Sponsors Link

Ciri Ciri Gigi Anak Tonggos yang Jarang Diketahui dan Ini Penyebabnya

Sponsors Link

Perlunya mengetahui ciri ciri gigi anak tonggos sangat penting bagi orang tua, karena gigi tonggos bisa menyebabkan masalah baru seperti saat membersihkan gigi lebih sulit dilakukan, gigi lebih mudah terekspos, penumpukan bakteri akibat sisa makanan yang menempel dan masih banyak lagi. Berikut ini mari disimak informasi lengkap dari halogigi mengenai ciri ciri gigi anak tonggos.

ads

1. Keturunan Yang Mempunyai Gigi Tonggos

Faktor gentik merupakan ciri ciri gigi anak tonggos yang sangat sulit dihindari. Mengapa demikian ?. Hal ini terjadi karena yang akan mengalami gigi tonggos mungkin tidak hanya satu atau dua anak anda saja, mungkin nanti diketurunan anak anda akan ada yang mengalami hal yang sama yaitu memiliki gigi tonggos.

Jika anda masih bingung mungkin anda bisa melihat apakah ada riwayat ayah dan ibunya yang memiliki gigi tonggos. Jika memang ada maka hal ini adalah hal yang lumrah. Terkadang karena faktor genetik, evolusi dari seseorang mungkin saja terjadi sehingga mempengaruhi struktur gigi dan fungsinya.

2. Bentuk Rahang Lebih Lebar

Bentuk rahang gigi tonggos dibandingkan orang normal sangat berbeda. Bentuk rahang orang yang memiliki gigi tonggos lebih lebar dibandingkan orang normal. Ada beberapa kemungkinan seseorang memiliki gigi tonggos misalnya bentuk rahang atas lebih besar dari bentuk rahang bawah, bentuk rahang bawah lebih besar dari rahang bawah, bentuk rahang atas normal dan rahang bawah lebih kecil serta bentuk rahang bawah normal dan rahang bawah lebih kecil.

Ada empat kemungkinan kasus gigi anak mengalami tonggos bisa terjadi karena suka mengempeng atau minum susu menggunakan botol, sering mengigit benda-benda menggunakan mulut, menghisap jari dan menggigit jari. Banyaknya kebiasan tersebut sebenarnya tidak hanya buruk bagi kondisi gigi anak melainkan kesehatan anak pun ikut terganggu. Jika dibiarkan kebiasaan akan berlanjut sampai anak tumbuh dewasa.

3. Posisi Gigi Tidak Rapi

Ada beberapa kasus mengenai gigi tonggos yang memiliki ciri ciri yaitu gigi yang tidak rapi. Bentuk gigi anak yang tidak rapi karena memiliki gigi tonggos bisa terjadi karena saat anak-anak merupakan masa gigi susu tanggal atau copot. Sebagai orang tua gigi anak yang copot perlu diketahui penyebabnya agar gigi anak copot dengan benar sehingga saat gigi tetap tumbuh bentuk gigi anak bisa ditangani agar rapi posisinya. Bagi mereka yang tidak menangani gigi anak copot dengan benar maka bisa dimungkinkan posisi gigi anak selanjutnya tidak akan rapi. Baca : cara merapikan gigi tonggos secara alami dan medis.

4. Ukuran Gigi Tidak Sama

Pada gigi tonggos ukuran gigi tentunya tidak akan sama karena bentuk gigi pada rahang depan lebih besar jika dibandingkan dengan gigi disekitarnya. Ukuran gigi yang tidak sama sebenarnya akan menjadi masalah jika sang anak tidak membersihkannya dengan benar. Kemungkinan anak hanya membersihkan bagian yang itu saja padahal membersihkan gigi yang benar adalah membersihkan gigi secara keseluruhan dengan teknik menyikat gigi dengan benar dan penggunaan sikat gigi yang sesuai dengan bentuk dan kondisi gigi anak.

Sponsors Link

5. Mulut Sulit Tertutup

Banyak orang tua maupun orang awam apabila anak memiliki gigi tonggos tidak menyadari bahwa gigi anak tonggos akan sulit tertutup. Kemungkinan disadari apabila tingkat gigi tonggos sangat nampak. Perlu orang tua ketahui apabila anak kebiasan mulut terbuka tanpa disadari diri mereka sendiri maka ada kemungkinan anak memiliki ciri gigi tonggos. Kondisi mulut yang sulit tertutup juga menandakan ada masalah lain pada anak. Baca : cara mengecilkan gigi tonggos.

6. Suka Bernafas Lewat Mulut

Kebiasaan bernafas lewat mulut sering tidak disadari setiap orang. Pada anak-anak maupun orang biasa sering terjadi apalagi kalau bernafas lewat hidup lebih sulit dilakukan karena ada masalah dalam sistem saluran pernafasannya. Kebiasaan buruk ini tidak hanya memungkinkan anak memiliki gigi tonggos saja melainkan anak akan memiliki trauma.

Mengapa bernafas lewat mulut dapat menjadi ciri ciri gigi anak tonggos ?. Hal ini terjadi karena udara yang melewat rahang atas dan bawah akan membuat langit langit mulut lebih dalam, susunan gigi pun berubah menjadi lebar dan mengarah keluar mulut. Pengaruh lain dari suka bernafat lewat mulut bisa berakibat anak memiliki penyakit asma dan masalah sistem pernapasan lain karena selaput lendir hidung membesar. Baca : cara agar tidak terlihat tonggos.

Sponsors Link

Dengan mengetahui ciri ciri gigi anak tonggos, orang tua sebenar perlu sedikit khawatir apabila kondisi ini dapat merubah fisik anak sebab penyebab gigi tonggos yang paling terlihat adalah dapat merubah fisik anak kemungkinan menjadi tidak simetris. Upaya yang dapat orang tua lakukan apabila anak masih dalam usia yang muda bisa melakukan perapian menggunakan kawat gigi. Penggunaan kawat gigi saat anak-anak akan lebih mudah karena struktur rahang masih dalam masa berkembang sedangkan saat dewasa struktur rahang sulit untuk dirubah.

Apabila orang tua telah memutuskan untuk melakukan perawatan perapihan gigi dengan kawat gigi, orang tua perlu mengetahui makanan apa saja yang tepat dan cara merawat gigi behel agar tetap putih agar gigi terawat. Demikian penyampaian halogigi mengenai ciri ciri gigi anak tonggos semoga dapat memberikan pandangan baru buat anda sekalian. Salam gigi sehat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini