisa menjadi salah satu alternatif cara untuk memutihkan gigi. Lemon dan garam sama-sama mengandung sifat untuk membersihkan bakteri. Selain itu, buah lemon juga mengandung minyak atsiri yang bisa membantu membersihkan dan menjaga kesehatan gigi. Caranya adalah ambil air perasan lemon dan taburi dengan sedikit garam. Gunakan untuk sikat gigi. Namun hindari penggunaan yang terlalu sering karena bisa menyebabkan lapisan gigi terkikis perlahan-lahan. Gunakan saja seperlunya.

  1. Baking soda

Baking soda atau soda kue merupakan salah satu bahan yang sering dijadikan bahan utama membuat masakan. Ternyata baking soda juga bisa menjadi salah satu alternatif cara memutihkan gigi secara alami dan aman. Caranya adalah dengan menggosokkan baking soda pada gigi seperti sedang gosok gigi. Diamkan kurang lebih 10 menit dan gosok lagi, kali ini dengan tambahan pasta gigi. Setelah itu kumur hingga bersih. Namun cara ini juga jangan dilakukan terlalu sering karena bisa mengikis permukaan gigi. Maksimal gunakan baking soda sebanyak 2 kali saja dalam 1 bulan, atau 2 minggu sekali.

  1. Pinang

Buah pinang merupakan salah satu bahan alami yang mengandung bahan aktif yaitu sifat astrigent dan juga hemostatik. Manfaatnya adalah untuk menyehatkan dan membersihan gigi secara maksimal. Bukan hanya itu, buah pinang juga bisa menjaga kesehatan gusi dan bisa membantu mengurangi pendarahan pada gusi. Cara memutihkan gigi dengan pinang adalah dengan membakarnya hingga hangus. Lalu, tumbuk hingga lembut dan gosokkan pada gigi sebanyak 2 kali dalam 1 minggu.

  1. Stroberi

Buah merah yang satu ini memiliki kandungan vitamin dan juga asam malat. Asam malat inilah yang bisa membantu mengikis sisa noda yang tertempel pada gigi. Buah stroberi juga bisa membunuh bakteri di dalam rongga mulut, sehingga bisa mencegah sariawan dan peradangan. Untuk menggunakannya, cukup haluskan buah stroberi seperti membuat selai. Lalu oleskan selai tersebut pada gigi dan tunggu 15 menit. Setelah itu, bilas hingga bersih dengan berkumur. Lanjutkan dengan menggosok dengan pasta gigi seperti biasa.

  1. Susu

Seperti yang diketahui, susu adalah salah satu bahan makanan yang aman untuk dikonsumsi. Selain itu susu juga mengandung kalsium dan sejumlah mineral yang baik untuk kesehatan gigi. Manfaat ini bisa diterapkan dalam memutihkan gigi dan menjaga kesehatan gigi, salah satunya dengan mencegah gigi berlubang. Caranya juga sangat mudah, yaitu mengonsumsi susu sehat setiap hari. Cara ini tidak hanya akan baik pada gigi dan rongga mulut saja, melainkan juga bagi kesehatan tubuh pada umumnya.

Baca juga:

  1. Hidoregen peroksida (H2O2)

Hidrogen peroksida merupakan salah satu senyawa kimia yang biasa digunakan untuk perawatan luka, yaitu untuk membersihkan luka. Bahan ini dalam komposisi yang kecil bisa juga dijadikan salah satu alternatif cara memutihkan gigi. Namun hindari penggunaan dosis besar dan terlalu sering, karena bahan ini juga memiliki sifat korosif atau mengikis. Bahkan hidrogen peroksida dalam dosis besar digunakan juga dalam berbagai produk pembersih lantai. Oleh karena itu, perhatikan dosisnya, jangan sampai terlalu banyak. Dosis hidrogen peroksida yang aman untuk pemakaian oral (kumur) adalah 3%. tidak lebih dari itu. Selain itu, hindari tertelan karena bisa menyebabkan masalah pada tubuh.

  1. Buah apel

Selain stroberi, apel adalah salah satu buah yang berkhasiat juga untuk membantu memutihkan gigi. Hal ini dikarenakan apel memiliki senyawa pembersih yang juga aman. Caranya adalah dengan mengunyahnya. Namun jangan langsung ditelan. Diamkan dulu selama 15-30 menit. Setelah itu, sikat gigi seperti biasa. Untuk hasil terbaik, lakukan setiap hari hingga gigi menjadi lebih putih. Jika gigi sudah putih, kurangi penggunaannya. Atau bisa juga dengan menjadwalkan makan apel setiap hari agar caranya lebih aman.

  1. Arang

Arang, lebih tepatnya arang batok kelapa merupakan salah satu bahan yang berwarna hitam. Namun ternyata arang ini memiliki khasiat untuk membantu membersihkan gigi hingga bersih sehingga gigi menjadi lebih putih. Hal ini dikarenakan arang memiliki sifat alkali yang cukup ampuh. Caranya adalah dengan menumbuk arang hingga halus dan mengayaknya. Ambil pasta gigi dan campur dengan arang yang sudah diayak tadi. Gunakan perbandingan pasta gigi : arang adalah 2:1 tanpa air. Aduk dan gunakan untuk menggosok gigi seperti biasanya dan kumur hingga bersih. Setelah itu, gosok lagi dengan pasta gigi tanpa arang untuk menghilangkan sisa arang dalam rongga mulut.

  1. Daun mimba

Daun mimba merupakan salah satu bahan alami yang biasa digunakan untuk pengobatan herbal. Rupanya daun ini juga berkhasiat untuk membantu memutihkan gigi, yaitu dengan memanfaatkan minyak essensial dari daun mimba. Caranya adalah dengan mencampurkan pasta gigi dengan minyak essensial dari daun mimba tersebut dan menggunakannya untuk menyikat gigi secara rutin setiap hari.

  1. Kulit pisang

Jika buah pisang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, maka kulit pisang pun juga bisa dimanfaatkan untuk hal lainnya, seperti untuk keperluan memutihkan gigi ini. Caranya adalah dengan mengambil bagian dalam kulit pisang yang berwarna putih. Lalu gosokkan langsung pada gigi hingga 5 menit lamanya. Lalu diamkan dulu selama 2 menit sebelum dibersihkan dengan kain atau tissue. Akhiri dengan menyikat gigi dengan pasta gigi seperti biasanya.

  1. Coklat hitam (dark cocholate)

Dark cocholate adalah coklat yang masih belum dicampur dengan gula ataupun pemanis. Jadi rasanya sangat pahit. Namun justru pada coklat hitam inilah banyak manfaat yang bisa didapatkan. Selain manfaat untuk kesehatan, manfaat coklat hitam juga bisa untuk memutihkan gigi. Caranya juga sangat sederhana, yaitu dengan mengonsumsi coklat hitam atau menggosokkannya pada gigi. Diamkan beberapa menit dan bilas bersih. Lanjutkan dengan menggosok gigi secara bersih.

Baca juga:

  1. Jahe

Selain berkhasiat untuk menghangatkan tubuh dan mengatasi beberapa gangguan pada tubuh, jahe juga bermanfaat untuk mengatasi gigi kuning. Jahe juga bisa digunakan sebagai bahan pengobatan sakit gigi atau gusi. Cara memutihkan gigi dengan jahe adalah dengan menghaluskan jahe dan mengaplikasikannya pada gigi. Tunggu hingga 3 menit dan lanjutkan dengan menyikat gigi dnegan pasta gigi.

  1. Permen karet tanpa gula

Permen karet memiliki kemampuan untuk membantu mengangkat sisa makanan dan juga bakteri dari dalam mulut. Namun jangan menggunakan permen karet yang mengandung gula, karena gula bisa menyebabkan gigi bermasalah yaitu dengan menciptakan plak.

  1. Cuka sari apel

Cuka sari apel adalah salah satu bahan yang diolah langsung dari apel. Sama seperti apel, cuka sari apel memiliki manfaat untuk memutihkan gigi yang kuning. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mencampurnya menggunakan minyak zaitun. Lalu masukkan sikat gigi pada ramuan dan tunggu hingga 3 menit. Gunakan sikat gigi yang sudah direndam pada ramuan untuk menggosok gigi. Lakukan cara ini secara rutin hingga gigi menjadi putih. Jika gigi sudah putih, hentikan pemakaian atau turunkan intensitas pemakaiannya.

  1. Air hangat

Air hangat bisa juga dimanfaatkan untuk membantu memutihkan gigi. Caranya adalah dengan menyikat gigi dengan bahan alami seperti lemon dan garam yang sudah dibahas di atas. Namun gunakan air hangat untuk berkumur. Dengan air hangat, kuman dan bakteri akan lebih cepat hilang dan gigi akan menjadi lebih bersih.

  1. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh tidak hanya bisa digunakan untuk membantu mengatasi sakit gigi saja, melainkan juga bisa bermanfaat untuk memutihkan gigi. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak cengkeh pada gigi. Diamkan selama beberapa menit dan kemudian sikat gigi dengan pasta gigi seperti biasanya.

  1. Rajin menggosok gigi

Cara memutihkan gigi selanjutnya adalah dengan rajin menggosok gigi. Hal ini perlu dilakukan setiap hari secara teratur. Menggosok gigi perlu dilakukan 2 kali dalam sehari, yaitu setelah makan pagi dan sebelum tidur malam. Tujuannya untuk menghilangkan sisa makanan dan mencegah pembentukan plak pada gigi yang menyebabkan gigi menjadi kuning.

Baca juga:

Selain itu, perlu diketahui beberapa cara berikut untuk mencegah pembentukan plak pada gigi sehingga gigi menjadi lebih putih, yaitu:

  • Hindari rokok
  • Kurangi makanan dan minuman terlalu manis
  • Kurangi teh dan kopi
  • Gunakan obat kumur tanpa alkohol
  • Hindari minuman berenergi

Itulah beberapa cara untuk memutihkan gigi yang bisa dilakukan untuk membantu membersihkan gigi secara maksimal. Semoga bermanfaat.