Sponsors Link

11 Ciri-Ciri Gigi Bungsu Tumbuh yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Anda pernah mengalami tumbuh gigi bungsu ?, sebagian pasti pernah mengalami hal tersebut.Gigi bungsu sendiri merupakan gigi geraham ketiga atau gigi geraham terakhir yang tumbuh diantara usia belasan tahun atau awal usia dua puluh tahun.

ads

Masalah yang sering terjadi pada gigi bungsu yaitu pertumbuhannya yang tidak sempurna karena keterbatasan ruang gusi yang ditempati oleh gigi bungsu. Akibatnya, gigi bungsu tumbuh terhimpit bahkan terjepit diantara gigi lainnya dan hal ini berakibat timbulnya gejala rasa nyeri atau tidak nyaman. Berikut ini efek samping gigi bungsu tumbuh yang patut Anda waspadai.

Selain dari rasa sakit dan nyeri, letak pertumbuhan gigi bungsu yang tidak sempurna juga dapat menyebabkan gigi bungsu sulit dibersihkan sehingga dapat terjadinya penimbunan plak dan gigi rusak.  Kondisi seperti ini dapat memicu masalah pada gigi lainnya seperti, pembusukan gigi, infeksi  jaringan lunak di sekitar gigi, abses gigi, dan infeksi lapisan dalam yang menyerang  tenggorokan, lidah, serta pipi.

Untuk mengetahui gejala dari ciri-ciri gigi bungsu tumbuh, berikut hal yang perlu Anda pahami.

1. Adanya Rasa Sakit

Umumnya ciri-ciri gigi bungsu tumbuh akan dirasa sangat sakit dan tidak nyaman. Hal ini dikarekan munculnya gigi bungsu pada gisu dan gigi geraham yang terhimpit sehingga gigi tidak dapat tumbuh secara sempurna. Dan juga karena gigi bungsu tumbuh pada jaringan lunak yaitu gusi dan daging gigi membuat sakit yang teramat sangat dan dapat menjalar ke bagian tubuh lainnya seperti sakit kepala. Berikut ini cara mengobati sakit gigi bungsu yang dapat Anda coba.

2. Terjadi Pembengkakan

Karena gigi bungsu tumbuh diantara sisi jaringan lunak dan tumbuhnya juga tidak beraturan, mengakibatkan terjadinya rasa sakit dan akan menjadi bengkak. Bengkak terjadi karena infeksi dan radang yang berlebihan, disertai dengan gejala lainnya. Jika tidak ditangani dengan baik akan berakibat semakin parah dan Anda akan mengalami kesulitan dalam mengunyah dan menelan makanan. Ini salah satu ciri gigi bungsu bermasalah yang patut diwaspadai.

3. Rahang Menjadi Sakit dan Kaku

Karena gigi bungsu tumbuh dibagian belakang dan sekitar geraham, makan akibatnya mempengaruhi pada rahang Anda akan menjadi sakit dan menimbulkan rasa kaku. Untuk membuka mulut saja akan terasa suli, apalagi untuk makan dan mengunyah. Jika kondisi dibiarkan begitu saja akan berdampak pada terjadinya infeksi dan pembengkakan. Yang wajib Anda hindari yaitu pantangan setelah operasi gigi bungsu.

4. Rasa Sakit Pada Mulut Bagian Belakang

Akibat dari tumbuhnya gigi bungsu berdampak pula pada sakitnya mulut bagian belakang. Akan terasa tidak nyaman dan sakit sekali, sulit sekali untuk membuka mulut bahkan untuk mengunyah dan menelan akan terasa sulit, hal ini terjadi akibat radang dan pembengkakan yang menjalar kebagian sekitar mulut dan gigi Anda. Berikut ini penyebab gigi geraham bungsu tumbuh tidur  yang dapat diperhatikan.

5. Timbulnya Bengkak di Sekitar Pipi Bagian Belakang

Karena terjadinya rasa sakit dan juga radang, maka efek tersebut berakibat pada bengkaknya pipi bagian belakang. Hal ini terjadi akibat rasa sakit dan juga infeksi yang meradang, membuat pipi Anda merasa sakit dan bengkak. Jika tidak ditangani dengan baik dan tepat akan berakibat semakin parah. Contoh dari masalah gigi geraham bungsu tumbuh miring yang dapat dihindari.

Sponsors Link

6. Terjadi Inflamasi Jaringan Lunak Menjadi Merah

Ciri – ciri gigi bungsu tumbuh lainnya yaitu terdapat warna kemerahan pada bagian dalam gigi bungsu. Akibat rasa sakit dan juga radang menyebabkan jaringan lunak disekitarnya menjadi merah dan terasa bengkak. Apabila gigi bungsu tumbuh di bagian rongga mulut dan tidak mengakibatkan rasa nyeri dan berlubang, juga gusi  Anda sehat dan dapat menjaga kebersihan mulut,  maka kemungkinan jenis gigi ini tidak akan terasa sakit bila dicabut atau ditangani. Berikut ini tanda dari gigi geraham bungsu tumbuh tidur  yang dapat diketahui.

7. Timbulnya Sakit Kepala

Akibat dari gigi bungsu tumbuh dapat berakibat pada rasa sakit dan disertai rasa nyeri di bagian kepala. Hal ini biasa terjadi akibat radang dan infeksi yang menjalar ke bagian tubuh lain, terutama kepala. Apalagi jaringan syaraf gigi sangat berperan penting dalam hubungan dengan syaraf bagian kepala. Sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapat penanganan yang baik dan tepat. Salah satu tanda-tanda gigi geraham bungsu tumbuh yang dapat Anda perhatikan.

8. Rasa Sakit pada Bagian Leher Atas

Akibat adanya inflamasi dan radang yang teramat parah, makan akan terjadi bengkak dan nyeri pada leher bagian atas, tepatnya dibawah pipi bagian belakang. Jika infeksi sudah menjalar tentu hal ini tidak dapat dibiarkan begitu saja, lakukan tindakan pencegahan dengan minum obat anti nyeri dan juga antibiotik yang disesuaikan dengan resep dan dosis pemakaian. Berikut ini resiko gigi bungsu tumbuh miring ke arah atas pipi yang Anda waspadai.

Sponsors Link

9. Bau Mulut Tidak Sedap

Karena adanya bakteri dan kuman yang berkembang didalam mulut, akibat infeksi maka secara langsung berakibat pada bau mulut yang kurang sedap. Oleh karena itu, walau kondisi sakit akibat gigi bungsu tumbuh Anda harus tetap menjaga kesehatan gigi dengan rajin menggosok gigi dan juga berkumur dengan mouthwash anti bakterial. Tentu hal ini membuat penampilan Anda tidak percaya diri.  Berikut penyebab gigi bungsu  yang perlu Anda ketahui.

10. Sulit Menelan

Ciri – ciri gigi bungsu tumbuh akan berakibat pada susahnya Anda makan  seperti mengunyah dan menelan. Karena adanya radang dan infeksi yang menyebabkan mulut Anda dan tenggorokan menjadi luka bahkan sakit untuk ditelan. Untuk menghindari hal tersebut haruslah memeriksakan kondisi kesehatan gigi ke dokter yang berpengalaman. Salah satu ciri gigi belakang tumbuh yang perlu Anda perhatikan.

11. Memicu Gigi Lain Tumbuh tidak Beraturan

Akibat terjadinya gigi bungsu tumbuh maka akan berdampak kepada pertumbuhan gigi bagian depan yang kurang beraturan. Karena gigi bungsu tumbuh diantara himpitan gigi geraham dan ruang gigi tidak leluasa. Makan gigi yang lain otomatis akan bergeser dan menjadi kurang baik pertumbuhannya. Lakukan pemeriskaan oleh dokter untuk dilakukan pemeriksaan dengan baik dan tepat. Dan berikut ini ciri gigi bungsu bermasalah dan tindak pencegahannya.

Dengan rajin merawat gigi dan mengecek kondisi gigi ke dokter gigi dapat mengurangi rasa sakit dan masalah gigi timbul. Semoga penjelasan mengenai ciri – ciri gigi bungsu tumbuh membuat Anda lebih memperhatikan kondisi gigi Anda.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi