Sponsors Link

Ciri Akar Gigi Tertinggal dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Gigi memiliki struktur yang lengkap dari mahkota, leher, dan juga akar gigi. Ciri Gigi Sehat tentunya harus memenuhi ketiga bagian tersebut secara sempurna. Namun mencabut gigi mungkin menjadi salah satu kegiatan yang lumrah dilakukan. Misalnya jika ada masalah gigi berlubang yang tidak bisa dipertahankan, atau jika membutuhkannya untuk prosedur pemasangan behel gigi. Mencabut gigi harus dilakukan dengan sempurna. Karena jika tidak, maka akan meningkatkan risiko akar gigi tertinggal di dalam.

ads

Maka dari itulah Anda tidak disarankan untuk mencabut sendiri gigi Anda. Namun, ada juga beberapa dokter gigi yang melakukan kesalahan saat mencabut gigi, atau karena bentuk gigi yang cukup unik, sehingga ada akar gigi yang tertinggal. Akar gigi yang tertinggal juga bisa disebabkan oleh cedera yang menyebabkan gigi patah sehingga akarnya tidak bisa diangkat dengan cara yang mudah.

Ciri Akar Gigi yang Tertinggal

Bagaimana mengetahui ciri akar gigi tertinggal? Sebenarnya tidak ada ciri khusus untuk mengetahui akar gigi yang tertinggal. Karena tidak semua akar gigi yang tertinggal akan menunjukkan gejala rasa sakit. Akan tetapi, Anda bisa mencoba memeriksakan diri ke dokter jika seringkali muncul permasalahan seperti:

  1. Infeksi

Salah satu dampak dari akar gigi yang tertinggal adalah tempat tersebut menjadi lokasi berkembang biaknya kuman dengan sangat suburnya. Sehingga di area tersebut akan sering muncul infeksi. Infeksi ini bisa terjadi cukup sering, atau bisa juga terjadi berkepanjangan. Harap segera lakukan pemeriksaan jika infeksi muncul di tempat yang sama berulang kali atau infeksi tersebut tidak kunjung sembuh. Karena bisa jadi hal itu disebabkan oleh akar gigi yang tertinggal. Infeksi ini juga bisa menjadi Penyebab Gusi Berdarah Tiba Tiba.

  1. Bau mulut

Dampak lain yang bisa menjadi ciri akar gigi tertinggal adalah bisa menjadi Penyebab Gigi Bau dan bau mulut yang tidak sedap. Penyebabnya sama, yaitu ketika bakteri atau kuman berkembang biak di tempat sisa akar gigi tertinggal tersebut. Sehingga Anda akan sering tidak percaya diri karena bau mulut yang diderita.

  1. Pembengkakan di gusi

Ciri akar gigi tertinggal lainnya adalah jika muncul pembengkakan di gusi akibat peradangan gusi. Peradangan ini juga disebabkan oleh bakteri yang berkembang biak di sana. Sisa akar gigi yang tertinggal bisa jadi akan mengalami pembusukan di dalam dan turut serta meradang di area gusi di sekitarnya. Sehingga perhatikan peradangan atau pembengkakan gusi yang Anda alami. Jika sering terjadi di area yang sama, cobalah memeriksakan diri ke dokter.

  1. Kista

Salah satu dampak dari sisa gigi yang tertinggal adalah kista. Kista bisa berupa kantung-katung berisi cairan yang tertinggal di dalam karena dipicu oleh adanya sisa akar gigi yang tertinggal. Selain itu, ketahui juga salah satu penyakit mulut yang bisa saja terjadi, yaitu Kista Dentigerous.

  1. Terlihat benda asing di foto panoramik

Ciri akar gigi tertinggal lainnya adalah terlihat ada benda asing di hasil foto panoramik. Foto panoramik itu sendiri adlaah foto yang dilakukan di rahang untuk mengetahui posisi gigi. Di foto panoramik tentu akan terlihat jika ada akar gigi yang tertinggal. Maka dari itu, Anda bisa melakukan foto panoramik untuk lebih meyakinkan diri apakah benar ada akar gigi yang tertinggal atau tidak. Karena foto panoramik itu bisa menjadi bukti otentik dan bisa membantu dokter gigi juga untuk mengetahui posisi akar gigi yang tertinggal.

Sponsors Link

Cara Mengatasi

Melihat beberapa ciri dan dampak yang dihasilkan jika sisa akar giigi tertinggal di mulut dibiarkan, maka ada baiknya memang tidak menganggap masalah ini menjadi masalah sepele. Anda yang curiga dengan akar gigi yang tertinggal memang perlu melakukan serangkaian pemeriksaan. Ada baiknya berkonsultasi dengan dokter gigi untuk menangani permasalahan tersebut.

Jika perlu, lakukan prosedur foto rontgen atau foto panoramik dengan tujuan untuk mengetahui apakah benar ada sisa akar gigi yang tertinggal. Hasil foto yang sudah jadi bisa diteliti dengan mata telanjang. Apakah benar ada sisa akar gigi yang tertinggal? Jika Anda mencurigai benda asing di hasil foto tersebut, lakukan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui cara mengatasinya. Jika dokter gigi tidak memberikan rekomendasi apapun, Anda bisa mencoba berkonsultasi dengan dokter gigi lain untuk berjaga-jaga.

Sponsors Link

Sisa akar gigi yang tertinggal memang perlu diambil dan diangkat melalui prosedur bedah atau operasi. Sehingga Anda memang lebih direkomendasikan untuk mengunjungi dokter gigi spesialis bedah mulut. Karena dokter gigi biasa mungkin saja tidak bisa mengatasi permasalahan Anda. Sementara menunggu hasil foto dan konsultasi, jika Anda merasa sakit yang cukup parah, bisa mengurangi rasa sakit tersebut dengan obat pereda rasa sakit yang direkomendasikan untuk sakit gigi. Ketahui juga beberapa Efek Samping Cabut Akar Gigi yang bisa terjadi setelah prosedur pengangkatan akar gigi dilakukan.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai ciri akar gigi tertinggal dan cara mengatasinya yang direkomendasikan untuk kasus tersebut. Untuk lebih jelasnya mengenai kondisi gigi Anda, cobalah berkonsutlasi dulu dengan dokter dan lakukan foto rontgen yang bisa membantu mengetahui kondisi gigi hingga ke akarnya. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi