Sponsors Link

Ciri Ciri Gigi Abses yang Jarang Diketahui dan Sering Terjadi

Sponsors Link

Seringkali penyebab gigi abses pada seseorang disebabkan oleh mengkonsumsi makanan terlalu manis sering, tidak menjaga kebersihan gigi seperti menyikat gigi tidak benar karena terlalu keras dan menggunakan sikat gigi yang tidak tepat. Penyakit abses bisa diderita sekalipun oleh anak anak seperti abses gusi pada anak perlu anda ketahui penyebab dan cara mengobatinya.

ads

Kali ini halogigi akan menyampaikan kepada anda semua mengenai ciri ciri gigi abses sehingga anda dapat meningkatkan kesadaran untuk menjaga kesehatan gigi dan meminimalisir perawatan tambahan dari dokter yang tentunya sangat beragam dan untuk biaya terkadang tidak terjangkau.

1. Munculnya Benjolan Berisi Nanah

Awalnya benjolan pada gigi abses hanya berisi darah. Namun seiring dengan berjalannya waktu gigi yang mengalami abses jika tidak ditangani dengan baik maka benjolan akan berisi bersamaan dengan nanah. Kemudian lama kelamaan nanah akan membesar yang dapat berdampak pada masalah komplikasi penyakit lain. Munculnya benjol pada gigi abses dimulai adanya infeksi bakteri pada daerah gigi sehingga menyebar dan menyebabkan tubuh merespon dengan membentuk benjolan yang berisi nanah.

Keberadaan nanah pada benjolan tersebut perlu diwaspadai karena penyebaran nanah bisa akibat nanah yang pecah pada gigi abses bisa menyebar ke area yang lain Oleh karena itu perlu penanganan dari dokter gigi terpercaya karena bahaya abses gigi bisa mempengaruhi kesehatan anda.

2. Bagian Gusi Lebih Merah

Sebelum munculnya benjolan yang bersisi nanah, bagian gusi yang mengalami gigi abses akan lebih merah jika dibandingkan dengan bagian gusi yang lain. Tanda bahwa anda memiliki gusi yang sehat adalah gigi berwarna merah muda dan apabila ditekan tidak menimpulkan sakit dan kokoh.

Pada seseorang yang memiliki ciri ciri gigi abses, bagian gusi akan berwarna merah atau kemerahan dan apabila disentuh akan terasa nyeri. Apabila anda memiliki ciri tersebut maka anda perlu menjaga kebersihan gigi anda melalui cara menyikat gigi dengan benar.

3. Berpotensi Adanya Inflamasi

Inflamsi adalah respon tubuh terhadap faktor lingkungan sehingga menyebabkan peradangan. Pada ciri ciri gigi abses, gejala lanjutan dari munculnya tanda kemerahan pada gusi adalah munculnya inflamasi. Inflamasi pada gigi abses bisa dihindari dengan cara melakukan kompres menggunakan air hangat agar aliran darah mengalir tidak menggumpal pada area yang mengalami inflamasi sehingga aliran darah menyebar dengan merata. Perlu diketahui bahwa penggumpalan darah dalam satu bagian gigi bisa berbahaya bagi kesehatan gigi anda.

4. Nyeri Pada Bagian Gigi

Nyeri pada bagian gigi yang mengalami abses gigi bisa terjadi. Rasa nyeri muncul akibat infeksi bakteri dari gigi yang abses sedang aktif menyebar dalam bagian yang dilukainya. Perlu anda ketahui tanda nyeri bisa menjadi respon tubuh. Apabila anda ingin meredakan rasa nyeri karena infeksi gigi dari abses gigi, anda bisa meminum obat pereda nyeri karena infeksi bakteri.

Bagi anda yang baru mengalami rasa nyeri pada bagian gigi karena abses gigi sebaiknya melakukan kegiatan menyikat gigi dengan benar secara rutin minimal 2 kali sehari agar kondisi gigi yang abses tetap terjaga kebersihannya. Baca : kumpulan titik pijat sakit gigi.

Sponsors Link

5. Bau Amis Pada Mulut

Pada penderita gigi abses, bau mulut akan diderita karena muncul akibat nanah yang telah pecah tanpa disadari oleh penderitanya. Perbedaan bau mulut pada penderita gigi abses dengan bau mulut lainnya adalah bau mulut cenderung lebih amis sedangkan bau mulut karena makanan akan menimbulkan bau mulut lebih masam. Untuk mengatasi hal tersebut, orang yang mengalami abses perlu melakukan kumur-kumur menggunakan air hangat agar bau mulut hilang sekaligus meredakan area gigi yang mengalami abses. Selain itu disarankan penderita perlu menghindari makanan yang menyebabkan bau mulut agar bau mulut tidak bertambah. Baca : cara mengatasi bau mulut berlebihan.

6. Bentuk Wajah Berubah

Perubahan bentuk wajah bisa terjadi terutama pada area sekitar mulut pipi, dagu dan bagian diatas bibir. Perubahan bentuk wajah pada ciri ciri gigi abses menyebabkan wajah penderitanya tidak simetris. Apabila perubahan wajah sudah sedemikian sangat berbeda dari wajah anda maka masalah gigi abses anda sudah semakin parah. Hal ini dipengaruhi oleh kondisi benjolan akibat gigi abses sudah membesar.

Sponsors Link

Penanganan yang tepat biasa dokter gigi berikan dengan mengempiskan benjolan gigi abses anda maupun upaya operasi agar isi dari benjolan tersebut keluar. Setelah proses tersebut selesai dokter biasanya akan memberikan obat antibiotik untuk meredakan efek samping pasca perawatan abses gigi dan mencegah terjadinya infeksi bakteri. Baca : cara mengobati benjolan pada gusi.

Ciri ciri gigi abses yang dijelaskan halogigi merupakan ciri ciri yang tergantung pada seberapa parah tingkat gigi abses pada anda. Demikian pengetahuan anda mengenai ciri ciri gigi abses diharapkan dapat anda hindari dan apabila anda mengalaminya sebaiknya anda langsung melakukan pengobatan ke dokter gigi. Pengobatan secara pribadi mungkin saja bisa anda lakukan apabila dokter memberikan petunjuk dan cara perawatan gigi abses. Semoga penjelasan halogigi  mengenai ciri ciri gigi abses kali ini dapat memberikan manfaat kepada anda sekalian. Salam gigi sehat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini