Sponsors Link

6 Ciri Ciri Gigi Akan Keropos yang Jarang Diketahui

Sponsors Link

Tidak hanya tulang saja yang dapat keropos, tetapi gigi cantik dan indah anda pun bisa mengalami keropos. Berberapa penyebab gigi keropos bisa terjadi pada seseorang karena terlalu makan disaat yang tidak tepat seperti tidak menggosok gigi, tengah malam, banyak makan makanan yang mengandung pemanis, kurangnya nutrisi pada gigi seperti flour dan kalsium.

ads

Kedua kandungan tersebut dapat membantu memperkuat gigi anda. Siapa pun tidak akan menyangka bahwa salah satu ciri gigi akan keropos dimulai dari hal terkecil. Oleh karenanya, sebelum anda pergi ke dokter ada baiknya anda perlu mencari tahu apakah anda memiliki ciri ciri gigi akan keropos. Berikut ini informasi mengenai ciri ciri gigi akan keropos yang perlu anda ketahui.

1. Ada Bagian Gigi yang Sakit

Sakit gigi memang sangat menyakitkan dan akan membuat anda merasa tidak nyaman. Namun sakit gigi pula bisa disebabkan karena gigi anda akan keropos. Cara yang dapat anda lakukan dengan cara mengkompres bagian gigi yang sakit menggunakan kompres air hangat, minum obat sakit gigi paling ampuh yang dijual di apotik dengan takaran yang bisa anda tanyakan kepada apoteker maupun menggunakan resep dokter sehingga dosisnya pas dan tidak memberikan bahaya kepada anda, menggunakan pengobatan tradisional seperti manfaat cengkeh untuk gigi, jahe, biji wijen yang mana memiliki manfaat lain yang bisa anda dapatkan. Apabila sakit gigi karena gigi akan keropos sering terjadi dan menahun, maka anda bisa mengunjungi dokter gigi anda untuk perawatan yang intens.

2. Gigi Cenderung Lebih Peka

Selain penyebab gigi sensitif, gigi yang akan keropos akan mengalami kepekaan pula. Kepekaan pada gigi yang akan keropos pada setiap orang berbeda. Beberapa aktivitas yang dapat memicu gigi yang akan keropos lebih peka adalah saat makan dan minum yang telalu padat, membuka sesuatu menggunakan gigi, mengigit pencil atau benda asing lainnya, saat menyikat gigi dan masih banyak aktivitas lainnya. Untuk mencegah hal itu, anda dapat mencoba makanan yang tekstur tidak terlalu pada. Kurangi kebiasaan mengigit benda asing yang sebenarnya tidak memberikan manfaat kepada anda dan menggunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut dan menyikat gigi dengan cara perlahan.

3. Tidak Bisa Makanan yang Terlalu Keras/Padat

Aktivitas  makan dan minum merupakan kebutuhan manusia secara alamiah. Dengan aktivitas makan dan minum, maka seseorang akan terpenuhi kecukupan nutrisi sehingga energi tubuh yang dimiliki mampu membuat mereka bertahan hidup. Pada saat seseorang mengalami penyebab gigi cepat keropos, ciri yang nampak terlihat adalah mereka akan kesulitan makan makanan yang terlalu keras/ padat. Makanan dengan tekstur yang demikian justru membuat gigi yang akan keropos sakit sehingga respon tubuh  terhadap kondisi yang demikian adalah dengan memunculkan rasa sakit. Apabila anda mengalaminya, halogigi sarankan untuk mengurangi makan-makanan yang terlalu keras/ padat karena akan memperparah kondisi gigi anda apabila diteruskan.

4. Gigi Mudah Digerakan

Gigi akan lebih mudah digerakan yang dimaksud adalah gigi tidak berdiri pada bagian yang tepat sehingga kemampuan gerak gigi akan lebih mudah. Bagian gigi yang mudah digerakan bisa sebagian atau seluruh bagian gigi. Perlu diingat apabila gigi anda sudah mudah digerakkan sebaiknya anda ke dokter gigi apakah kondisi gigi yang demikian bisa menyebabkan gigi anda hilang atau gigi anda masih dapat diselamatkan. Dengan menggunakan tenaga kesehatan gigi ahli yang tepat, tentunya anda akan lebih terjamin karena tenaga kesehatan gigi ahli akan memberikan pelayanan yang sesuai dengan kondisi kesehatan gigi anda.

Sponsors Link

5. Kekurangan Nutrisi

Kekurangan nutrisi pada gigi anda mungkin bisa terjadi. Sangat penting bahwa nutrisi seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral tidak hanya untuk tubuh anda tetapi baik untuk kesehatan gigi anda. kekurangan nutrisi pada gigi bisa menyebabkan struktur jaringan penyusun pada gigi tidak kokoh dan mudah rapuh. Akibatnya gigi akan lebih mudah keropos. Beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan nutrisi gigi anda adalah jus untuk menghilangkan sakit gigi, manfaat strawberry untuk gigi menghindari makanan yang menyebabkan gigi berlubang.

6. Ada Bagian Retak Pada Gigi

Tanda lain dari gigi keropos adalah munculnya retak pada gigi. Retak pada gigi bisa anda lihat melalui cermin, apakah gigi anda memiliki garis pada bagian gigi anda. apabila anda memiliki gigi yang retak maka anda perlu mengurangi kebiasaan dan aktivitas yang menyebabkan gigi anda retak. Selain itu anda bisa menggunakan mahkota gigi (crown gigi) untuk melindungi gigi anda sebagai manfaat crown gigi dan menggunakan manfaat pasta gigi yang tepat bagi kesehatan gigi karena mengandung flouridine sehingga dapat mencegah gigi anda mengalami retak.

Sponsors Link

Dengan anda mengetahui ciri ciri gigi akan keropos anda dapat dengan mudah mengenali apakah ada diantara satu atau lebih gigi anda yang akan keropos. Jika anda belum mengalaminya, anda pun harus tetap menjalani kebiasaan baik anda dengan rutin. Selain baik untuk anda, kesehatan gigi anda pun akan tetap terjaga nantinya. Demikian informasi yang dapat halogigi sampaikan mengenai ciri ciri gigi akan keropos. Semoga dapat menambah ilmu dan pengetahuan anda sekalian. Salam gigi sehat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini