Sponsors Link

8 Ciri Ciri Gigi Akan Gingsul yang Wajib Diketahui Sejak Dini

Sponsors Link

Gigi sayang gigiku malang. Kalimat tersebut merupakan ungkapan yang pas untuk menggambarkan kondisi gigi gingsul. Gigi ini sering dianggap sebagai gigi yang manis apabila seseorang memiliki gigi gingsul. Perlu diketahui sebenarnya gigi gingsul bisa menyebabkan masalah apabila perawatan kebersihan dan kesehatannya tidak terjaga. Hal ini karena faktor posisi gigi yang berbeda dengan gigi disekitarnya sehingga kegiatan membersihkan gigi harus lebih teliti.

ads

Bagi anda yang belum memiliki gigi gingsul namun masih dalam masa pertumbuhan gigi, kali ini halogigi akan membahas mengenai ciri ciri gigi akan gingsul. Pengetahuan akan gigi gingsul sangat jarang sekali diketahui seseorang karena banyak sebagian dari mereka menganggapnya hal yang lumrah. Berikut ini mari disimak penjelasan halogigi mengenai ciri ciri gigi akan gingsul.

1. Gusi Lebih Naik

Ciri yang nampak pertama pada seseorang yang akan memiliki gigi gingsul adalah gusi pada bakal calon gigi gingsul akan lebih naik dan maju ke arah mulut. Apabila dibandingkan dengan gigi yang lain akan sangat jelas perbedaan yang terlihat. Gusi yang lebih naik pada gigi gingsul bisa memungkinkan kondisi mulut akan lebih maju.

Bagi anda yang berkeinginan untuk membuat gusi anda dalam posisi normal anda bisa melakukan treatment ke dokter gigi. Perubahan gusi sendiri akan lebih mudah apabila seorang pasien gigi gingsul masih berusia anak anak karena pada masa anak-anak masa pertumbuhan dan perkembangan gigi masih terjadi. Baca : cara sikat gigi sesuai anjuran ahli gigi.

2. Ukuran Gigi Tidak Sama

Pada gigi gingsul, gigi yang mengalami gingsul maupun gigi disekitarnya akan mengalami ukuran yang tidak sama. Entah gigi gingsul lebih besar dari gigi disekitarnya atau gigi gingsul yang berukuran lebih kecil dari gigi disekitar. Perbedaan bentuk gigi memang wajar karena fungsi dari setiap gigi berbeda-beda menurut struktur gigi itu sendiri. Namun ukuran gigi yang tidak sama bisa menjadi masalah apabila anda tidak telaten untuk membersihkannya. Baca : bahaya gigi palsu yang ukurannya tidak tepat.

3. Posisi Gigi Tidak Rapi

Selain gusi lebih naik dan ukuran gigi tidak sama. Hal lain yang menjadi ciri gigi akan gingsul adalah posisi gigi tidak rapi. Pada kasus gigi gingsul, gigi yang akan mengalami gigi gingsul adalah gigi taring. Pertumbuhan gigi taring dengan gigi seri dan gigi geraham berbeda. Oleh karena itu posisi gigi bisa menjadi tidak rapi karena pertumbuhan dari setiap gigi berbeda-beda. Baca : cara merapikan gigi gingsul tanpa behel.

4. Gigi Bertumpuk

Apabila anda memiliki gigi tetap yang baru tumbuh, anda perlu perhatikan apakah gigi ini nantinya akan tumbuh bertumpuk atau tidak. Posisi gigi bertumpuk bisa diketahui dengan cara foto rongten gigi anda. dengan mengetahui foto rongten gigi, maka anda bisa mengetahui apakah ada gigi lain yang tertimbun pada gigi anda untuk mencegah masalah seperti sakit gigi. Baca : bahaya gigi berantakan.

Sponsors Link

5. Pertumbuhan Gigi Lambat

Pertumbuhan gigi lambat pada calon gigi gingsul bisa saja terjadi karena gigi gingsul sering terjadi pada gigi taring. Pertumbuhan gigi taring susu ke gigi taring tetap membutuhkan waktu kurang lebih 10 bulan. Waktu yang lama ini membuat gigi yang disekitarnya lebih mudah tumbuh dan mendominasi tempat tumbuh dari gigi taring anda. Masalah yang dapat ditimbulkan yaitu terjadinya penyebab gigi impaksi.

6. Tempat Tumbuh Gigi Terganggu

Gigi gingsul tentunya akan tumbuh dengan ruang tumbuh yang tidak cukup karena pertumbuhannya terhambat. Tidak hanya gigi yang mengalami gingsul saja yang terganggu tetapi gigi disekitarnya pun ikut terganggu karena gigi yang harusnya tumbuh pada tempatnya justrus malah tumbuh di bukan tempatnya gigi tersebut berada. Baca : cara mengatasi gigi impaksi tanpa operasi.

7. Seseorang yang Mengidap Malnutrisi

Malnutrisi adalah seseorang yang kekurangan nutrisi. Kecukupan nutrisi sangat membantu seseorang untuk tumbuh dan berkembang. Pada kasus gigi gingsul, seseorang mungkin akan dipengaruhi oleh faktor ini. Proses malnutrisi bisa menyebabkan gigi gingsul karena pertumbuhan dan perkembangan gigi dipengaruhi oleh asupan nutrisi. Nutrisi pada gigi dialirkan melalui pembuluh darah yang ada disekitar gigi.

Dengan melihat karakteristik gigi yang tumbuhnya lambat dan ditambah dengan nutrisi yang kurang maka pertumbuhan dan perkembangan gigi tetap akan terhambat dan mengakibatkan gigi tidak tumbuh sama seperti gigi yang ada disekitarnya. Baca : makanan yang menguatkan gigi.

Sponsors Link

8. Faktor Keturunan

Ternyata gigi gingsul bisa terjadi karena faktor keturunan. Faktor keturunan memungkinkan seseorang memiliki riwayat kesehatan yang sama termasuk dalam hal struktur tubuhnya. Dengan berjalannya waktu setiap tubuh manusia akan mengalami perubahan yaitu evolusi namun akan tetap meninggalkan ciri yang sama dengan nenek moyangnya. Hal ini tidak terkecuali dari struktur gigi dan fungsinya.

Banyaknya ciri ciri yang digambarkan dari gigi gingsul diharapkan bisa membantu anda memutuskan apakah dari salah satu ciri tersebut apabila anda akhirnya memiliki gigi gingsul apakah harus dicabut atau tidak. Demikian informasi yang bisa halogigi sampaikan kepada anda mengenai ciri ciri gigi akan gingsul, semoga dapat memberikan manfaat kepada anda sekalian. Salam gigi sehat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini