Sponsors Link

5 Ciri Ciri Gigi Akan Berlubang yang Jarang Diketahui

Sponsors Link

Beberapa orang menduga gigi berlubang terjadi dalam sekejap mata. Hal itu mungkin saja terjadi karena tandanya anda tidak terlalu memperhatikan gigi anda ketika saat membersihkan gigi. Adapun anda baru menyadarinya ketika anda merasakan perasaan tidak nyaman saat menyikat gigi atau makan dan minum. Setelah anda melihat di cermin, ternyata gigi anda sudah mengalami perlubangan. Melihat hal tersebut halogigi akan menyampaikan informasi bermanfaat untuk anda mengenai ciri ciri gigi akan berlubang.

ads

Dengan anda mengetahui ciri ciri gigi akan berlubang, anda akan lebih peduli dan memperhatikan kondisi gigi anda. Anda sendiri pun sudah mengetahui pastinya kalau gigi berlubang akan menyebabkan masalah gigi dan mulut lainnya. Oleh karena itu dengan membaca tulisan ini diharapkan anda bisa lebih memiliki kesadaran tinggi untuk mengurangi ciri ciri gigi akan berlubang sehingga tidak akan timbul gigi berlubang pada anda. Berikut ini ciri ciri gigi akan berlubang yang perlu anda ketahui disampaikan halogigi selengkapnya untuk anda.

1. Plak Sulit Hilang

Hal pertama yang perlu anda perhatikan ketika gigi akan berlubang adalah apakah anda memiliki plak pada gigi anda ?. Jika anda memiliki plak dan sudah berada cukup lama dalam gigi, anda perlu khawatir. Plak memang sulit dihilangkan dengan menyikat gigi saja tidak cukup.

Anda perlu melakukan manfaat cuci gigi agar merasakan gigi terasa bersih, terhindar dari masalah gigi seperti karies gigi, gigi berlubang dan masalah gigi lainnya. Selain itu manfaat cuci gigi yang dapat anda rasakan adalah perubahan warna gigi anda tidak terlalu parah jika dibandingkan dengan gigi anda yang tidak sama sekali melakukan perawatan cuci gigi di dokter gigi.

2. Gigi Akan Lebih Mudah Kotor

Setiap anda sehabis makan dan minum tentunya akan meninggalkan bekas dan beberapa makanan ada yang menyisakan sedikit maupun banyak bekas pada gigi anda. Pada gigi yang akan berlubang, kecenderungan gigi lebih mudah kotor bisa menjadi ciri lain yang anda temukan karena gigi tersebut bisa menjadi gigi yang akan paling mudah memiliki lubang.

Jika anda memiliki gigi yang lebih mudah kotor bila dibandingkan dengan gigi lain disekitarnya, sebaiknya anda perlu melakukan kegiatan menyikat gigi yang lebih intens untuk gigi pada bagian tersebut. Oleh karena tidak akan menutup kemungkinan gigi yang mudah kotor apabila tidak dibersihkan dengan tepat makan akan lebih mudah mengalami masalah gigi lain tidak hanya gigi berlubang saja. Baca : makanan yang menyebabkan gigi berlubang.

3. Warna Gigi Berubah

Warna gigi normal adalah warna gigi putih gading. Ketika anda gigi anda akan berlubang, perubahan yang nampak adalah perubahan warna gigi. Perubahan warna gigi ketika gigi akan berlubang bukan perubahan warna yang bisa dengan mudah dihapus seperti anda meminum dan makan makanan yang membuat gigi kuning karena ada pewarna alami atau buatan.

Sponsors Link

Perubahan warna pada gigi yang akan berlubang ini ditandai karena penumpukan plak yang sudah lama sehingga plak yang tidak dibersihkan dengan segera maka plak akan menyebabkan perubahan warna pada gigi anda. Jika dilihat perubahan warna gigi akan berlubang bisa anda ketahui apabila gigi mulai berwarna cokelat sampai hitam. Perubahan warna pada gigi yang akan berlubang dapat menunjukkan sudah sejauh mana tingkat keparahan gigi anda akan berlubang.

4. Karies Gigi

Tidak ada hal yang mungkin apabila anda mengalami gigi akan berlubang anda akan mengalami karies gigi. Penyebab karies gigi adalah tidak membersihkan gigi dengan benar sehingga sisa sisa makanan masih melekat pada bagian gigi anda. Bagian yang sulit terjangkau seperti sela antar gigi maupun bagian dalam gigi bisa menjadi sarang penyebab karies gigi.

Proses terjadinya gigi akan berlubang akan ditandai dengan berkurangnya lapisan gigi akibat adanya infeksi bakteri. Tahapan awal dimulai dari perusakan jaringan email dan dentin gigi yang terbuka. Kemudian bakteri akan menetap dan apabila tempat tumbuhnya didukung dengan kebiasaan anda tidak menyikat gigi dengan benar maka bakteri tersebut akan berkembang dan menyebar ke bagian gigi anda yang lain.

Sponsors Link

5. Bentuk Gigi Berubah

Ciri ciri gigi akan berlubang yang terakhir adalah adanya perubahan bentuk pada gigi. Perubahan bentuk pada gigi yang berlubang adalah hal yang wajar. Hal ini menunjukkan bahwa bakteri yang bersifat asam pada mulut sudah menginfeksi bagian gigi sampai ke bagian dalam gigi. Selain itu perubahan bentuk gigi pada gigi berlubang bisa menjadi tanda sudah sejauh mana bakteri tersebut menyebar pada gigi anda. Baca : cara merapikan gigi yang tidak beraturan.

Dengan mengetahui ciri ciri gigi akan berlubang anda akan mengetahui tahapan-tahapan kerusakan gigi berlubang pada diri anda. Apabila salah satu dari kelima ciri yang sudah dijabarkan halogigi sebelumnya sudah anda miliki, sebaiknya anda perlu mengurangi makanan yang menyebabkan gigi berlubang dan perawatan ke dokter gigi untuk mengembalikan gigi anda sehingga kerusakan yang ditimbulkan tidak terlalu parah untuk gigi anda. Demikian, informasi dari halogigi mengenai ciri ciri gigi akan berlubang. Semoga dapat menambah ilmu pengetahuan anda. Salam gigi sehat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi